Xiaomi Akan Luncurkan Smartphone Dengan Sensor Kamera 200MP

NESABAMEDIA.COMXiaomi tengah fokus dalam pengembangan kamera untuk perangkat smartphone kelas premium mereka, dan kini sepertinya mereka tengah bersiap untuk meluncurkan sebuah smartphone baru yang hadir dengan sensor kamera yang lebih besar lagi dari sebelumnya, yakni sebesar 200MP.

Seperti yang dilaporkan, perusahaan smartphone asal Cina itu tengah mengerjakan sebuah smartphone yang akan menggunakan sensor kamera sebesar 200MP, yang akan menjadi sensor kamera terbesar yang pernah ada saat ini. Saat ini, sensor kamera paling besar yang digunakan oleh smartphone adalah sebesar 108MP.

Diyakini bahwa sensor itu akan dibuat oleh Samsung dan diperkirakan memiliki piksel 0,64um, yang lebih kecil ketimbang unit piksel di ISOCELL GN2 sebesar 1,4um. Untuk saat ini, belum ada lebih banyak informasi yang bisa didapatkan mengenai sensor kamera baru dari Xiaomi itu.

Sebelumnya, salah satu tipster terkenal dengan akun @IceUniverse mengungkap bahwa Samsung tengah berencana untuk meluncurkan sebuah inovasi sensor kamera terbaru untuk tahun ini, di bawah perusahaan ISOCELL yang akan memiliki sensor 200MP. 

Samsung juga telah memberikan petunjuk bahwa mereka tengah mengembangkan sensor kamera 200MP sebagai penerus dari sensor kamera 108MP yang ada di smartphone Galaxy S21 Ultra. Meskipun masih belum mendapat konfirmasi resmi, perusahaan asal Korea Selatan itu sepertinya akan menggunakan sensor kamera 200MP yang baru itu di smartphone flagship Galaxy S22 yang akan datang. Bisa juga sensor kamera baru itu akan dipasang di smartphone lipat terbaru mereka nantinya.

Ini bukanlah sensor kamera dengan besaran Megapiksel paling tinggi yang sedang dikembangkan oleh Samsung. Tahun lalu, mereka bahkan telah mengumumkan sedang mengembangkan sensor kamera 600MP untuk smartphone, meskipun pada dasarnya teknologi semacam itu membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk bisa dipasarkan secara komersial. 

Jadi akan lebih masuk akal dan realistis apabila lebih baik menunggu kehadiran smartphone baru dari Xiaomi maupun Samsung yang akan hadir dengan kamera 200MP, meski kemungkinan besar adalah Xiaomi yang akan lebih dulu menggunakannya di perangkat smartphone mereka dalam waktu dekat.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend