Windows 11 SE Tidak Dijual Terpisah dan Tidak Bisa Diinstall Ulang

Windows 11 SE Tidak Dijual Terpisah dan Tidak Bisa Diinstall Ulang

Awal bulan ini, Microsoft secara resmi mengumumkan keberadaan Windows 11 SE, sebuah versi ringan dari sistem operasi terbaru perusahaan, yang ditujukan untuk dipasang di perangkat laptop murah untuk kalangan sekolah. Salah satunya adalah Surface Laptop SE yang akan menggunakan sistem operasi ini, dan notebook pihak ketiga yang dijual untuk segmen pendidikan.

Kini, telah diketahui informasi lainnya bahwa setelah mencopot Windows 11 SE, pengguna tidak akan lagi bisa memasangnya di perangkat yang sama. 

Menurut laporan, Microsoft tidak berencana untuk mendistribusikan sistem operasi ini sebagai produk perangkat lunak mandiri. Ini artinya, pengguna tidak akan bisa memasangnya di perangkat yang sudah ada.

Lebih lanjut, jika anda mencopot sistem operasi ini, dan kemudian menggantinya dengan Windows 10 misalnya, maka anda tidak akan bisa kembali ke Windows 11 SE. Jadi, anda harus membeli perangkat baru jika ingin kembali menggunakan OS itu lagi.

Perlu dicatat juga bahwa Microsoft menerapkan hal yang sama pada lisensi Windows 10 dan 11 di perangkat berbasis ARM. Versi sistem operasi ini tersedia di perangkat baru, namun tidak dijual terpisah, sehingga pengguna tidak bisa memasang versi ARM Windows sesuka mereka bahkan di perangkat yang mendukung.

Ini adalah versi Windows 11 yang telah disederhanakan, di banyak aspeknya, dan telah dioptimalkan untuk organisasi yang berinteraksi dengan produk pendidikan Microsoft lainnya. Sistem operasi ini telah menghilangkan sejumlah fitur yang tersedia di Windows 11 untuk menyediakan alur kerja yang lebih lancar di perangkat laptop murah.

Sebagai informasi juga bahwa sistem operasi ini tidak akan memblokir pemasangan aplikasi dari sumber pihak ketiga, jadi ini tidak seperti mengulang apa yang telah dilakukan Microsoft dengan Windows 10 S, yang hanya mendukung pemasangan aplikasi dari Microsoft Store saja.

Meskipun Windows 11 SE secara alami bisa bekerja lebih baik dengan Edge, Office atau layanan Cloud Microsoft, ini tidak akan melarang pengguna untuk memilih aplikasi pilihan mereka. 

Kepala Pemasaran Microsoft, Paige Johnson mengatakan bahwa Windows 11 SE memberikan dukungan penuh pada perangkat lunak pihak ketiga, termasuk itu Zoom dan Chrome, jadi pengguna bisa menggunakan produk yang terbaik menurut mereka. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend