Unreal Engine 5 Buatan Epic Games Meluncur Full Release

Unreal Engine 5 Buatan Epic Games Meluncur Full Release

NESABAMEDIA.COMTahun lalu, Epic Games memperkenalkan para pengembang mengenai Unreal Engine 5, yang menjadi engine generasi berikutnya yang menonjolkan akses ke teknologi terbaru dalam bentuk Early Access saat mereka sedang dalam pengembangan menuju rilisan penuh.

Kemarin, Epic meluncurkan engine tersebut dari status pratinjau dalam event State of Unreal terbaru, yang menawarkan perangkat lengkap untuk para pengembang game, pembuat film dan pembuat konten lainnya. 

Teknologi inovatif terbesar dalam engine baru itu termasuk Lumen, yang merupakan sistem pencahayaan dinamis yang meniadakan kebutuhan akan lampu pre-baked, dan Nanite, yakni sebuah sistem geometri poligon mikro yang menawarkan detail jauh lebih tinggi dan di saat bersamaan menghilangkan sistem penskalaan biasa dari tangan pengembang untuk lebih menghemat waktu dan sumber daya.

Engine auto prosedural MetaSounds, solusi peningkatan Temporal Super Resolution, teknologi yang dengan mudah bersandar pada raytracing, dukungan pengembangan kolaboratif, alat baru dan lebih baik untuk menciptakan dunia, level, model dan animasi dengan mudah, adalah bagian dari fitur-fitur yang dirilis pada peluncuran tersebut. 

Meskipun mungkin memerlukan beberapa waktu lagi sebelum adanya game yang dibuat menggunakan Unreal Engine 5 oleh pengembang lain muncul di rak toko, Epic telah meluncurkan Fortnite. Dengan dirilisnya Fortnite Chapter 3, game ini telah beralih menggunakan engine baru tersebut. 

Adapun proyek lain yang akan datang selama event peluncuran tersebut seperti, Crystal Dynamics yang mengungkapkan bahwa chapter berikutnya dari Tomb Raider sedang dalam pengembangan, dan akan menggunakan Unreal Engine 5. Sayangnya, hanya judul game tersebut yang dibagikan pengembang dalam event itu dan belum ada informasi judul lainnya.

CD Projekt RED baru-baru ini juga mengumumkan saga baru dari seri The Witcher, yang akan dikembangkan dengan berbasis Unreal Engine 5. Proyek-proyek baru yang didukung oleh mesin tersebut datang dari penerbit besar, sebut saja seperti Xbox Game Studios, PlayStation Studios, TakeTwo, Devolver Digital serta sejumlah pengembang independen lainnya.

Dengan menawarkan teknologi dan kecanggihan semacam itu, tidak heran Unreal Engine 5 akan menjadi pintu pengalaman bermain game ke tingkat yang jauh lebih baru, dan semakin terlihat mendekati lingkungan nyata.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend