• Our Partners:

WiFi Redmi Note 9S Putus Nyambung, Pengguna Tunggu Xiaomi Beri Solusi

NESABAMEDIA.COM – Sebagian pengguna Redmi Note 9S mengalami masalah konektivitas wifi yang kadang-kadang terputus begitu saja tanpa diketahui penyebabnya. Masalah ini terjadi ketika layar ponsel dalam keadaan terkunci. Setelah dibiarkan terkunci antara 10 – 15 menit, dilaporkan bahwa ponsel tidak lagi terkoneksi dengan wifi.

Masalah aneh yang menghinggapi Redmi Note 9S tersebut dikemukakan oleh para pengguna di forum XDA dan di forum komunitas Xiaomi. Perlu diketahui, Redmi Note 9S merupakan nama lain dari Redmi Note 9 Pro dan ditujukan untuk pasar global, termasuk Eropa, dan rata-rata pengguna yang mengalami masalah konektivitas wifi ini adalah mereka yang bertempat tinggal di Eropa.

Pada awalnya mode penghemat baterai yang diduga menjadi penyebabnya, tapi ternyata bukan. Beberapa pengguna mengambil inisiatif dengan menghubungi Xiaomi dan mengirimkan log agar bug tersebut dapat segera ditangani.

Saran yang diberikan Xiaomi kepada pengguna untuk mengatasinya adalah dengan melakukan reset atau dengan mematikan dan menyalakan wifi router. Sayangnya cara ini kadang berhasil kadang tidak sehingga makin membuat pengguna merasa bingung.

Begitu pula ketika Xiaomi meluncurkan MIUI 11.0.8.0 untuk Redmi Note 9S. Hanya beberapa pengguna yang melaporkan bahwa koneksi wifi tidak lagi bermasalah setelah mendapatkan update tersebut.

Seorang pengguna di forum XDA melaporkan bahwa pada awalnya update MIUI 11.0.8.0 bisa mengatasi gangguan koneksi tersebut. Tapi, beberapa hari kemudian, koneksi wifi kembali terganggu di saat dirinya sedang menggunakan WhatsApp.

Setelah diselidiki melalui log router, ternyata update dari Xiaomi tersebut tidak benar-benar memperbaiki bug yang dimaksud. Ibaratnya seperti pintu rusak yang tidak dapat dibuka, tapi solusi yang diberikan tidak dengan memperbaiki pintu tersebut, melainkan dengan menyediakan jalan memutar untuk masuk ke sebuah ruangan.

Solusi yang disediakan Xiaomi melalui MIUI 11.0.8.0 tersebut adalah dengan logout otomatis dari jaringan wifi setiap 10 menit, lalu login kembali beberapa detik kemudian.

Sempat ada kecurigaan bahwa masalah koneksi wifi ini terkait dengan kerusakan atau kecacatan pada hardware. Terlepas benar tidaknya kecurigaan itu, sudah seharusnya Xiaomi bergegas untuk menyediakan solusi permanen agar setiap pengguna Redmi Note 9S bisa terhubung dengan wifi tanpa masalah lagi. [az/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend