Windows Terminal Kini Menjadi Aplikasi Inbox di Windows 10

Windows Terminal Kini Menjadi Aplikasi Inbox di Windows 10

NESABAMEDIA.COMMicrosoft kini telah mengelompokkan Windows Terminal sebagai aplikasi inbox, yang artinya akan disertakan sebagai aplikasi bawaan di versi Windows 10 berikutnya. Saat ini, Windows Terminal harus diunduh dan dipasang secara manual melalui Microsoft Store. Mulai dari Windows 10 Insider build 21337, Microsoft telah menjadikan Windows Terminal sebagai aplikasi bawaan saat memasang Windows 10.

Hal ini merupakan kabar yang baik, karena selama ini Windows Terminal merupakan salah satu aplikasi terbaik yang pernah dirilis Microsoft sejauh ini. Aplikasi yang lain mungkin adalah Windows Subsystem for Linux (WSL).

Sebagai informasi, Windows Terminal merupakan sebuah aplikasi open source yang memungkinkan pengguna untuk membuka banyak tab konsol di jendela yang sama secara bersamaan. Masing-masing tab konsol ini bisa terdiri dari shell yang berbeda, seperti Command Prompt, PowerShell, Linux shell yang terpasang di WSL atau shell kustom lainnya yang dipasang oleh pengguna. 

Windows Terminal ini merupakan sebuah aplikasi sistem yang sangat mudah untuk dikustomisasi sesuai selera pengguna. Pengguna bisa mengganti tampilan termasuk memodifikasi latar belakang, warna teks dan font. Microsoft telah menyediakan tema yang bisa digunakan pengguna, namun meski demikian pengguna bisa membuat tema mereka sendiri menggunakan file konfigurasi JSON.

Windows Terminal juga hadir dengan beberapa daftar fitur yang memudahkan pengguna, seperti tautan yang bisa diklik, dukungan Unicode, tema yang bisa diatur, sebuah daftar perintah, akselerasi GPU, tab terpisah, dan antarmuka pengaturan grafis yang akan datang nantinya. 

Meski nantinya Windows Terminal akan tersedia secara otomatis ketika memasang Windows 10, pengguna masih bisa memasang Windows Terminal versi pratinjau atau versi 1.7 melalui Microsoft Store. 

Memasang versi pratinjau tersebut, akan memungkinkan pengguna untuk mencoba sejumlah fitur baru sebelum dirilis untuk publik. 

Windows Terminal rupanya bukan satu-satunya aplikasi yang akhirnya dimasukkan sebagai aplikasi inbox. Ada juga Notepad dan Power Automate Desktop yang juga dijadikan sebagai aplikasi inbox. 

Aplikasi tersebut, termasuk Windows Terminal akan diperbarui melalui Microsoft Store, yang artinya aplikasi tersebut akan bisa mendapatkan pembaruan di luar dari jadwal pembaruan Windows 10. 

Leave a Reply

Send this to a friend