Xiaomi Perkenalkan Cyberdog, Perangkat Robotik Pertama Mereka Dengan Harga Terjangkau

Xiaomi Perkenalkan Cyberdog, Perangkat Robotik Pertama Mereka Dengan Harga Terjangkau

NESABAMEDIA.COMMelangkah pasar yang belum teruji yang selama ini masih dikuasai Boston Robotics, Xiaomi dikabarkan telah meluncurkan robot berkaki empat yang terinspirasi dari CyberDog.

Robot CyberDog ini diluncurkan bersamaan dengan smartphone Mix 4 baru Xiaomi. Dalam demonstrasi-nya, robot tersebut mampu melakukan backflips dan jabat tangan di atas panggung. Ini adalah terobosan pertama Xiaomi ke industri robotika berkaki empat dan ini adalah desain open source yang tujuannya masih belum diketahui dengan pasti sampai sekarang.

Perangkat lunak CyberDog, seperti yang dikatakan, adalah open source. Ide dari Xiaomi adalah membangun komunitas pengembang robotika yang kemudian dapat bermain-main dan berbagi aktivitas dan modul untuk dicoba dan dijalankan oleh CyberDog.

Semacam hewan peliharaan robot, proyek besutan Xiaomi yang berkaki empat baru ini, akan merespon perintah suara untuk mengikuti orang yang memiliki kontrol atau melakukan tugas sesuai perintah. Untuk kemampuannya, CyberDog ditenagai oleh chipset NVIDIA Jetson Xavier NX dan dilengkapi 11 sensor di sekujur tubuhnya untuk mengatur gerakan dan aktivitas instan.

Xiaomi telah menggunakan beberapa kamera dan sensornya yang dipasang di smartphone untuk mendukung robot anak anjing kecil lucu itu. Misalnya, ada kamera Intel RealSense D450 Depth di mana Xiaomi telah menambahkan lensa fish eye ultra-wide, sensor sentuh, GPS, dan enam mikrofon. Secara bersamaan, komponen tersebut memungkinkan CyberDog untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya dengan lebih baik dengan membuat peta navigasi secara real time untuk menghindari rintangan dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Anjing robot Xiaomi itu memiliki tiga port Tipe-C dan port HDMI untuk digunakan pengembang untuk melakukan pemrograman. CyberDog hadir dengan motor servo internal Xiaomi yang memberi si kecil kemampuan untuk berjalan, berlari, melompat. Ia bahkan dapat melakukan backflips dan diklaim mampu membawa muatan hingga 3kg, jika dibutuhkan.

Menurut Xiaomi, hanya 1.000 unit CyberDog yang akan dipasarkan pada awalnya untuk diteliti dan dipelajari oleh anggota “Komunitas Sumber Terbuka Xiaomi”. Robot tersebut dibanderol seharga Rp22 jutaan, yang merupakan harga yang sangat murah untuk sebuah robot semacam itu.

 

Leave a Reply

Send this to a friend