Windows 11 Insider Dev

Windows 11 Insider Build 25201, Yuk Intip Fitur Baru Windows 11

NESABAMEDIA.COM – Setelah merilis pembaruan terbaru dari Windows 11 Insider Build 25201, sistem terbaru memang memiliki fitur tambahan seperti Widget Expanded. Namun, ternyata Microsoft memberikan beberapa fitur baru yang tersembunyi di Build terbaru ini, Jumat (16/09).

Perubahan yang diberikan Microsoft yang satu ini memang tidak terlalu terlihat, karena memang untuk dapat mengaktifkannya maka pengguna harus mengakses fitur ViveTool terlebih dahulu.

Pertama merupakan perubahan yang terjadi pada UI atau antarmuka di pengaturan waktu dan tanggal, pada tampilan lama Windows akan menampilkan tampilan yang klasik. Bahkan, pada pembaruan sebelumnya Windows 11 masih menggunakan antarmuka yang klasik untuk menampilkan fitur yang satu ini.

Windows 11 Date & Time

UI Lama

Tampilan baru untuk pengaturan waktu dan tanggal di Windows 11 Insider Build 25201 bisa diakses dengan menggunakan ViveTool, hanya dengan menuliskan kode Enable/id:39811196. Setelahnya pengguna akan mendapatkan tampilan pengaturan waktu dan tanggal yang lebih modern dan minimalis ala Windows 11.

Windows 11 Date & Time New

UI Baru

Untuk dapat mengaturnya, perlu mengakses laman Settings, Time & Language, Date & Time, Set the Date and Time Manually, kemudian pilih Change. Nantinya, setelah memasukkan kode dari ViveTool maka tampilan ini akan berubah menjadi versi terbaru.

Kedua, ialah perubahan dalam fitur Search Bar di Windows File Explorer. Sebelumnya, ketika pengguna ingin mencari berkas dengan kata kunci tertentu, maka perlu menekan tombol Enter untuk kemudian fitur Search Bar dapat bekerja mencari berkas sesuai dengan kata kunci.

Namun, dengan menggunakan kode ID di ViveTool maka fitur Search Bar ini akan bekerja secara langsung ketika pengguna ingin menuliskan kata kunci. Tanpa menekan tombol Enter maka Search Bar akan langsung mencari berkas sesuai kata kunci langsung pada bagian bawah Bar. Jauh lebih interaktif dan membawa kesan modern minimalis.

Untuk dapat mengaktifkan fitur ini, maka perlu mengakses ViveTool kemudian tuliskan Enable/id:38665217. Namun, proses pencarian ini akan disesuaikan dengan penyimpanan sistem, semakin banyak berkas yang ada di dalamnya maka akan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mencari berkas.

Bagaimana menurut Anda? Tertarik dengan fitur tersembunyi yang ada di Windows 11 Insider Build 25201? Bagikan tanggapan Anda di kolom komentar ya!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend