Windows 11 22H2 Miliki Fitur Mematikan Ikon Overflow di Area Notifikasi

Windows 11 22H2 Miliki Fitur Mematikan Ikon Overflow di Area Notifikasi

NESABAMEDIA.COMMicrosoft menerbitkan daftar perubahan yang ekstensif, yang merinci berbagai fitur baru, perubahan, perbaikan dan masalah umum setiap kali merilis build Windows 11 yang baru.

Terkadang, pembaruan itu berisi fitur yang tidak didokumentasikan, dan pengguna Insider malah menemukan fitur eksperimental yang tidak diumumkan Microsoft. Kemampuan untuk mematikan ikon overflow di area notifikasi adalah salah satu perubahan yang tidak didokumentasikan itu.

Windows 10 dan 11 memungkinkan pengguna untuk menampilkan atau menyembunyikan ikon aplikasi di sudut kanan bawah layar. Anda bisa menghapus aplikasi dari area notifikasi jika anda memiliki sedikit ruang yang tersedia, atau menyimpan semua ikon di Taskbar agar lebih nyaman. 

Windows Settings juga memungkinkan anda untuk memilih aplikasi apa saja yang akan selalu ada di sebelah jam dan aplikasi apa saja yang disembunyikan di menu overflow, di belakang tombol dengan ikon panah ke atas. 

Pada Windows 11 22H2, yakni pembaruan fitur utama yang akan datang, tampaknya akan memiliki opsi ketiga, yakni menghapus menu overflow dan mematikan semua ikon yang ada di dalamnya. Anda bisa menemukan saklar baru di Settings → Personalization → Taskbar → Other System Tray Icons → Hide Icon Menu. Mematikan menu ikon, nantinya hanya akan menyisakan indikator default, seperti jam, volume, baterai, jaringan, dan input bahasa.

Beberapa pengguna mungkin berasumsi bahwa mematikan ikon di area notifikasi akan memperburuk pengalaman, karena juga akan menghilangkan opsi Safe Eject Media atau indikator status OneDrive. Selain itu, anda juga tidak bisa lagi menutup beberapa aplikasi jika tidak muncul di sudut kanan bawah layar. 

Akan tetapi, anda bisa menghapus overflow itu dengan semua ikon yang tidak perlu, dan meninggalkan ikon dari aplikasi atau program yang paling anda butuhkan. Singkatnya, fitur baru ini memungkinkan anda membuat Taskbar menjadi sedikit lebih bersih, tanpa menu tambahan yang bisa diperluas. Sayangnya, Windows 11 masih kekurangan opsi “Show All Icons” yang sebelumnya ada di Windows 10.

Tampaknya, Microsoft memperkenalkan opsi untuk menyembunyikan menu ikon di suatu tempat selama proses pengembangan Windows 11 22H2. Rilisan awal Windows 11 tiak memiliki fitur semacam itu, dan catatan rilis untuk Build Pengembang juga tidak menyebutkannya. 

Yang disampaikan Microsoft hanyalah perusahaan tidak memiliki rencana untuk mengembalikan kemampuan memindahkan Taskbar. Menurut para teknisi Windows, fitur itu bukanlah fitur yang penting, meski pada kenyataannya itu adalah fitur yang paling diminta pengguna di Feedback Hub.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments