Windows Terminal Dapatkan Desain Baru Untuk Pengaturannya

Windows Terminal Dapatkan Desain Baru Windows 11

Salah satu aplikasi open-source buatan Microsoft kini mendapatkan peningkatan, agar bisa selaras dengan tampilan dan suasana baru Windows 11. Microsoft tampaknya sedang mengerjakan sebuah antarmuka pengaturan baru untuk Windows Terminal, yang merupakan alat perintah baris default bawaan sistem operasi tersebut.

Gambar dari desain ulang Windows Terminal yang diajukan, sepertinya telah diunggah ke Github dan kemudian dengan cepat mendapatkan pengesahan dari Microsoft, yang menunjukkan bahwa peningkatan signifikan untuk Windows Terminal akan segera datang.

Windows Terminal yang telah didesain ulang itu berbasis pada kontrol WinUI dan ini berisi juga halaman pengaturan baru. Perubahan visual ini diatur sedemikian rupa agar menyerupai aplikasi Windows 11 lainnya, seperti Windows Settings, Microsoft Paint, Notepad maupun Microsoft Store. 

Dalam press release-nya, pengembang dan desainer Pankaj Bhojwani menjelaskan bahwa tampilan baru untuk Windows Terminal diatur agar seperti tampilan Settings Windows 11.

Perubahan ini memperbarui gaya pengaturan Microsoft agar terlihat seperti ekspander, dan Microsoft juga kemungkinan mempertimbangkan peningkatan seperti, halaman action yang didesain ulang, skema color, penerapan gaya breadcrumb yang mirip dengan Windows Settings, dan juga tombol pengaktifan akan memiliki teks di samping kiri daripada di kanan.

Untuk saat ini, masih belum jelas apakah Windows Terminal yang baru juga akan menggunakan desain material Windows 11, yakni yang bernama Mica, yang hadir sebagai bagian dari Fluent Design. Tidak seperti efek akrilik, Mica ini diatur untuk bisa selaras dengan warna latar belakang dari jendela yang aktif di desktop, untuk membantu pengguna membedakan antara jendela yang terbuka lebih dari satu. 

Perlu dicatat juga, bahwa perubahan besar terakhir pada Windows Terminal membawa banyak sekali peningkatan untuk alat perintah baris tersebut. Di versi 1.10, Microsoft mengaktifkan kemampuan untuk mengedit tindakan dari antarmuka Settings dan memperkenalkan dukungan untuk efek akrilik yang diterapkan ke Title Bar. 

Efek akrilik yang baru bisa diaktifkan dari pengaturan atau pengguna bisa mengaktifkannya dengan kode ‘useAcrylicInTabRow” di file settings.json. Alat ini juga mendapatkan dukungan untuk kemampuan me-minimize jendela ke system tray menggunakan dua kode “minimizeToTray” dan “alwaysShoTrayIcon”. 

Pembaruan desain pada Windows Terminal ini juga akan hadir baik di Windows 10 maupun Windows 11, namun efek Mica hanya akan eksklusif untuk Windows 11. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend