Xiaomi Ungkap Loop LiquidCool, Terobosan Teknologi Pendingin Smartphone

Xiaomi Ungkap Loop LiquidCool, Terobosan Teknologi Pendingin Smartphone

Pabrikan perangkat smartphone dan gadget yang berbasis di Cina, Xiaomi, mengungkapkan apa yang mereka sebut sebagai sebuah terobosan besar dalam teknologi pendinginan untuk smartphone. Mereka pun memiliki rencana untuk memperkenalkan sistem Loop LiquidCool ke dalam produk smartphone mereka pada paruh kedua tahun 2022.

Dalam sebuah pernyataan resminya, Xiaomi mengatakan bahwa teknologi pembuangan panas, yang terinspirasi oleh teknik yang digunakan dalam industri kedirgantaraan, memisahkan sirkulasi udara panas dan cairan pendingin, sekaligus mencegah aliran panas mundur.

Dibandingkan dengan opsi ruang uap (VC) konvensional, dikatakan oleh Xiaomi bahwa teknologi tersebut memiliki kemampuan pendinginan dua kali lipat dari yang ada saat ini, menjadikan Loop LiquidCool yang dikembangkan Xiaomi itu sebagai sistem pendingin smartphone paling efisien yang tersedia saat ini.

Selama pengujian game 30 menit menggunakan smartphone Xiaomi Mix 4 kustom, dengan VC asli diganti dengan modul Loop LiquidCool, Xiaomi mengatakan bahwa suhu perangkat itu tetap berada di bawah level maksimum 47,7℃ dan prosesornya 8,6℃, di mana suhu ini lebih rendah dari standar dengan sistem pendingin yang ada sekarang ini.

Xiaomi juga menjelaskan bahwa meskipun sistem generasi berikutnya menggunakan metode yang sama dengan pendinginan cairan CV, faktor bentuk baru tersebut mampu memberikan peningkatan efisiensi yang signifikan.

Pernyataan itu selanjutnya menjelaskan karena sistem VC konvensional tidak memiliki saluran terpisah untuk gas dan cairan, gas panas dan cairan dingin bercampur dan menghalangi satu sama lain, terutama ketika berada di bawah beban kerja yang tinggi. 

“Pompa yang berbentuk cincin memiliki desain pipa gas yang telah dibuat secara khusus, yang mengurangi hambatan saluran udara sampai dengan 30 persen. Dengan memungkinkan aliran uap yang lebih lancar, maka kapasitas perpindahan panas maksimum bisa meningkat sampai dengan 100 persen,” ungkap Xiaomi.

Dengan melihat hasil pengujian yang sangat memuaskan itu, teknologi Loop LiquidCool buatan Xiaomi itu tentu akan menjadi ‘Game Changer’ dalam hal peningkatan kinerja smartphone, khususnya pada modul pendingin. Kemungkinan besar, teknologi ini akan diterapkan utamanya kepada smartphone gaming buatan Xiaomi, yakni Black Shark ke depannya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend