Fitur Menghapus Pesan Otomatis di Whatsapp

Whatsapp Rilis Fitur Cek Fakta Untuk Perangi Berita Hoax

NESABAMEDIA.COMWhatsapp telah menjelma menjadi aplikasi komunikasi paling populer di seluruh dunia. Seiring dengan kepopuleran dan banyaknya pengguna, sisi negatif pun muncul, di mana Whatsapp menjadi tempat berkembangnya berita sesat dan hoax. Oleh karena itu, kebijakan pengguna Whatsapp tentu sangat dibutuhkan, dan penting untuk melakukan cek akan fakta sebenarnya dari informasi yang dibagikan oleh pengguna lain. 

Hal inilah yang coba dijawab oleh Whatsapp dengan menghadirkan fitur baru semacam cek fakta yang memungkinkan pengguna melakukan “Googling” secara cepat untuk mengetahui kebenaran dari berita yang dibagikan pengguna Whatsapp lain. 

Teknisnya, jika Whatsapp mendeteksi adanya informasi yang sedang banyak dibagikan, maka Whatsapp akan memberikan tanda khusus pada informasi tersebut. Tanda tersebut berupa sebuah icon yang berarti jika sumber informasi itu tidak orisinil atau diragukan kebenarannya. Fitur ini tentunya sangat membantu untuk mengidentifikasi informasi menyesatkan yang sedang viral saat itu. 

Fitur Cek Fakta Whatsapp

Fitur Cek Fakta Whatsapp

Lebih lanjut, informasi yang muncul pada grup atau pesan pribadi pengguna, akan mendapatkan icon bergambar kaca pembesar di bagian pojok kanan atas. Jika pengguna mengetuk icon tersebut, maka secara otomatis akan diarahkan ke mesin pencari pada browser, guna menemukan informasi lebih lanjut terkait tautan yang dibagikan itu.

Dari situ, pengguna bisa melakukan verifikasi dengan membandingkan atau mencari berita yang jauh lebih akurat mengenai tautan yang dibagikan tersebut. Bagi pengguna Whatsapp, tentunya hal ini akan sangat membantu, terlebih mereka yang tergabung dalam grup ‘bapak-bapak’ yang kerap berisi informasi-informasi aneh yang kadang tidak diketahui sumber aslinya berasal dari mana. 

Sebenarnya informasi mengenai fitur cek fakta Whatsapp ini cukup ramai diperbincangkan pada bulan Maret kemarin. Namun baru pada tanggal 3 Agustus 2020, fitur ini secara resmi dirilis oleh pihak Whatsapp. Itupun, juga masih terbatas hanya di beberapa negara tertentu saja.

Beberapa negara yang sudah mendapatkan pembaruan dari kehadiran fitur cek fakta Whatsapp itu antara lain, Brasil, Italia, Irlandia, Meksiko, Spanyol, Inggris dan juga Amerika Serikat. Negara lain dan Indonesia salah satunya, akan mendapatkan pembaruan secara bertahap

Penting untuk diingat, bahwasanya fitur pencari fakta Whatsapp ini tidak lantas bisa diartikan bahwa informasi yang dibagikan akan ditandai sebagai informasi benar atau salah. Namun, hanya untuk memudahkan para pengguna guna mengetahui lebih jelas atau sumber asli dari informasi yang dibagikan tersebut.

Leave a Reply

Send this to a friend