• Our Partners:

best-printer-2022

Windows 11 2022 tidak Bisa Printing? Microsoft Konfirmasi Isu 

Isu mengenai kemampuan sistem untuk dapat terhubung dengan perangkat printer di sistem Windows memang kerap terjadi, beberapa bulan lalu ini menyerang pengguna Windows 10. Kemudian belum lama ini, pengguna Windows 11 2022 merasakan hal serupa. Menanggapi dengan cepat, Microsoft menyatakan akan kesalahan sistem di Windows 11 2022. Sabtu (01/10).

Microsoft telah lebih dari seminggu merilis Windows 11 2022, perusahaan juga telah mengumumkan bahwa mereka akan memberikan pembaruan secara bergilir untuk masing-masing versi Build OS Windows. Namun, pengguna yang mendapatkan pembaruan Windows 11 2022 menemui masalah.

Masalah yang mereka temukan rata-rata dialami ketika mengakses layanan Printing atau pencetakan. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa saat ini sistem Windows 11 telah menggunakan driver dengan model Microsoft IPP Class Driver dan Universal Print Class Driver.

Alhasil, dengan driver terbaru ini kemungkinan memang tidak cocok atau mengalami masalah lanjutan karena tidak dapat terhubung dengan perangkat printer dari berbagai merek. Bahkan, ada banyak kasus yang memungkinkan pengguna gagal sama sekali untuk terhubung.

Masalah ini hanya terjadi bagi mereka yang telah memperbaharui sistem ke Windows 11 2022, menanggapi akan hal ini pihak Microsoft mengatakan bahwa terjadi masalah pada beberapa fitur untuk konfigurasi perangkat printer.

“Masalah ini terletak pada sebuah pilihan ketika mengubah printer untuk menggunakan warna tinta, menggunakan pencetakan dua sisi, memilih ukuran kertas dan tipe kertas, dan lainnya.” Kata Microsoft dikutip melalui Neowin.

Sejauh ini pengguna yang merasakan masalah pencetakan hanya mereka yang menggunakan sistem Windows 11 2022. Microsoft belum memberikan perbaikan atas masalah yang sedang dihadapi oleh pengguna Windows.

Sedangkan untuk pengguna Windows 10 yang mengalami hal ini untuk pertama kalinya beberapa bulan lalu, tidak merasakan hal yang sama. Ada beberapa kemungkinan mengenai masalah ini, mungkin pengguna mencoba untuk memasang driver printer yang spesifik sehingga mengalami gagal cetak.

Bagaimana menurut Anda? Jika Anda mengalami hal yang sama dengan pencetakan ke printer, maka kemungkinan besar Anda telah menggunakan sistem Windows 11 2022, sehingga sistem tidak dapat terhubung dengan benar. Mengenai hal ini, pihak Microsoft mungkin akan meluncurkan pembaruan peningkatan fitur.

Editor: Hudalil Mustakim

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend