• Our Partners:

Oppo dan Thales Klaim Menjadi Yang Pertama Hadirkan eSIM 5G SA

Oppo dan Thales Klaim Menjadi Yang Pertama Hadirkan eSIM 5G SA

NESABAMEDIA.COMKemarin, Oppo secara resmi mengumumkan eSIM smartphone pertama di dunia yang mendukung jaringan 5G SA. Sebenarnya, ini bukanlah smartphone baru. Ini adalah smartphone Oppo Find X3 Pro yang telah mendukung fungsi eSIM saat pertama kali diluncurkan. Namun, Oppo melakukan kerja sama dengan Thales untuk memastikan bahwa perangkat tersebut menjadi yang pertama mendukung jaringan 5G SA di sebuah eSIM.

eSIM sendiri adalah sebuah SIM yang tidak perlu dimasukkan ke dalam smartphone seperti SIM Card tradisional pada umumnya. Sedangkan arsitektur Standalone Network (SA) menjadi salah satu arsitektur mainstream di jaringan 5G masa depan. Jaringan ini, bisa menghadirkan latensi lebih kecil dengan fleksibilitas lebih tinggi. 

Direktur Senior Oppo, Xia Yang mengatakan: “melalui kerja sama teknis dengan Thales saat ini, kami telah berhasil menghadirkan Oppo Find X3 Pro sebagai produk smartphone pertama di dunia yang menawarkan fungsi eSIM di jaringan 5G SA”. 

Sebagai informasi, Thales merupakan perusahaan asal Perancis yang menyediakan produk eSIM berbasis perangkat keras dan pengelola jaringan eSIM. Jam tangan pintar pertama Oppo dengan fungsi seluler built-in, seri Oppo Watch, diketahui juga menggunakan solusi eSIM yang disediakan oleh Thales. 

Saat ini, Oppo dan Thales telah memulai kerjasama penelitian dan pengembangan yang telah disepakati itu. Thales mengintegrasikan solusi eSIM mereka ke smartphone Oppo Find X3 Pro. Mereka juga melakukan beberapa peningkatan dalam adaptasi server eSIM, debugging, verifikasi dan banyak lagi hal lainnya. 

Kerjasama debugging jaringan itu dilakukan untuk memastikan bahwa sebuah smartphone bisa mendukung dua SIM Card dan sebuah eSIM secara bersamaan. Ini berarti, pengguna nantinya bisa menggunakan secara langsung dan bersamaan SIM Card tradisional dengan eSIM. Lebih lanjut, Thales harus bisa memastikan bahwa jaringan 5G SA telah aktif di sisi eSIM. 

Sehingga mereka pada akhirnya juga bisa dipastikan bahwa smartphone Oppo Find X3 Pro itu benar-benar menjadi smartphone pertama yang mendukung teknologi eSIM dengan jaringan 5G SA. 

Apapun itu, adanya kabar ini menjadi angin segar bahwa pengembangan eSIM masih terus dilakukan, meski banyak juga perusahaan elektronik lain yang tetap berkomitmen pada penggunaan SIM nano. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend