Sony Artificial Intelligence

Sony Artificial Intelligence Bisa Gantikan Player Yang Meninggalkan Game

NESABAMEDIA.COMTerkadang akan sangat menyebalkan ketika sedang dalam permainan, salah satu anggota tim tiba-tiba saja keluar. Entah itu karena memang sengaja atau karena ada permasalahan teknis, seperti mengalami putus internet atau lampu mati.

Sony dikabarkan sedang mengembangkan sebuah fitur, yang diklaim mampu menjawab permasalahan tersebut. Sony Artificial Intelligence (AI) bakal diterapkan pada sejumlah produk gaming mereka. 

Kemungkinan besar fitur AI tersebut bakal diterapkan secara khusus pada konsol terbaru mereka, Playstation 5. Lebih jauh, AI tersebut bakal menggantikan para pemain yang berhenti di tengah permainan. Tak hanya ketika pemain keluar dari permainan, namun ketika pemain itu mengalami lag atau gangguan internet. Sehingga diharapkan seluruh pemain bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

Fitur AI tersebut diungkapkan oleh salah satu user Reddit bernama WolfgangKaipZ, yang memposting sebuah paten berisi fitur yang sedang dikembangkan tersebut. Berikut isi dari paten yang bocor 

Ketika ada pemain yang keluar atau tidak merespon sebelum permainan benar-benar berakhir, nantinya player itu bakal digantikan oleh AI yang mensimulasikan gaya permainan player tersebut. Hal ini berdasarkan kalkulasi dari banyak kemungkinan yang berasal dari tindakan pemain yang sudah terekam sebelum dia keluar. Sehingga permainan bisa dilanjutkan tanpa adanya gangguan, dan gaya bermain player yang keluar akan dibuat semirip mungkin.

Sebenarnya fitur AI sudah lama dikembangkan oleh Sony dalam beberapa game mereka. Namun untuk kali ini, mereka menjadikannya selangkah lebih maju. Sebab AI yang saat ini mereka kembangkan jauh lebih canggih dari yang sebelumnya. Kemampuan untuk merekam aktivitas player dan kemudian mensimulasikan semirip mungkin merupakan sebuah teknologi AI yang sangat jenius. 

Pasalnya, kebanyakan AI yang ada di game lain, merupakan implementasi dari sebuah kode yang diprogram sedemikian rupa untuk berjalan sesuai perintah. Sehingga terkadang pergerakan dan aktivitasnya lebih ke sebuah program komputer, dan mudah sekali untuk ditebak. Sementara AI yang dikembangkan Sony, seperti memiliki perilaku yang unik dan pergerakannya tidak bisa diduga. 

Namun karena masih dalam bentuk paten atau formula, maka fitur Sony Artificial Intelligence ini kemungkinan masih akan lama untuk bisa dirilis atau diterapkan ke game. Meski demikian, apa yang telah dilakukan Sony bisa disebut sebagai era baru dalam bermain game. [br/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend