10+ Contoh Teks Eksplanasi dalam Berbagai Peristiwa, Lengkap dengan Strukturnya!

Tahukah Anda apa itu teks ekplanasi ? Berbicara mengenai teks eksplanasi sudah pasti suatu materi yang terdapat dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

Pada kurikulum 2013, teks eksplanasi menjadi materi wajib yang akan dipelajari oleh siswa, baik itu tingkat SMP ataupun SMA. Dibandingkan jenis teks yang lain, teks ekplanasi masih tergolong baru dan jarang diketahui orang. Selain itu, masih sedikit referensi yang membahas tentang teks eksplanasi.

Nah, dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai beberapa contoh teks eksplanasi yang bisa membantu Anda untuk mempelajari atau mendalami teks eksplanasi. Berikut penjelasannya.

Contoh Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Sebelum membahas beberapa contoh teks eksplanasi, Anda harus mengetahui struktur teks eksplanasi terlebih dahulu agar nantinya tidak salah dalam membuat atau menentukan apakah teks ini termasuk jenis teks eksplanasi atau jenis teks lainnya.

Secara umum, terdapat 3 struktur yang harus dipenuhi dalam membuat teks eksplanasi yakni pernyataan umum, urutan sebab-akibat dan interpretasi.

  • Pernyataan umum – berisi tentang pernyataan umum dari suatu topik yang akan dijelaskan, misalnya pengertian, ciri-ciri atau alasan mengapa peristiwa terjadi.
  • Pernyataan sebab-akibat – berisi tentang tahapan kejadian atau peritiwa yang akan dijelaskan secara berurutan, mulai dari awal hingga akhir kejadian.
  • Interpretasi – berisi tentang kesimpulan dari topik yang dijelaskan.

Untuk membantu Anda agar lebih memahami teks eksplanasi, dibawah ini ada 10 contoh teks eksplanasi.

1. Contoh Teks Eksplanasi tentang Budaya

Contoh Teks Eksplanasi tentang Budaya BatikPernyataan umum

Indonesia merupakan suatu negara yang kaya akan keberagaman daerahnya, mulai dari bahasa, pakaian adat, budaya dan tradisi, tari-tarian, seni rupa dan sebagainya. Salah satu kebudayaan Indonesia yang mendunia adalah batik. Pada 2 Oktober 2009, UNESCO telah menetapkan bahwa batik sebagai warisan kemanusiaan unuk budaya lisan dan nonbedawi yang berasal dari Indonesia karena terdapat simbol dan makna filosofi yang mewakili bangsa Indonesia.

Pernyataan sebab-akibat

Kata batik berasal dari bahasa Jawa yakni “amba” dan “nitik”. Awalnya, batik dibuat diatas media daun lontar dan papan rumah adat Jawa. Namun, sejak masa kerajaan Majapahit batik telah dituliskan diatas kain putih yang dijadikan pakaian. Batik menjadi suatu kerajinan yang bernilai tinggi yang hanya digunakan oleh para keluarga kerajaan. Lambat laun, batik mulai dikenal oleh masyarakat luas dan teknik pembuatannya menjadi semakin beragam.

Ragam pola dan warna batik juga tidak luput dari pengaruh asing. Misalnya, pengaruh Arab yang memilih motif hias batik dalam bentuk seni kaligrafi, penjajah Eropa yang memilih batik dalam bentuk motif bunga, pengaruh China yang memberikan motif phoenix (burung api) dengan warna-warna yang cerah seperti merah, hingga pengaruh India dan Persia yang memberikan pengaruh motif merak dalam batik Indonesia. Walaupun demikian, kita masih dapat menjumpai daerah yang mempertahankan batik tradisional dilengkapi dengan corak dan motif yang khas untuk digunakan dalam tradisi upacara adat.

Interpretasi

Oleh karena itu, kita harus bangga akan kesenian batik dan turut memeliharanya agar tidak dijiplak dan diakui oleh negara lain. Selain itu, keberagaman motif dan warna batik dapat menarik minat wisatawan asing sehingga dapat meningkatkan ekonomi Indonesia.

2. Contoh Teks Eksplanasi tentang Sosial

teks eksplanasi tentang kemiskinanPernyataan umum

Kemiskinan merupakan suatu kondisi dimana seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok hidupnya, seperti pangan, sandang dan papan. Kemiskinan termasuk kedalam fenomena sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Hingga akhirnya, kemiskinan meluas menjadi permasalahan negara yang berdampak pada tingkat kesejahteraan negara tersebut.

Pernyataan sebab-akibat

Terdapat beberapa faktor yang mengakibatkan kemiskinan, yaitu pengangguran, tingkat pendidikan yang rendah dan juga faktor bencana alam. Pengangguran dapat terjadi akibat tidak seimbangnya jumlah lapangan kerja dengan jumlah angkatan kerja usia produktif. Tingkat pengangguran yang tinggi akan menghambat pembangunan ekonomi suatu negara.

Rendahnya pendidikan juga mengakibatkan terjadinya kemiskinan. Hal itu dikarenakan tidak adanya keterampilan, ilmu pengetahuan atau wawasan masyarakat mengenai bagaimana cara menghasilkan sesuatu yang bernilai jual. Tidak adanya pendidikan menyebabkan masyarakat sulit untuk memperbaiki kehidupan menjadi lebih baik.

Selain kedua faktor diatas, kemiskinan juga ditimbulkan akibat terjadinya bencana alam. Bencana alam seperti banjir, gunung meletus dan gempa bumi akan mengakibatkan beberapa mata pencaharian masyarakat menjadi terhambat. Petani akan gagal panen akibat adanya bencana alam sehingga tidak mampu menghasilkan bahan makanan.

Interpretasi

Oleh karena itu, pemerintah perlu melakukan observasi dan upaya dalam mengatasi tingkat kemiskinan. Selain itu, masyarakat juga perlu mengontrol pola hidup agar tidak menghambur-hamburkan uang dan dapat membantu orang-orang sekitar yang membutuhkan.

3. Contoh Teks Eksplanasi tentang Bencana Alam

Contoh Teks Eksplanasi tentang Gunung MeletusPernyataan umum

Gunung meletus merupakan suatu fenomena alam yang terjadi akibat adanya endapan magma yang terdapat didalam perut bumi. Suatu ketika, magma dan material lain dalam perut bumi akan keluar ke permukaan bumi melalui pipa alami yang menjulang tinggi didalam gunung. Gas tersebut akan tersembur keluar dengan kekuatan yang sangat besar. Peristiwa inilah yang dinamakan sebagai gunung meletus dan menjadi bencana alam yang terdahsyat.

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki gunung api aktif terbanyak di dunia. Beberapa gunung api yang masih aktif adalah Gunung Agung, Gunung Anak Krakatau, Gunung Bromo, Gunung Merapi dan masih banyak lagi.

Pernyataan sebab-akibat

Diantara tanda-tanda yang bisa diperhatikan sebelum terjadinya gunung meletus adalah suhu disekitar gunung akan semakin meningkat. Hal itu disebabkan oleh adanya aktivitas magma yang semakin tinggi sehingga akan berkumpul di dekat permukaan bumi. Masyarakat yang tinggal disekitar lereng atau kaki gunung akan merasakan suhu yang semakin panas.

Tanaman yang berada disekitar gunung juga menjadi layu akibat suhu panas yang ditimbulkan melalui aktivitas magma yang bergerak ke atas mendekati lapisan tanah. Bahkan, tanaman akan mati seketika ketika aktivitas magma semakin meningkat. Selain itu, suhu panas yang terjadi juga mengakibatkan hewan-hewan liar berlari meninggalkan gunung menuju pemukiman warga. Hal itu terjadi dikarenakan hewan tersebut merasa tidak nyaman berada diatas.

Interpretasi 

Walaupun tanda-tanda gunung meletus mudah untuk dikenali, namun tetap saja gunung meletus menjadi bencana alam yang memberikan dampak yang mengerikan bagi kehidupan manusia. Misalnya, gunung meletus dapat menyebabkan perpecahan pulau-pulau dan menciptakan danau.

4. Contoh Teks Eksplanasi tentang Tsunami

teks eksplanasi tentang tsunamiPernyataan umum

Istilah tsunami berasal dari bahasa Jepang, yakni ‘tsu’ mempunyai arti sebuah pelabuhan dan “nami” yang berarti ombak atau gelombang yang besar. Selain itu, para ilmuwan sering mengatakan tsunami dengan sebutan gelombang pasang (tidal wave) atau gelombang laut akibat gempa (seismic sea waves).

Pengertian tsunami secara keseluruhan adalah suatu jenis bencana alam yang ditandai dengan adanya gelombang akibat terjadinya pasang naik secara tiba-tiba ke daerah kawasan pantai. Biasanya, gelombang ini akan terjadi setelah adanya aktivitas goncangan gempa bumi tektonik. Akibatnya, pemukiman warga yang berada dekat kawasan pantai akan ikut banjir dan mengalami kerusakan yang parah.

Pernyataan sebab-akibat

Di Indonesia, tsunami sudah terjadi hingga beberapa kali. Salah satunya tsunami terbesar yang terjadi di Aceh pada 2004 silam, dimana bencana tersebut dikenang sampai sekarang sebagai bencana nasional. Pembentukan tsunami terjadi saat “wadah lautan” terganggu.

Gangguan ini disebabkan karena mobilitas air laut yang naik turun di sepanjang patahan selama gempa berlangsung. Patahan tersebut mengakibatkan terganggunya keseimbangan air laut hingga menghasilkan tenaga gelombang yang cukup besar. Sesaat setelah terjadinya gempa, air lalu menjadi surut. Namun, air laut kembali ke arah dataran dalam bentuk gelombang yang sangat besar.

Letusan gunung berapi juga bisa mengakibatkan pembentukan tsunami. Letusan tersebut mampu menggerakkan volume air dalam jumlah yang besar hingga menghasilkan tsunami yang menerjang daerah sekitarnya. Bahkan, bila letusan gunung berapi mengakibatkan longsornya tanah di dasar laut maka dapat menciptakan tsunami yang mengerikan bagi manusia.

Interpretasi 

Tsunami memang menjadi salah satu bencana alam yang mengakibatkan terjadinya banyak kerusakan dan menimbulkan jatuhnya korban jiwa dalam jumlah yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kita harus selalu waspada dan mempersiapkan diri menghadapi bencana itu Pemerintah juga perlu menyediakan alat yang cukup canggih untuk dapat mengindikasi adanya getaran yang bisa mengakibatkan tsunami.

5. Contoh Teks Eksplanasi tentang Tanah Longsor

Contoh Teks Eksplanasi tentang Tanah LongsorPernyataan umum

Tanah longsor merupakan suatu bencana alam yang terjadi karena perpindahan masa batuan atau tanah dengan berbagai jenis dan tipe menuju daerah dataran yang lebih rendah. Umumnya, longsor sering terjadi di daerah pegunungan, bukit, lereng yang curam ataupun tebing yang terjadi akibat hilangnya fungsi akar pepohonan sebagai penahan tanah.

Secara umum, terdapat dua faktor yang menyebabkan tanah longsor, yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong adalah faktor yang memengaruhi terdorongnya suatu material untuk bergerak. Adapun faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan material tersebut bergerak secara alami atau ulah tangan makhluk hidup lainnya.

Pernyataan sebab-akibat

Di beberapa wilayah di Indonesia sangat rawan terjadinya tanah longsor. Curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan tanah tidak mampu menampung volume air yang masuk. Akibatnya, air tersebut menyebabkan perubahan tekstur tanah menjadi licin sehingga akan memicu pergerakan tanah yang cepat. Selain itu, tanah akan mengalami proses pelapukan karena perubahan struktur tanah hingga ke dasar tanah.

Interpretasi

Untuk menghindari terjadinya tanah longsor, kita bisa melakukannya dengan tidak menebang pohon sembarangan. Sebab, akar pepohonan membantu dalam hal penyerapan air hujan hingga dapat meminimalisir terjadinya tanah longsor.

6. Contoh Teks Eksplanasi tentang Hujan

teks eksplanasi tentang hujanPernyataan umum

Hujan merupakan suatu peristiwa turunnya butiran air yang berasal dari atmosfer ke permukaan bumi. Butiran air yang tersebut berasal dari sungai, laut ataupun limbah yang mengalami penguapan ke atmosfer dan turun ke permukaan bumi setelah melakukan proses pendinginan.  Selain itu, hujan merupakan suatu peristiwa alam yang tidak dapat dihindari dan ditebak. Terkadang hujan dapat turun dengan sangat deras dan lebat, atau bahkan hanya gerimis saja.

Pernyataan sebab-akibat

Peristiwa hujan dibantu dengan sinar matahari, dimana sinar tersebut membantu air laut, air sungai dan lainnya menguap. Proses penguapan menghasilkan uap-uap yang terbang dan melayang di udara sehingga terjadinya kondensasi. Kondensasi adalah proses perubahan uap air yang sifatnya berupa gas menjadi wujud cair. Proses ini lebih dikenal dengan terbentuknya awan.

Awan-awan itu akan terbang dibawa angin menuju atmosfer bumi yang memiliki suhu yang lebih rendah. Akibatnya, uap-uap air menjadi butiran-butiran air yang terbentuk dalam awan. Ketika jumlah butiran air menjadi sangat banyak membuat awan tidak mampu menopang sehingga jatuhlah butiran air menjadi peristiwa hujan.

Interpretasi

Hujan menjadi suatu hal yang sangat vital dalam kehidupan manusia. Dalam berbagai sektor kehidupan, hujan sangat dibutuhkan untuk pengembangannya, seperti sektor pertanian, perikanan, perkebunan dan sebagainya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa hujan menjadi berkah dan rahmat yang diturunkan untuk manusia di muka bumi.

7. Contoh Teks Eksplanasi tentang Sampah

teks eksplanasi tentang sampahPernyataan umum

Sampah merupakan suatu material sisa yang diperoleh dari hasil kegiatan manusia, yang keberadaannya sangat mengganggu kelestarian lingkungan. Ada dua jenis sampah, yaitu sampah organik dan anorganik.

Sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk dan terurai sehingga dapat dijadikan sebagai kompos. Jenis sampah ini diperoleh dari sayuran, dedaunan kering dan sisa-sisa makanan. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang membutuhkan waktu yang lama untuk terurai. Jenis sampah anorganik mudah ditemui dari benda seperti botol plastik, kertas bekas, karton, kaleng bekas, dan sebagainya.

Pernyataan sebab-akibat

Sampah termasuk kedalam fenomena sosial yang sering ditemui dalam lingkungan masyarakat. Seringkali keberadaan sampah dianggap biasa dan remeh oleh sebagian orang. Padahal, jika dibiarkan sampah akan semakin menumpuk dan mengganggu kesehatan serta kenyamanan lingkungan tersebut. Bahkan, dampak yang ditimbulkan sampah sangatlah beragam. Mulai dari bau tak sedap, pencemaran lingkungan, banjir hingga penyakit.

Interpretasi

Kini, persoalan sampah semakin sulit ditanggulangi karena kurangnya kesadaran masyarakat akan menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Memang, ada sebagian jenis sampah yang bisa ditanggulangi dengan cara didaur ulang. Akan tetapi, penanggulangan itu dinilai kurang efektif mengingat setiap harinya berton-ton sampah yang dihasilkan oleh suatu wilayah.

Oleh karena itu, kita perlu melakukan tindakan pencegahan (preventif) untuk mengatasi persoalan sampah. Beberapa tindakan itu seperti mengurangi penggunaan sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari, tidak membuang sampah sembarangan apalagi sampai membuangnya di sungai dan masih banyak lagi.

8. Contoh Teks Eksplanasi tentang Pengangguran

teks eksplanasi tentang pengangguranPernyataan umum

Pengangguran merupakan istilah yang ditujukan bagi orang yang tidak memiliki pekerjaan, sedang mencari pekerjaan, atau tidak mempunyai penghasilan sama sekali. Pengangguran menjadi bentuk fenomena sosial yang diangkat menjadi isu nasional suatu negara.

Setiap pemilihan presiden di Indonesia, isu ini seringkali menjadi perbincangan hangat dengan penawaran berbagai solusi yang dinilai efektif, seperti pengadaan pelatihan kerja bagi usia produktif, membuat proyek magang, menggalakkan program usaha di setiap daerah. Namun, tetap saja tingkat pengangguran terus meningkat setiap tahunnya.

Pernyataan sebab-akibat

Ada beberapa penyebab adanya pengangguran, yaitu jumlah pekerja tidak seimbang dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia, kemajuan teknologi, kurangnya pendidikan, terjadinya PHK di suatu perusahaan dan sebagainya.

Akibatnya, akan muncul beberapa dampak yang ditimbulkan dari pengangguran, seperti persoalan ekonomi dan sosial yang dirasakan orang tersebut. Orang yang mengalami pengangguran akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya karena tidak memperoleh penghasilan.

Selain itu, dampak sosial yang dirasakan dengan adanya pengangguran adalah tingginya angka tindakan kriminal, meningkatnya jumlah gelandangan bahkan mengakibatkan kekacauan lainnya.

Interpretasi

Untuk itu, pemerintah perlu melakukan berbagai tindakan demi mengatasi masalah pengangguran. Beberapa tindakan tersebut adalah menciptakan banyak lapangan pekerjaan dan memperbaiki lulusan sarjana dengan membekali keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja.

9. Contoh Teks Eksplanasi tentang Kebakaran Hutan

teks eksplanasi tentang kebakaran hutanPernyataan umum

Kebakaran hutan merupakan suatu bencana alam yang dapat mengakibatkan perubahan bentuk hutan akibat terjadinya pembakaran secara besar-besaran. Hutan yang seharusnya menjadi habitat berbagai macam tumbuhan dan hewan hangus dikarenakan kobaran api yang melanda hutan tersebut.

Pernyataan sebab-akibat

Terdapat dua faktor yang menyebabkan terjadinya kebakaran hutan, yakni faktor alam dan faktor manusia. Faktor alam ini umumnya terjadi akibat kekeringan yang panjang yang mengakibatkan muculnya percikan api. Apalagi, jika hutan dipenuhi dengan tanah gambut yang sifatnya mudah terbakar.

Selain itu, faktor manusia juga menyebabkan terjadinya kebakaran hutan. Perilaku manusia yang lalai atau dengan sengaja melakukan beberapa tindakan yang mengakibatkan kebakaran hutan, seperti membuang puntung rokok, membakar hutan demi membuka lahan baru dan melakukan pembalakan liar.

Interpretasi

Indonesia menjadi salah satu negara yang sering mengalami kebakaran hutan. Sebagian besar penyebabnya dalah kurangnya kesadaran dan kepedulian kita terhadap alam. Pembangunan berbagai industri yang membutuhkan lahan baru menjadi penyebab kebakaran hutan. Padahal, semestinya kita harus menjaga kelestarian hutan yang berperan sebagai paru-paru dunia.

10. Contoh Teks Eksplanasi tentang Banjir

Contoh Teks Eksplanasi tentang Banjir dan StrukturnyaPernyataan umum

Banjir merupakan kondisi dimana suatu wilayah tergenang karena luapan air dalam jumlah yang berlebihan. Ada juga yang mengatakan bahwa banjir adalah akibat aliran air dengan volume tinggi yang tidak dapat ditampung oleh sungai, laut atau danau sehingga meluap ke daratan.

Bencana ini dapat terjadi di daerah perkotaan ataupun pedesaan. Banjir akan mengakibatkan kerusakan sarana dan prasarana yang terdapat di perkotaan. Selain itu, banjir akan mengakibatkan hanyutnya lahan pertanian dan pemukiman warga.

Pernyataan sebab-akibat

Terdapat dua faktor yang menyebabkan terjadinya banjir, yakni faktor alam dan faktor sosial. Faktor alam yang menyebabkan banjir, seperti tingginya curah hujan di suatu daerah membuat aliran sungai tidak mampu menampung debit air yang masuk. Akibatnya, air sungai meluap hingga air menggenangi daratan.

Selanjutnya, faktor sosial yakni ulah manusia yang terus membuang sampah ke sungai sehingga menyebabkan terjadinya banjir. Sebab, sampah yang menumpuk membuat daya tampung sungai semakin kecil.

Selain itu, banjir juga bisa disebabkan oleh hutan yang gundul karena ulah tangan manusia yang melakukan penebangan secara liar. Dengan demikian, fungsi akar pohon sebagai penyerap air tidak dapat dimanfaatkan sehingga daerah resapan hilang dan air menuju ke pemukiman warga.

Interpretasi

Oleh karena itu, dalam mengantisipasi terjadinya banjir di wilayah kita marilah untuk menjaga kelestarian lingkungan dimulai dari hal yang kecil dan sederhana, yaitu dengan tidak mengotori sungai atau saluran air dengan sampah, menjaga lingkungan rumah agar selalu bersih, tidak mengekploitasi hutan dan sebagainya.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai contoh teks eksplanasi dalam berbagai situasi. Semoga artikel diat dapat bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam membuat contoh teks eksplanasi dengan baik dan benar. Sekian dan terima kasih.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend