• Our Partners:

Windows Defender Jadi Penyebab Shorcut Terhapus di Windows 10

Windows Defender Jadi Penyebab Shorcut Terhapus di Windows 10

Microsoft hari ini telah memberikan konfirmasi atas masalah yang telah banyak dilaporkan oleh pengguna Windows 10, di mana ada beberapa masalah yang cukup serius yang mana menyebabkan terhapusnya semua Shortcut yang menggunakan format ‘.ink’. Microsoft kemudian buka suara terkait hal ini, Sabtu (14/01).

Pengguna Windows 10 mungkin sempat mengalami banyak kekesalan sejak kemarin, tepatnya pada tanggal 13 Januari 2023 yang semuanya mendapatkan masalah yang sama ketika mencoba untuk terhubung dan menggunakan layanan Microsoft Defender.

Layanan Security Intellegent dari Microsoft yang satu ini nyatanya membuat beberapa masalah yang cukup serius seperti menghapus semua Shortcut yang terpasang, di mana pilihannya ialah format .ink yang berlokasi di penyimpanan berikut; ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs.

Microsoft sendiri hari ini memberikan konfirmasi mereka, bahwa memang benar penyebab masalah ini disebabkan oleh gangguan dari Microsoft Defender. Tetapi tidak semua pengguna mendapatkan masalah serupa, hanya mereka yang menggunakan Microsoft Defender dengan versi 1.381.2140.0 yang mendapatkan masalah serupa.

Hal ini cukup menjengkelkan pengguna Windows 10, karena dengan Shorcut yang terhapus tersebut maka pengguna akan lebih lambat ketika mereka ingin mengakses aplikasi. Layanan Shortcut sudah menjadi semacan icon di sistem Windows, memberikan akses mudah untuk langsung membuka berkas, folder dan aplikasi hanya dalam sekali klik saja.

Beberapa pengguna dari situs Reddit juga memberikan sedikit tanggapan mereka, yang mana kemungkinan besar masalah serupa bukan hanya hadir di Windows 10 saja, melainkan mereka yang menggunakan Windows 11. Karena masalahnya bukan terjadi di sistem, melainkan di layanan Microsoft Defender yang juga ada di Windows 11.

Microsoft bertindak lebih cepat, terhitung sejak Jumat (13 Januari 2023) kemarin mereka telah memberikan tindakan lebih lanjut dengan menginvestigasi masalah yang menyebabkan gangguan di Windows 10 ini.

Tak beberapa lama kemudian, di hari yang sama Microsoft telah memberikan konfirmasi bahwa masalah ini telah selesai. Perusahaan menemukan adanya pengaturan Attact Surface Reduction Rule atau ASR yang mereka atur menjadi Audit Only. Setelah perusahaan mengubah pengaturan tersebut atau ASR, seharusnya masalah ini sudah teratasi.

Bagaimana menurut Anda? Beruntung Microsoft langsung bertindak lebih cepat dalam mengelola masalah yang dihadapi oleh sejumlah penggunanya, dan mungkin bisa mempersiapkan agar masalah ini tak hinggap ke pengguna Windows 11.

Editor: Hudalil Mustakim

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend