Windows 11 Settings

Windows 11 Bisa Atur Jendela Rounded, Jadi Mirip Windows 10?

NESABAMEDIA.COM – Microsoft pada minggu lalu baru saja merilis pembaruan terbaru mereka dengan Windows 11 Insider Dev. Diisukan, Microsoft juga telah menyediakan pembaruan terbaru mereka yang mungkin akan dirilis beberapa hari lagi. Windows 11 kini memberikan akses kepada pengguna untuk mengatur tampilan jendela di desktop, Rabu (14/09).

Setelah akhirnya sukses menghadirkan fitur terbaru mereka di Windows 11, kini kita mendapatkan banyak fitur animasi yang termasuk diantaranya System Tray dan Settings di Windows 11. Kini, tampilan animasi dapat ditampilkan langsung melalui ViveTool.

Ternyata, bukan hanya itu saja yang diberikan Microsoft untuk penggunanya. Bagi mereka yang tidak menyukai tampilan jendela Windows 11 yang memiliki lekukan halus atau Rounded. Kini, Windows 11 memiliki fitur yang dapat digunakan untuk mengatur tampilan jendela.

Jendela di Windows 11

Jendela dengan Lekukan Halus di Windows 11

Seperti yang terlihat di atas, jendela di Windows 11 memang dibuat dengan lekukan yang lebih halus. Bagi pengguna Windows, ini merupakan fitur terbaru karena sebelumnya mulai dari Windows 8 dan 10, tampilan jendela khusus dibuat lebih tajam atau menekuk tajam.

Tampilan tersebut rasanya tidak terlalu mengganggu, karena Microsoft mencoba gaya baru mereka dengan tampilan yang minimalis. Namun kemudian, Microsoft kembali membawa tampilan yang sama dengan Windows 7 ke Windows 11, di mana memberikan tampilan yang menekuk halus atau Rounded.

Tampilan Jendela yang Tajam di Windows 10

Tampilan Jendela dengan Lekukan Tajam di Windows 10

Tampilan awalnya di Windows 10 memiliki lekukan jendela yang tajam, memperkuat kesan tegas yang ada di setiap jendela. Namun kini, pada pembaruan terbaru dari Windows 11 Insider Dev, Microsoft memberikan pilihan kepada pengguna untuk langsung memilih tampilan jendela yang mereka inginkan.

Untuk dapat mengubah tampilan lekukan jendelan pada Windows 11 ini, Anda hanya perlu mengunduh sebuah Tools yang disediakan oleh Oberrich yang disebut dengan Win11-Toggle-Rounded-Corners. Dengan menggunakan Tools  ini, maka Anda dapat mengubah tampilan jendela yang awalnya menukik halus menjadi leih tajam.

Untuk menggunakan fiturnya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menjalankannya sebagai Administrator. Secara otomatis, sistem Windows akan bekerja dengan cepat dan hanya menunggu beberapa detik saja sampai akhirnya tampilan jendela akan kembali seperti versi Windows 10.

Bagi Anda yang tidak mendapatkan perubahan sama sekali, maka Anda perlu melakukan Restart dan mulai kembali caranya dari awal. Mudah bukan?

Bagaimana tanggapan Anda? Jika Anda nyaman dengan tampilan UI dan UX Windows 11 yang sekarang, maka perubahan ini tidak perlu dilakukan karena sifatnya yang Optional.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend