Xiaomi Jadi Brand Smartphone Terbesar Dunia Kalahkan Samsung

Xiaomi Jadi Brand Smartphone Terbesar Dunia Kalahkan Samsung

NESABAMEDIA.COMXiaomi menjalani tahun yang sangat menakjubkan pada 2021 ini. Mereka berhasil mengalahkan Apple untuk menjadi brand smartphone terbesar nomor dua di dunia. Kini laporan terbaru mengungkap bahwa Xiaomi juga telah melengserkan posisi Samsung sebagai brand smartphone terbesar nomor satu dunia di kuartal kedua tahun 2021.

Menurut proyeksi bulanan terbaru yang diterbitkan oleh Counterpoint Research, Xiaomi telah mengambil alih posisi Samsung untuk menjadi brand smartphone terbesar di dunia. Data pada bulan Juni 2021, mencatat bahwa penjualan bulanan Xiaomi meningkat sebesar 26 persen, memungkinkannya untuk melampaui Samsung dalam hal volume penjualan smartphone bulanan secara global.

Data Counterpoint tersebut menempatkan pangsa pasar global Xiaomi di angka 17,1 persen, dengan Samsung sekarang di angka 15,7 persen. Capaian ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan, mengingat Xiaomi secara konsisten mengalami peningkatan kinerja selama 18 bulan terakhir, dengan seri Redmi yang mendorong sebagian besar penjualan secara global. 

Redmi Note 10 Pro juga menjadi smartphone di kelas budget yang tak mudah dikalahkan, dan Mi 11 Ultra setara dengan smartphone Android terbaik yang ada saat ini. Xiaomi mampu memperkuat portofolionya pada tahun 2021 ini.

Petinggi Xiaomi mengatakan bahwa lonjakan penjualan perusahaan sebagian besar karena pelonggaran pembatasan pandemi. Masalah yang dialami pabrik Samsung, di mana pabriknya yang ada di Vietnam ditutup karena Covid-19 juga memberikan angin segar kepada Xiaomi. 

Sejak Huawei terpuruk karena sanksi Amerika, Xiaomi telah melakukan upaya yang konsisten dan agresif untuk mengisi celah yang ditinggalkan. Seperti di pasar Cina, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika yang sebelumnya dikuasai oleh Huawei, mampu diambil alih oleh Xiaomi. Sementara Samsung terus mengalami kendala pasokan.

Namun posisi puncak yang diraih Xiaomi sepertinya tidak akan berlangsung lama, dan akan kembali direbut Samsung dalam beberapa bulan mendatang. Ini karena Samsung akan memperkenalkan smartphone Galaxy Z Fold 3 pada pekan depan, dan meluncurkan model baru dalam seri Galaxy A beberapa bulan mendatang. 

Namun dengan Xiaomi yang mampu memanfaatkan masalah yang dihadapi Samsung, jelas bahwa pabrikan asal Korea Selatan itu perlu memikirkan kembali strateginya jika ingin kembali di peringkat pertama brand smartphone terbesar dunia.

Leave a Reply

Send this to a friend