Windows Server Kini Dukung Pembaruan .NET Otomatis

Windows Server Kini Dukung Pembaruan .NET Otomatis

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mengatakan bahwa admin Windows kini bisa memilih pembaruan otomatis untuk framework .NET dan .NET Core melalui Microsoft Update di sistem Windows Server.

Opsi baru ini baru saja diluncurkan dan begitu anda memilihnya, itu akan menambahkan .NET Core 3.1, .NET 5.0 dan .NET 6.0 ke saluran pembaruan otomatis sebagai opsi ketiga di atas Windows Server Update Services (WSUS) dan katalog pembaruan Microsoft.

“Kami senang bisa mengumumkan bahwa mulai dengan bulan April 2022, kami akan menjadikan pembaruan bulanan untuk .NET modern tersedia untuk sistem operasi server melalui Microsoft Update. Jika anda tidak ingin server anda diperbarui secara otomatis, anda tidak perlu melakukan apa-apa. Tidak ada perubahan untuk sistem operasi klien yang akan tetap mendapatkan pembaruan melalui pembaruan otomatis, WSUS dan MU Catalog seperti sebelumnya,” ungkap Jamshed Damkewala, Principal Engineering .NET Manager di Microsoft.

Opsi baru ini ditambahkan sebagai jawaban atas permintaan pengguna, mengenai sebuah cara baru dalam memasang pembaruan .NET tanpa menggunakan alat penerapan, seperti halnya yang ada di platform Windows untuk klien.

Memilih opsi baru ini, akan memungkinkan para admin metode pilihan mereka untuk menjaga sistem operasi server mereka selalu diperbarui, terkandung dari pendekatan penerapannya. 

Cara Mengaktifkan

Anda bisa mengaktifkan pembaruan otomatis untuk .NET di Windows Server dengan mengatur kunci registry berikut ini:

HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoft.NET – AllowAUOnServerOS – dword:00000001

“Kami sangat senang mengirimkan pembaruan untuk .NET modern ke sistem operasi server melalui Microsoft update secara opt-in, dan ingin melihat bagaimana masukan dari anda atas pengalaman ini,” tambah Damkewala.

Pada bulan Desember 2020, sebagai tindak lanjut dari permintaan pengguna, Microsoft akhirnya mengirimkan pembaruan .NET dan .NET Core untuk pertama kalinya ke Windows melalui Microsoft Update, yakni lewat WSUS dan Katalog Pembaruan Microsoft untuk sistem operasi server dan pembaruan otomatis untuk sistem operasi klien.

Pada awal April 2022, perusahaan mengingatkan pengguna bahwa beberapa versi .NET Framework yang ditandai menggunakan Secure Hash Algorithm 1 yang tidak aman, akan memasuki masa akhir layanan pada akhir bulan ini. 

Microsoft juga berencana mengirimkan sebuah layanan Windows Autopatch baru di bulan Juli 2022, yang akan secara otomatis menjaga software Windows dan Office tetap terbarukan.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend