• Our Partners:

WhatsApp Down, Ini Dia Penyebabnya!

WhatsApp Alami Server Down, Ini Dia Penyebabnya!

Kemarin, pengguna WhatsApp diseluruh dunia mendapatkan masalah karena platform ini tidak dapat terhubung ke internet dan memungkinkan pengguna tidak dapat mengirimkan pesan teks pribadi hingga grup, Rabu (26/10).

Pengguna WhatsApp di Indonesia mendapatkan sejumlah masalah, karena platform WhatsApp yang tidak dapat terhubung ke internet dan sering kali terkoneksi namun mendapatkan gangguan untuk mengirimkan pesan.

WhatsApp tidak dapat mengirimkan pesan teks secaa pribadi maupun ke grup, atas masalah ini ada banyak pengguna WhatsApp yang mendapatkan gangguan kecil setidaknya hingga 2 jam. Namun, ternyata masalah serupa bukan hanya dirasakan oleh pengguna WhatsApp di Indonesia saja, melain di seluruh dunia.

Amerika Serikat, Jepang, Brazil, Rusia dan negara-negara di Asia Tenggara juga mendapatkan masalah serupa, pengguna WhatsApp akan melihat status “Menghubungkan” secara terus menerus ketika mengakses aplikasinya. Sedangkan hal ini tidak berlaku untuk platform Meta lainnya seperti Facebook dan Instagram yang masih lancar.

Begitu pun ketika kita mengakses WhatsApp melalui PC, sistem akan mengatakan “Pastikan koneksi internet Anda stabil” meskipun saat itu internet memang stabil. Dengan ini maka platform WhatsApp dipastikan mengalami gangguan dari masalah internal perusahaan.

Mengenai hal ini, Joshua Breckman selaku juru bicara dari Meta menyatakan bahwa mereka (Meta) sedang memperbaiki masalah yang menyebabkan semua pengguna WhatsApp tidak dapat terhubung.

“Kami tahu bahwa pengguna mengalami masalah dengan pengiriman pesan di WhatsApp. Kami segera memperbaiki isu dan kami meminta maaf atas ketidaknyamanan pengguna,” kata Breckman saat diwawancarai oleh The Verge.

Masalah yang dihadapi oleh WhatsApp ini merupakan pertama kalinya platform mengalami Down karena sebelumnya tidak pernah mengalami gangguan serupa. Dengan ini, maka WhatsApp bergabung bersama Facebook, Instagram, Oculus dan Messenger yang mana pernah mengalami gangguan yang serupa tahun lalu.

Di Indonesia, WhatsApp yang Down ini terjadi sekitar 2 jam namun beberapa laporan mengatakan bahwa masalah ini bertahan hingga 4 jam di beberapa kota. Sedangkan menurut catatan perusahaan, jika dinilai rata-rata waktu dari seluruh dunia maka masalah WhatsApp ini bertahan hingga 6 jam lamanya.

Memberikan pernyataan mengenai masalah ini, Meta dengan resmi menyatakan bahwa masalah ini diakibatkan oleh salah satunya kesalahan ketiga mengatur perubahan konfigurasi di Router mereka.

Berangkat dari masalah serupa, maka peristiwa WhatsApp Down ini sama seperti tahun lalu ketika Facebook mengalami masalah dengan sistem konfigurasi Router mereka di perusahaan.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend