Kenali Unsur-Unsur Berita Beserta Contohnya dan Penjelasannya, Yuk Disimak!

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak asing lagi dengan yang namanya berita. Berita adalah informasi yang bersifat fakta yang berbentuk laporan tentang sebuah kejadian atau peristiwa yang baru saja terjadi dan masih hangat diperbincangkan dalam kehidupan masyarakat.

Nah, sebuah informasi dapat dikatakan sebagai berita apabila memenuhi unsur-unsur yang sudah ditentukan. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang unsur-unsur berita beserta contohnya.

Berita dapat membantu kita untuk mengetahui informasi-informasi terkini yang beredar. Berita dapat disebarluaskan melalui berbagai media, baik media elektronik maupun media cetak. Seiring perkembangan zaman, berita pun dapat diakses secara online melalui sambungan internet. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai unsur-unsur berita, mari simak penjelasan dibawah ini.

Unsur-Unsur Berita
5w1h - Unsur-Unsur Berita

Di dalam berita terdapat beberapa unsur yang biasa disingkat dengan 5W+1H. Apa itu 5W+1H ? Untuk mengetahuinya, mari kita simak penjelasan berikut ini :

1. What (Apa)

Unsur what (apa) menunujukkan bahwa dalam sebuah berita harus jelas tentang peristiwa apa yang sedang terjadi. Dalam menjabarkan sebuah peristiwa, penulis tidak boleh memasukkan opininya, karena apa yang dijabarkan harus sesuai dengan kejadian yang sebenarnya.

2. Who (Siapa)

Unsur who (siapa) menunjukkan adanya subjek atau orang yang terlibat dalam peristiwa yang diberitakan tersebut. Sehingga kita dapat mengetahui siapa yang benar-benar terlibat dalam suatu kejadian yang sedang diberitakan, agar menghindari pemalsuan informasi yang beredar.

3. When (Kapan)

Unsur when (kapan) menunjukkan waktu terjadinya sebuah peristiwa yang diberitakan. Kapan peristiwa itu berlangsung, sehingga kita dapat mengetahui saat-saat terjadinya pertistiwa tersebut. Sebuah peristiwa pastilah memiliki waktu kejadiannya, oleh karna itu penting untuk kita mencantumkan waktu berlangsungnya perisitwa tersebut.

4. Where (Dimana)

Unsur where (dimana) menunjukkan tempat atau lokasi dimana sebuah peristiwa terjadi. Hal ini dapat membantu kita mengetahui dimana peristiwa itu sedang berlangsung agar kita tidak salah dalam memastikan informasi yang diberikan.

5. Why (Mengapa)

Unsur why ( mengapa) menunjukkan alasan atau kenapa sebuah peristiwa bisa terjadi. Unsur ini meliputi latar belakang kejadian yang menyebabkan peristiwa itu terjadi. Sehingga membantu kita dalam mengetahui penyebab pasti yang membuat peristiwa itu terjadi.

6. How (Bagaimana)

Unsur how (bagaimana) menjelaskan kronologis atau proses berlangsungnya sebuah kejadian atau peristiwa. Unsur terkahir ini menjabarkan bagaimana peristiwa itu dapat terjadi, sehingga kita dapat mengetahui hal-hal yang menjadi penyebab sebuah kejadian atau peritiwa yang sedang diberitakan agar kita tidak salah dalam menganalisis peristiwa yang terjadi.

Contoh teks berita 1:

Unsur-Unsur Berita pada berita gempa bumi

Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, diguncang oleh gempa bumi bermagnitudo 5,7 SR pada Minggu (9/6/2019) pukul 16.32 WIB. Guncangan tersebut terasa hingga ke Bandung dalam skala intensitas II MMI. Selain terasa di Bandung, guncangan juga dirasakan di daerah Pangandaran, Ciamis, Kebumen dalam skala intensitas III MMI.

Seperti yang dikutip dari Antara, Episenter gempa yang terjadi terletak pada koordinat 8,68 LS dan 108,82 BT atau tepatnya berada di laut pada jarak 107 km ke arah selatan kota Cilacap, kabupaten Cilacap, provinsi Jawa Tengah dengan kedalaman 64 km.

Jika melihat pada lokasi episenter dan kedalaman hiposenter maka dapat diketahui bahwa gempa berkedalaman menengah ini disebabkan oleh adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup kebawah Lempeng Eurasia. Kemudian, berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber, gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar naik (thrust fault). Berdasarkan hasil pemodelan yang dilakukan, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Dari teks berita diatas, kita akan menyesuaikannya dengan unsur berita 5W+1H berikut :

  1. what (apa), peristiwa apa yang terjadi ? peristiwa gempa bumi
  2. who (siapa), siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut ? warga Cilacap, sekiataran Bandung, Pengandaran, Ciamis, dan Kebumen.
  3. when (kapan), kapan peristiwa itu terjadi ? gempa bumi terjadi pada Minggu (9/6/2019) pukul 16.32 WIB.
  4. where (dimana), dimana peristiwa tersebut terjadi ? peristiwa tersebut terjadi di Cilacap, Jawa Tengah.
  5. why (mengapa), kenapa peristiwa tersebut terjadi ? karna adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup kebawah Lempeng Eurasia.
  6. how (bagaimana), bagaimana peristiwa tersebut terjadi ? gempa bumi yang terjadi di Cilacap bermagnitudo 5,7 SR. Guncangan terasa hingga ke sekitaran Bandung, Pengandaran, Ciamis, dan Kebumen. Episenter gempa yang terjadi terletak pada koordinat 8,68 LS dan 108,82 BT atau tepatnya berada di laut pada jarak 107 km ke arah selatan kota Cilacap, kabupaten Cilacap, provinsi Jawa Tengah dengan kedalaman 64 km. Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter maka dapat diketahui bahwa gempa berkedalaman menengah ini disebabkan oleh adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup kebawah Lempeng Eurasia. Kemudian, berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber, gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar naik (thrust fault).

Contoh teks berita 2:

Unsur-Unsur Berita pada berita Tol

Sebuah mobil mengalami kecelakaan tunggal di km 314 ruas Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah pada Minggu (2/6/2019). Kecelakaan tersebut menewaskan dua penumpang dewasa. Belum dapat dipastikan penyebab kecelakaan tersebut.

Zulhawary Agustianto, Juru Bicara Basarnas Jawa Tengah, mengatakan bahwa kecelakaan ini dialami oleh mobil Toyota Starlet yang ditumpangi oleh lima orang dengan nomor polisi B 1157 KN yang melaju dari arah barat. Para korban kecelakaan dievakuasi ke Rumah Sakit Pemalang oleh petugas gabungan kepolisian, Basarnas dan PT Pemalang Batang Toll Road.

Dari teks berita diatas, kita akan menyesuaikannya dengan unsur berita 5W+1H berikut :

  1. what (apa), peristiwa apa yang terjadi ? kecelakaan tunggal sebuah mobil
  2. who (siapa), siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut ? lima orang penumpang mobil
  3. when (kapan), kapan peristiwa itu terjadi ? kecelakaan terjadi pada Minggu (2/6/2019)
  4. where (dimana), dimana peristiwa tersebut terjadi ? kecelakaan tunggal terjadi di km 314 ruas Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah
  5. why (mengapa), kenapa peristiwa tersebut terjadi ? penyebab kecelakaan masih belum diketahui dengan pasti
  6. how (bagaimana), bagaimana peristiwa tersebut terjadi ? Penyebab kecelakaan tunggal sebuah mobil belum dapat dipastikan. Kecelakaan tersebut dialami oleh mobil Toyota Starlet yang ditumpangi oleh lima orang dengan nomor polisi B 1157 KN yang melaju dari arah barat. Kecelakaan tersebut mengakibatkan 2 penumpang dewasa tewas. Para korban kecelakaan dievakuasi ke Rumah Sakit Pemalang oleh petugas gabungan kepolisian, Basarnas dan PT Pemalang Batang Toll Road.

Dengan keenam unsur tersebut di atas barulah sebuah informasi dapat dikatakan berita. Hal inilah yang membedakan berita dengan jenis teks lainnya. Sekian pembahasan kita kali ini mengenai unsur-unsur berita beserta contohnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Send this to a friend