Windows 11 Mudahkan Anda Menyalin Jalur File atau Folder di File Explorer

Windows 11 Mudahkan Anda Menyalin Jalur File atau Folder di File Explorer

Terkadang, anda mungkin harus menyalin jalur penuh (full path) dari file atau folder yang ada di Windows 11 maupun Windows 10. Ini biasanya dibutuhkan ketika anda harus menempelkan jalur itu pada sebuah baris perintah atau alat seperti Windows Run. Atau ketika anda ingin menyalin lokasi sebuah file atau folder pada clipboard. 

Di Windows 10, anda bisa menyalin jalur penuh sebuah file atau folder jika anda menekan dan menahan tombol Shift pada keyboard dan melakukan klik kanan. Ketika anda menahan tombol Shift, menu konteks akan memiliki sebuah opsi baru yang bernama “Copy as Path”. Anda harus mengklik pada opsi tersebut untuk menyalin jalur penuh ke clipboard dan fitur ini bisa digunakan hampir setiap saat. 

Pada Windows 11, aktivitas menyalin jalur sebuah file atau folder akan menjadi lebih mudah lagi. Menu konteks kini akan menampilkan opsi “Copy as Path” secara default. Dengan begitu, anda jadi tinggal melakukan klik kanan pada sebuah file atau folder dan akan dimunculkan opsi tersebut, untuk kemudian menempelkannya pada aplikasi lain atau dialog tanpa harus menjelajahi lokasi secara manual.

Pada perilisan di masa mendatang, Microsoft juga akan memperkenalkan dukungan untuk pintasan keyboard yang baru. Pada build Pratinjau yang sudah ada di program Windows Insider, ketika anda memilih sebuah file atau folder di File Explorer, kini anda bisa menggunakan pintasan Ctrl+Shift+C untuk menyalin jalur. 

Seperti halnya opsi “Copy as Path” pada menu konteks, pintasan keyboard ini juga akan menyalin salinannya ke Windows Clipboard. Jadi jika anda menggunakan Windows Clipboard Cloud, maka anda bisa menyinkronkan konten anda di seluruh perangkat, yang juga termasuk perang Android ketika anda menggunakan aplikasi Swiftkey atau Your Phone.

Perlu dicatat bahwa lokasi dari “Copy as Path” ini tergantung pada konfigurasi sistem masing-masing perangkat, dan jalur yang disalin tetap akan mencantumkan tanda kutip. Jadi jika anda ingin menempelkan jalur pada kolom alamat di File Explorer untuk bisa langsung ke file atau folder itu, pastikan anda terlebih dahulu menghapus tanda kutip yang tersalin, sebelum memencet tombol Enter.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend