Xiaomi Geser Apple Sebagai Produsen Smartphone Terbesar di Dunia

Xiaomi Geser Apple Sebagai Produsen Smartphone Terbesar Kedua di Dunia

NESABAMEDIA.COMBerhasil menunjukkan pertumbuhan yang sangat menakjubkan selama pandemi, pabrikan asal Cina, Xiaomi kini dinobatkan sebagai pabrikan smartphone terbesar kedua secara global untuk pertama kalinya dalam sejarah perusahaan. Pada periode April sampai Juni 2021, Xiaomi mampu menggeser posisi yang sebelumnya diduduki oleh Apple. 

Sementara itu, Samsung masih menjadi pemimpin dengan 19 persen pangsa pasar atas penjualan smartphone mereka secara global. Xiaomi yang berada di posisi kedua, memiliki 17 persen pangsa pasar. Ini berdasarkan laporan dari lembaga analisa pasar, Canalys

Apple yang sebelumnya berada di bawah Samsung, harus turun ke peringkat ketiga dengan pangsa pasar sebesar 14 persen. Sementara di bawahnya ada Vivo dan Oppo yang juga masih tetap berada di peringkat keempat dan kelima, sebagai pabrikan smartphone dengan penjualan terbanyak di dunia. 

“Xiaomi mengalami pertumbuhan bisnis sangat cepat di luar negeri. Penjualan smartphone-nya meningkat lebih dari 300 persen di Amerika Latin, 150 persen di Afrika dan 50 persen di Eropa Barat,” kata Canalys menerangkan. 

Sembari bisnisnya berkembang, Xiaomi juga mengalami evolusi. Kini perusahaan itu telah mengalami perubahan model bisnis dari yang sebelumnya penantang, menjadi inkumben. Diyakini, keberhasilan perusahaan asal Cina itu tidak lepas dari strategi konsolidasi dengan rekanan dan pengelolaan stok lama perangkat smartphone yang mereka jual di pasaran. 

"<yoastmark

Meski demikian, Xiaomi masih condong ke pasar massal, dan dibandingkan dengan Samsung dan juga Apple, harga jual rata-rata perangkat Xiaomi masih sekitar 40 persen dan 75 persen lebih murah. 

Jadi dari fakta tersebut, prioritas utama Xiaomi tahun ini adalah untuk bisa menumbuhkan peningkatan penjualan perangkat kelas atas mereka, seperti Mi 11 Ultra. Namun, hal itu akan menjadi persaingan yang cukup keras, dengan Oppo dan Vivo yang memiliki misi yang sama. 

Pada kuartal kedua tahun 2021, penjualan smartphone global secara keseluruhan mengalami kenaikan sebesar 12 persen, di saat vaksin sudah mulai beredar di masyarakat, dan kebijakan new normal sudah mulai semakin banyak diterapkan. 

Di sisi lain, pabrikan smartphone juga bersaing ketat untuk bisa mengamankan pasokan komponen di tengah kelangkaan global. Namun Xiaomi sepertinya telah siap dengan semuanya, dan tidak bisa dipungkiri nantinya mampu menggeser posisi Samsung di papan atas.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend