• Our Partners:

Windowsfx 11, OS Linux Mirip Windows 11 Tapi Tidak Butuh TPM

Windowsfx 11, OS Linux Mirip Windows 11 Tapi Tidak Butuh TPM

NESABAMEDIA.COMWindowsfx 11 adalah versi baru dari distribusi GNU / Linux yang dihadirkan untuk membawa sistem operasi gratisan menjadi lebih dekat ke pengguna Windows menggunakan kemampuan kustomisasi visual dan antarmuka yang fantastis dari Linux.

Windowsfx sudah memiliki versi kustom Windows 7 serta Windows 10 dan sebelum Microsoft menerbitkan versi final Windows 11, Windowsfx sudah memiliki versi baru yang didedikasikan untuk sistem operasi tersebut. Dan itu menawarkan apa yang diharapkan banyak pengguna selama ini.

Pratinjau Windowsfx 11 x86 mampu menyesuaikan antarmuka pengguna seperti apa yang ditawarkan Windows 11, tampilan visual umum dan ikon, Start Menu baru atau panel awal terpusat default, serta menggunakan Wine 6 untuk menjalankan aplikasi Windows.

Hal Baru dan Persyaratan

Para pengembang telah mengambil kesempatan yang ada untuk memperbarui kernel dan lingkungan desktop dari versi sebelumnya, menjaga basis Ubuntu dan dengan fitur-fitur berikut:

  • Kernel Linux 5.11 LTS.
  • Paket dasar: Ubuntu 20.04 LTS Neon.
  • Lingkungan desktop: KDE 5.22.5.
  • Dukungan executable Windows: Fx (build) Wine 6 untuk .exe dan .msi.
  • Tema: Linuxfx WxDesktop Windows 11 Tema.
  • Asisten suara: Helloa dan Google.

Adapun terkait persyaratan perangkat keras, di sini pengguna tidak akan dipersulit dengan kebutuhan Trusted Platform Module (TPM), UEFI, Secure Boot atau DirectX 12 seperti yang diminta oleh Windows 11, karena memang hal tersebut tidak ada yang diperlukan. Persyaratan minimum sangat ringan. Ini adalah benar-benar sistem operasi berbasis Linux yang ringan, meskipun anda akan selalu membutuhkan sesuatu yang lain untuk pengalaman yang lebih baik. 

Berikut persyaratan yang dibutuhkan:

  • Minimum: CPU Dual-core dan RAM 2GB.
  • Direkomendasikan: CPU 4-core dengan RAM 4GB.
  • Penyimpanan minimum: 20 GB.
  • Penyimpanan yang disarankan: 64 GB.

Instalasinya dilakukan seperti distribusi GNU/Linux lainnya atau versi Windows. Anda diminta mengunduh file ISO dari halaman resminya di Sourceforge, ‘burn’ ke DVD atau drive USB eksternal dan pasang. Jika anda ingin mencobanya tanpa mempengaruhi sistem yang telah anda pasang, tidak ada yang lebih baik daripada menjalankannya dalam format Live-CD. Dan jika anda bahkan tidak ingin melakukan burning image, Anda dapat mengunggahnya ke mesin virtual. Ini masih dalam versi beta dan stabilitas lengkap tidak dijamin.

Sebenarnya, banyak orang yang lebih menyukai pengembangan lain seperti Zorin, yang versi terbarunya juga mendekati visual Windows 11, tetapi tetap mempertahankan ciri khasnya. Bagaimanapun, di sini anda memiliki alternatif lain dengan Windowsfx 11, kekuatan Linux, basis Ubuntu dan pendekatan visual dan eksekusi aplikasi Windows 11.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend