Whatsapp Pebarui Privasi, Cegah Stalking Pengguna Di Luar Kontak

Whatsapp Perbarui Privasi, Cegah Stalking Pengguna Di Luar Kontak

NESABAMEDIA.COMWhatsapp telah membawa sebuah pembaruan kebijakan di mana nomor yang tidak ada di dalam daftar kontak, tidak akan bisa melihat status terakhir terlihat (Last Seen) di aplikasi perpesanan instan itu. Fitur baru ini telah diluncurkan baik untuk aplikasi Android dan iOS.

Kini, pengguna yang tidak dikenal tidak akan bisa lagi melihat kapan terakhir kali anda online dan status ‘online’ setelah pembaruan ini. Ini akan meningkatkan privasi dari pengguna Whatsapp yang ada di seluruh dunia. Rivalnya, yakni Telegram, juga baru saja mengumumkan sejumlah fitur privasi baru awal pekan lalu. 

Ada banyak aplikasi pihak ketiga di App Store dan juga Google Play Store yang mampu melihat log dari last seen dan status online kontak Whatsapp tertentu. Orang-orang menggunakan aplikasi ini untuk melakukan stalking terhadap pengguna lain, jadi mereka akan tahu apakah pengguna lainnya sedang online atau tidak. 

“Setelah peningkatan terbaru ini yang ditujukan guna melindungi pengguna, Whatsapp tidak akan menampilkan status online dan kapan terakhir terlihat, jika pengguna itu belum pernah berkomunikasi sebelumnya. Dan karena aplikasi pihak ketiga itu tidak memiliki pesan yang aktif sebelumnya dengan anda, maka mereka tidak akan bisa melihat ketika anda sedang online,” kata pihak Whatsapp.

Lebih lanjut, apabila tidak bisa melihat status terakhir kali terlihat pada kontak yang sebelumnya sudah berkomunikasi, itu artinya pengguna tersebut sedang mengaktifkan fitur privasi, “My Contact Except…” yang ada di aplikasi Whatsapp. 

Whatsapp juga telah menambahkan sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk memilih pesan tertentu yang akan hilang setelah dibaca secara default.

Jangka waktunya bisa saja satu hari, satu minggu atau bahkan sampai tiga bulan. Fitur ini ditujukan untuk pengguna yang ingin menyimpan pesan-pesan tertentu yang dianggap penting, dan sisa pesan yang tidak penting akan terhapus secara otomatis. 

Fitur tersebut akan sangat bermanfaat untuk dijadikan sebuah momen spesial tertentu. Whatsapp menjelaskan bahwa awalnya fitur ini hanya dibatasi untuk tujuh hari saja, dan fitur ini pun adalah fitur opsional.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend