Xbox Live di Windows Phone Dipensiunkan Mei Mendatang

Xbox Live di Windows Phone Dipensiunkan Mei Mendatang

NESABAMEDIA.COMMicrosoft baru saja mengumumkan melalui notifikasi di aplikasi Xbox di Android dan iOS bahwa layanan Xbox Live di Windows Phone akan dimatikan pada tanggal 16 Mei 2022. Langkah ini diambil satu tahun setelah dukungan resmi untuk Windows Phone sebagai platform berakhir, dengan pembaruan keamanan terakhir dikirimkan pada bulan Januari tahun 2020 silam. 

Mulai tanggal 16 Mei mendatang, game yang ada di layanan Xbox Live tidak akan lagi menyimpan progress permainan yang anda mainkan ke profil Xbox anda. Ini artinya beberapa hal seperti pencapaian atau penyimpanan data tidak lagi bisa digunakan. Banyak judul game yang masih bisa dimainkan setelah tanggal tersebut, namun komponen online sepertinya tidak lagi bisa berfungsi. 

Pengumuman di aplikasi Xbox itu berbunyi:

“Mulai tanggal 16 Mei 2022, fitur Xbox tidak akan lagi didukung di perangkat Windows Phone. Sebagai bagian dari perubahan ini, pencapaian yang didapat pengguna akan dinon-aktifkan. Beberapa game mungkin masih bisa dimainkan di perangkat, namun progres-nya tidak akan bisa tersimpan di profil Xbox anda.”

Penghentian dukungan layanan Xbox Live di Windows Phone ini akan menjadi kabar sedih bagi sejumlah kelompok gamer, khususnya mereka para ‘Achievement Hunter’, yang selama bertahun-tahun telah berusaha mengumpulkan dan membuka sebanyak mungkin pencapaian yang terkunci. 

Bagi para pemain yang harus menyelesaikan 100% pencapaian di setiap game yang mereka mainkan, kini mereka hanya memiliki waktu beberapa minggu saja untuk menyelesaikannya, sebelum itu benar-benar tidak lagi bisa diraih. 

Windows Phone sendiri sebagai sistem operasi telah dipensiunkan oleh Microsoft pada bulan Januari 2020, dengan pembaruan keamanan terakhir untuk Windows 10 Mobile. Setelah beberapa tahun mencoba untuk menghadirkan Windows ke perangkat ponsel, Microsoft akhirnya menghentikan upayanya itu. Kini mereka secara penuh berinvestasi dalam membangun aplikasi dan layanan untuk perangkat Android dan iOS. 

Sekarang, pengguna bisa memainkan judul game Xbox secara penuh di perangkat smartphone melalui aplikasi Xbox Game Pass, dan ada beberapa game yang memang dibangun khusus untuk iOS dan Android dengan integrasi Xbox langsung di dalamnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend