Tes Kecepatan Wi-Fi Xiaomi Mi 11 dan iPhone 12 Pro Max

Wi-Fi Xiaomi Mi 11 Lebih Cepat Dari iPhone 12 Pro Max

NESABAMEDIA.COMPabrikan smartphone raksasa Cina, Xiaomi baru saja mengumumkan hasil dari perbandingan kemampuan antara iPhone 12 Pro Max dengan flagship terbaru mereka, Mi 11. Mereka membanggakan hasil tersebut, karena smartphone Mi 11 mampu meninggalkan jauh iPhone 12 Pro Max dalam hal kecepatan jaringan Wi-Fi. 

Dalam uji perbandingan flagship itu, diketahui menggunakan router AX6000 yang mendukung teknologi Wi-Fi 6E. Router AX6000 milik Xiaomi tersebut, menggunakan RAM 512MB dan mendukung penggunaan jaringan simultan hingga 248 perangkat, dan bandwidthnya sebesar 800 Mbps. 

Menariknya, pengujian itu dilakukan di sebuah stadion sepakbola, di mana router diletakkan tepat di tengah lapangan, sementara iPhone 12 Pro Max dan Xiaomi Mi 11 ditempatkan dengan jarak yang sama dari router. 

Pengujian itu berlangsung dalam tiga ronde, di mana masing-masing ronde memiliki jarak antara smartphone dengan router yang berbeda. Diketahui, semakin jauh jaraknya, Xiaomi Mi 11 mendapatkan sinyal yang lebih kuat ketimbang iPhone 12 Pro Max, yang artinya kecepatan jaringan Mi 11 lebih baik daripada smartphone buatan Apple itu.

Ronde pertama, kedua smartphone itu diletakkan di dekat tiang gawang atau berjarak sekitar 53 meter dari router. Hasil ronde pertama, Xiaomi Mi 11 mencatatkan kecepatan 774 Mbps, sedangkan iPhone 12 Pro Max sebesar 415 Mbps. 

Ronde kedua, masing-masing smartphone diletakkan di ujung bangku penonton tingkat 1, atau pada jarak yang sama yakni 114 meter dari router. Meski mengalami penurunan kecepatan, Mi 11 masih mampu mengungguli iPhone 12 Pro Max dengan kecepatan 659 Mbps melawan 358 Mbps. 

Terakhir ronde ketiga, kedua smartphone diletakkan di ujung stadion atau sekitar 161 meter dari router. Dan seperti yang diperkirakan, meski kecepatan turun lagi, Mi 11 masih mencatatkan kecepatan 511 Mbps, sedangkan iPhone 12 Pro Max hanya 241 Mbps. 

Jika di rata-rata, penurunan kecepatan iPhone 12 Pro Max cukup besar, hingga mencapai 50 persen. Sedangkan Mi 11 turun dari 774 Mbps ke 511 Mbps. 

Dari hasil pengujian tersebut, memang patut diakui jika teknologi jaringan Wi-Fi yang ada di Mi 11 lebih baik ketimbang iPhone 12 Pro Max. Namun secara keseluruhan performa, menurut anda siapa yang akan jadi pemenangnya?

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend