Xiaomi Kembangkan Smartphone Dengan Kamera Selfie Yang Bisa Berputar

Xiaomi Kembangkan Smartphone Dengan Kamera Selfie Yang Bisa Berputar

NESABAMEDIA.COMXiaomi dikabarkan baru saja mengajukan paten yang mengungkap bahwa mereka tengah mengerjakan smartphone baru yang akan menghadirkan kamera selfie yang bisa berputar. Paten ini diajukan ke lembaga hak cipta Cina pada bulan November 2020 lalu, dan baru terungkap beberapa hari yang lalu. 

Berdasarkan desain gambar yang telah bocor ke internet, smartphone tersebut memiliki desain standar seperti pada umumnya smartphone yang ada di pasaran. Layarnya menutup penuh panel bagian depan, dan terdapat kamera yang melingkar di bagian belakang. Sepertinya smartphone tersebut tidak memiliki banyak kamera, dan hanya memiliki dua modul saja. 

Smartphone Xiaomi tersebut kemungkinan akan memiliki colokan USB Type-C dan memiliki lubang speaker di bagian ujung bawah. Namun yang paling menyita perhatian dari paten yang diajukan Xiaomi itu adalah adanya kamera selfie yang bisa diputar. Kamera itu memiliki bentuk setengah lingkaran, dan bisa diputar 180 derajat dari bingkai bagian atas. 

Desain Smartphone Xiaomi Dengan Kamera Selfie Yang Bisa Diputar

Desain Smartphone Xiaomi Dengan Kamera Selfie Yang Bisa Diputar

Dua kamera modul tampak terlihat lewat gambar yang bocor tersebut. Jadi, kamera selfienya akan berperan sebagai titik balik pada smartphone itu. Cara kerjanya juga cukup sederhana. Pengguna harus membuka aplikasi kamera dan memilih kamera selfie. Kamera selfie di smartphone Xiaomi itu nantinya akan muncul dengan berputar 180 derajat terlebih dahulu. 

Dalam beberapa tahun belakangan, Xiaomi telah sering kali mengajukan paten dengan desain yang unik atau mekanik kamera yang aneh. Salah satu paten terbaru yang telah diajukan Xiaomi juga menampilkan tiga smartphone dengan desain geser dan kamera yang muncul dan bisa berputar. Menggunakan kamera flip di bawah layar, juga menjadi target lainnya dari Xiaomi.

Dilaporkan juga, bahwa smartphone tersebut saat ini masih dalam tahap pengembangan, dan tidak diketahui kapan bisa hadir di pasaran. Namun sepertinya pabrikan asal Cina itu cukup serius untuk bisa menghadirkan smartphone dengan desain yang inovatif. 

Fitur kamera selfie yang bisa berputar 180 derajat itu memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Hal baiknya adalah bahwa seluruh paneh depan, akan digunakan sepenuhnya untuk layar, dan tentunya akan menghasilkan tampilan yang bagus. Namun kekurangannya adalah kamera itu membutuhkan sebuah penggerak agar bisa berputar. Gangguan apapun yang dialami mesin penggerak itu, bisa menjadikan kamera selfie itu tidak berguna. 

Dalam paten kamera yang bisa berputar ini, Xiaomi tidak sendirian. Sebelumnya Oppo juga mengajukan paten pada teknologi kamera yang sama-sama bisa diputar. 

Leave a Reply

Send this to a friend