Windows 10 2004 Capai Masa Akhir Layanan Desember Ini

Windows 10 2004 Capai Masa Akhir Layanan Desember Ini

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah mengingatkan para pelanggannya bahwa Windows 10 2004 (semua edisi) dan Windows Server 2004 (Data Center dan Standart Editions) akan mencapai masa akhir layanan pada tanggal 14 Desember 2021.

“Edisi ini tidak akan lagi menerima pembaruan keamanan setelah 14 Desember 2021. Pelanggan yang menghubungi Dukungan Microsoft setelah tanggal ini akan diarahkan untuk memperbarui perangkat mereka ke versi terbaru Windows 10 agar tetap bisa mendapatkan dukungan resmi dari kami,” kata Microsoft mengumumkan.

Perangkat yang menjalankan edisi Windows 10 yang mencapai masa akhir layanan tidak akan lagi menerima dukungan teknis atau perbaikan bug dan keamanan bulanan.

Selain menyarankan pengguna produk yang telah berakhir masa layanannya untuk meningkatkan sesegera mungkin ke versi terbaru yang tersedia, Microsoft juga secara otomatis meluncurkan pembaruan fitur ke beberapa perangkat kedaluwarsa yang telah mencapai masa akhir layanan.

“Windows Update akan secara otomatis memulai pembaruan fitur untuk perangkat konsumen Windows 10 dan perangkat bisnis yang tidak dikelola yang berada pada, atau dalam beberapa bulan setelah mencapai akhir layanan. Untuk perangkat semacam ini, anda dapat memilih waktu yang nyaman bagi perangkat anda untuk melakukan boot ulang dan menyelesaikan pembaruan,” Microsoft menjelaskan.

Microsoft menyarankan pelanggan yang masih menjalankan Windows 10 2004 untuk memasang Pembaruan bulan Mei 2021 yang akan meningkatkan perangkat mereka ke Windows 10, versi 21H1, yang akan mencapai akhir layanan tahun depan, pada 13 Desember, untuk semua edisi.

Microsoft mulai memperbarui perangkat Windows 10 2004 secara otomatis ke Windows 10 21H1 pada tanggal 5 Juni dan mengumumkan bahwa mereka telah mulai meningkatkan secara otomatis sejumlah besar perangkat Windows 10 yang mendekati akhir masa pakainya ke Windows 10 21H1 pada tanggal 22 Juni.

“Kami sekarang memulai fase baru dalam peluncuran kami. Menggunakan pelatihan machine learning yang telah kami lakukan sejauh ini, kami meningkatkan jumlah perangkat yang dipilih untuk memperbarui secara otomatis ke Windows 10, versi 21H1 yang mendekati akhir layanan,” Microsoft menjelaskan pada halaman status kesehatan Windows 10 21H1.

Dengan Windows 10 2004 mencapai akhir masa pakainya dalam tiga bulan, lebih banyak perangkat yang menjalankan versi Windows 10 ini akan secara otomatis ditingkatkan ke versi terbaru.

Windows 10 21H1 saat ini tersedia untuk semua pengguna dengan perangkat yang menjalankan Windows 10 versi 20H2 dan Windows 10 versi 2004, di mana sistem akan secara manual mencari untuk memeriksa pembaruan menggunakan Windows Update.

Pembaruan fitur Windows 10 21H1 juga tersedia untuk penyebaran cepat menggunakan Media Creation Tool atau Windows Server Update Services (WSUS).

Jika anda belum ingin memutakhirkan ke Windows 10 21H1, anda dapat menunda pembaruan fitur menggunakan kebijakan grup ‘Pilih kapan Pratinjau Builds dan Pembaruan Fitur diterima’ yang dapat anda temukan di Computer Configuration → Administrative Template → Windows Component → Windows Update → Windows Update for Business.

Leave a Reply

Send this to a friend