Microsoft Windows 10X Modern Standby

Windows 10X Akan Kehadiran Fitur Tambahan Bernama Modern Standby

NESABAMEDIA.COMSudah cukup lama Microsoft berkutat pada pengembangan sistem operasi Windows 10X. Mereka telah memperkenalkannya sejak awal tahun lalu, bersamaan dengan dirilisnya laptop Surface Neo yang bisa dilipat. Targetnya, laptop itu akan diluncurkan pada tahun ini, namun kemudian Microsoft memutuskan untuk menunda guna menambahkan sejumlah polesan dan fitur baru. 

Kini terungkap satu lagi fitur baru di Windows 10X yakni bernama Modern Standby. Fitur ini merupakan sebuah mode siaga khusus, di mana PC tidak akan sepenuhnya dalam status ‘tidur’. Perangkat Windows 10X nantinya bisa menggunakan data untuk mengunduh pembaruan, menyegarkan semua aplikasi sosial media, dan lebih banyak lagi, saat perangkat dalam status tidur tadi. Tugasnya dijalankan di latar belakang.

Selain melakukan pengunduhan data, fitur Modern Standby di Windows 10X ini juga akan mengaktifkan ‘Instant On’ seperti di perangkat mobile dan fitur ‘Always On Connected’ di laptop ARM. Fitur ini telah dikonfirmasi secara resmi oleh Microsoft melalui sebuah dokumentasi, yang di mana tampaknya telah diperbarui secara diam-diam. Oleh karenanya, Microsoft tidak melakukan pengumuman.

Fitur Modern Standby Windows 10X

Fitur Modern Standby Windows 10X

Dalam dokumentasi tersebut dijelaskan bahwa Modern Standby akan mulai melaksanakan tugasnya, begitu pengguna mengaktifkan mode tidur, seperti menekan tombol power, menutup layar, atau saat perangkat dibiarkan menganggur. 

Adapun agar fitur tersebut bekerja dengan sempurna, aplikasi dan sistem perangkat harus benar-benar siap untuk melakukan transisi ke operasi daya rendah. Setelahnya, komponen hardware termasuk driver juga harus diatur dalam mode daya rendah juga.

Fitur Modern Standby ini pertama kali diperkenalkan ke sistem operasi Windows 10. Sebenarnya fitur ini merupakan ekspansi dari fitur Connected Standby yang ada di Windows 8.1. Fungsinya memungkinkan pengguna untuk melanjutkan kembali apa yang sebelumnya telah dikerjakan, hanya dengan mengangkat layar laptop yang tertutup. Perangkat hanya perlu terhubung melalui jaringan seluler atau Wi-Fi ketika dalam status tertidur. 

Fitur Modern Standby sendiri merupakan bagian penting dari proyek Intel yang bernama Project Athena, dan diprediksi bisa menjadi ‘game-changer’ untuk perangkat ARM berbasis Windows 10X di masa mendatang. 

Antarmuka yang sangat ringan, beragam fitur baru yang menarik, dan juga adanya fitur instant-on, always connected akan menjadikan perangkat laptop ARM berbasis Windows 10X sebagai perangkat yang handal untuk menggantikan keberadaan tablet. 

Leave a Reply

Send this to a friend