• Our Partners:

Windows 10 20H2 Masuki Masa Akhir Layanan (EOS) Bulan Depan

Windows 10 20H2 Masuki Masa Akhir Layanan (EOS) Bulan Depan

NESABAMEDIA.COMMicrosoft kembali mengingatkan para pengguna bahwa edisi Windows 10 versi 20H2 dan 1909 akan mencapai masa akhir layanan atau End of Service (EOS) pada tanggal 10 Mei 2022 mendatang. 

Dalam dokumen dukungannya, Microsoft mengatakan bahwa Windows 10 20H2 atau Pembaruan Oktober 2022, akan mencapai masa EOS bagi pengguna Windows 10 Home, Pro, Pro Education dan Pro for Workstations. Sementara untuk edisi Enterprise, Education dan IoT Enterprise akan mencapai masa akhir layanan satu tahun kemudian, yakni pada tanggal 9 Mei 2023.

Microsoft juga mengungkapkan dalam pengumuman yang terpisah bahwa edisi Windows 10 versi 1909 Enterprise, Education dan IoT Enterprise juga akan mencapai masa EOS bulan depan. 

“Pembaruan keamanan bulan Mei 2022 yang dirilis pada 10 Mei lalu, merupakan pembaruan terakhir yang tersedia untuk versi tersebut. Setelah tanggal tersebut, perangkat yang menjalankan edisi ini tidak akan lagi mendapatkan pembaruan keamanan dan kualitas bulanan yang berisi perlindungan dari ancaman keamanan baru,” ungkap Microsoft.

Hingga edisi Windows 10 1909 dan 20H2 ini mencapai masa EOS, Microsoft akan memaksa pembaruan fitur pada perangkat pelanggan dan perangkat bisnis yang tidak dikelola melalui Windows Update. 

Ini untuk memastikan perangkat yang mendekati EOS, dengan cepat akan mendapatkan pembaruan bulanan, keamanan dan peningkatan yang penting. Microsoft juga memberi pengguna daftar lengkap semua produk yang dukungannya akan dihentikan pada tahun ini.

Pada tanggal 21 Januari 2022 lalu, Microsoft juga mengumumkan mereka telah mulai melakukan peluncuran paksa dari Windows 10 21H2 ke lebih banyak perangkat yang mendekati masa EOS. Versi tersebut juga dikirimkan ke para seekers, yakni pengguna yang secara memeriksa secara manual pembaruan, di Windows 10 versi 2004 atau yang lebih bau melalui pengalaman pembaruan cepat yang mirip dengan pembaruan bulanan.

Jika anda saat ini menjalankan Windows 10 yang mendekati masa akhir dukungan dan tidak mendapatkan penawaran pembaruan ke Windows 10 21H2, maka anda bisa memeriksa secara manual melalui Windows Update. 

“Seperti biasanya, kami selalu menyarankan untuk melakukan pembaruan perangkat anda ke versi terbaru Windows 10 atau meningkatkan ke Windows 11 jika memang perangkat telah memenuhi syarat, untuk bisa mendapatkan manfaat maksimal dari kami,” jelas Microsoft.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend