• Our Partners:

Windows-11

Windows 11 2022, Berikan Kontrol Penuh untuk Pengguna

Microsoft melalui Windows 11 2022 terlihat memberikan banyak fitur khususnya File Explorer, perusahaan memastikan bahwa mereka akan membekali perangkat yang terinstall Windows 11 2022 dari fitur lengkap File Explorer seperti tab. Namun ternyata, masih banyak fitur yang tidak kalah menarik dari File Explorer, Senin (03/10).

Kepopuleran fitur Tab di File Explorer Windows 11 2022 memang terbilang mengundang perhatian, khususnya bagi mereka yang memang telah lama menunggu perilisan ini. Meskipun sekarang belum bisa dirasakan langsung untuk beberapa versi Build OS, namun mereka bisa mengaktifkannya melalui ViveTool seperti pada artikel berikut.

Salah satu fitur yang tidak kalah keren ialah akses yang diberikan Microsoft kepada pengguna untuk mengetahui alasan mengapa tidak dapat menghapus berkas, umumnya ketika sebuah berkas sedang digunakan oleh program lainnya maka kita tidak dapat menghapusnya.

Tetapi, Microsoft sekarang telah memberikan fitur yang bernama ‘File Locksmith’ yang bisa langsung diakses melalui klik kanan. Nantinya akan ada fitur ‘What using this file’, yang berfungsi untuk memberikan informasi spesifik mengenai di mana berkas tersebut sedang digunakan.

Lantas, apakah memungkinkan untuk menghentikan/menghapus berkas? Tentu saja, fitur ini tidak cukup sampai di sini, melainkan akan memberikan kemampuan dari PowerToy’s untuk memperluas menu yang ditampilkan. Setelah diperluas, maka pengguna bisa langsung melihat berkas yang sedang digunakan.

Windows-11-locked-file-process-control

Menemukan dan Menghapus Berkas dari PowerToy Windows 11

Untuk menghentikan prosesnya, pengguna bisa langsung klik ‘End Task’ yang akan secara otomatis memproses menghentikan penggunaan berkas dari program mana pun. Setelahnya pengguna bisa menghapus berkas yang tersimpan.

“PR Adds merupakan salah satu fitur dari PowerTroy yang bisa digunakan untuk memeriksa berkas yang sedang diakses, sangat berguna ketika tidak dapat menghapus berkas karena sedang digunakan di program lain.” Tertulis pada deskripsi fitur.

Namun mengenai fitur yang mumpuni ini, Microsoft ternyata masih dapat tahapan pengembangan dan belum merilisnya. Saat ini, diperkirakan akan siap ketika mereka merilis fitur lengkap Windows 11 2022 beberapa hari lagi.

Kemungkinan juga fitur dari PowerToy ini akan tersedia untuk sementara bagi pengguna Insider Beta, karena masih dalam versi Beta dalam pengembangannya. Konsep ini tentu akan menjadi konsep yang baru, untuk memperluas jangkauan fitur dari File Exporer.

Bagaimana menurut Anda? Jika tertarik bagikan tanggapan Anda i kolom komentar.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend