Yang Baru di Windows 11 Windows Update Settings

Yang Baru di Windows 11: Windows Update Settings

Di kesempatan kali ini, nesabamedia.com akan berbicara tentang Windows Update Settings di Windows 11. Selain Start Menu yang didesain ulang, Taskbar, dan fitur lainnya, Microsoft juga telah membuat perubahan di aplikasi Settings-nya.

Dibandingkan dengan aplikasi Settings di Windows 10, aplikasi Settings di Windows 11 memiliki antarmuka baru dan nama baru untuk berbagai kategori dan halaman. Beberapa perubahan juga telah dilakukan pada kategori, halaman, dan opsi, dan Windows Update Settings adalah salah satunya. 

Windows Update Settings di Windows 11

Untuk mengakses halaman dan opsi yang tersedia di Windows Update Settings, buka aplikasi Settings menggunakan tombol pintas Win+I, dan klik kategori Windows Update yang tersedia di bagian kiri bawah.

Di bagian kanan, ada tombol Check Update yang digunakan untuk mengunduh pembaruan kualitas Windows dan pembaruan lainnya (jika tersedia). Tepat di bawahnya, bagian Opsi lainnya hadir di mana halaman Windows Update tersedia. Halaman-halaman ini adalah:

  • Pause Update
  • Update History
  • Advanced Options
  • Windows Insider Program

Pause Updates

Seperti namanya, opsi ini membantu pengguna dalam menjeda (pause) pembaruan Windows. Anda dapat melakukan penjedaan selama 1 minggu dan kemudian pembaruan Windows tidak akan tersedia hingga periode waktu tersebut. Windows 10 memiliki opsi untuk menentukan tanggal untuk melanjutkan pembaruan, tetapi Windows 11 tidak menyediakan fitur seperti itu (untuk saat ini). 

Jika mau, anda juga dapat melanjutkan pembaruan sebelum satu minggu menggunakan tombol Resume Updates yang akan tersedia setelah anda menjeda pembaruan.

Update History

Apakah anda telah mengunduh beberapa Pembaruan Fitur, Pembaruan Kualitas, Pembaruan Driver, dan atau pembaruan lainnya, halaman Windows Update Settings ini menunjukkan daftar semua pembaruan tersebut berdasarkan kategorinya. Anda hanya perlu memperluas kategori tertentu untuk memeriksa daftar pembaruan yang tersedia di dalamnya.

Untuk setiap pembaruan, anda dapat melihat nama dan tanggal pemasangan. Selain itu, anda juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang pembaruan di halaman dukungan resmi Microsoft menggunakan tautan yang diberikan.

Halaman riwayat pembaruan juga menyertakan bagian Related Settings. Anda dapat menggunakan bagian itu untuk:

  1. Akses halaman Uninstall update Windows
  2. Buka halaman Recovery Settings untuk mengatur ulang PC, mengakses opsi Startup lanjutan, dll.

Advanced Options

Opsi yang tercakup dalam halaman Opsi lanjutan ini adalah:

  • Active Hours: Menggunakan opsi ini, anda dapat mengatur rentang waktu untuk memberi tahu Windows kapan anda seringnya menggunakan komputer. Anda juga dapat mengatur opsi otomatis berdasarkan kondisi seperti apa, Windows akan secara otomatis mengatur jam aktif anda berdasarkan aktivitas harian.
  • Get Me Up To Date: Jika opsi ini diaktifkan, Windows akan memulai ulang perangkat anda untuk menyelesaikan pembaruan yang tertunda. Meskipun Windows tidak me-restart komputer anda selama jam aktif untuk menyelesaikan pembaruan, opsi ini akan mengabaikan fungsi itu. Windows juga akan memberitahu anda 15 menit lebih awal sebelum memulai ulang komputer. Ini akan membantu anda menyelesaikan pekerjaan dan mencolokkan pengisi daya jika baterai laptop terdeteksi rendah sehingga pembaruan dapat dipasang tanpa gangguan.
  • Download Updates Over Metered Connections: Jika anda memiliki koneksi internet yang memiliki data terbatas tetapi anda masih ingin mengunduh pembaruan Windows dengan koneksi tersebut, maka anda dapat mengaktifkan opsi ini. Windows tidak mengunduh pembaruan pada koneksi yang terbatas, tetapi opsi ini menonaktifkan fungsi itu.
  • Notify Me When Restart is Required to Finish Update: Jika opsi ini diaktifkan, anda akan menerima pemberitahuan di layar komputer untuk mengingatkan anda bahwa anda harus memulai ulang komputer untuk menyelesaikan pembaruan.
  • Receive Updates for Other Microsoft Products: Aktifkan opsi ini jika anda ingin menerima pembaruan Microsoft Office serta pembaruan produk atau layanan Microsoft lainnya bersama dengan pembaruan Windows.

Bagian Additional Options juga ada di bawah Opsi lanjutan yang memiliki beberapa fitur berguna. Ini adalah:

  • Pembaruan opsional
  • Delivery Optimization

Pembaruan Opsional

Bagian atau fitur ini mencakup pembaruan driver yang dapat anda unduh dan pasang ke komputer. Meskipun pembaruan otomatis Windows telah memperbarui driver perangkat, anda dapat menggunakan bagian ini jika memiliki masalah khusus terkait dengan perangkat yang terpasang. Cukup pilih driver dari daftar yang tersedia dan tekan tombol Unduh & pasang untuk memperbarui driver perangkat tersebut.

Delivery Optimization

Di fitur ini, anda akan memiliki opsi untuk:

  1. Izinkan unduhan pembaruan Windows serta aplikasi ke komputer anda dari perangkat yang tersedia di jaringan lokal atau dari perangkat yang ada di internet dan jaringan lokal Anda.
  2. Periksa statistik unduhan dan unggah statistik untuk pembaruan Windows. Klik pada opsi Activity Monitor untuk memeriksa statistik. Untuk statistik unduhan, anda dapat memeriksa penggunaan atau persentase unduhan dari Microsoft, dari PC di internet, jaringan lokal, dan server cache Microsoft. Dan, statistik unggahan menunjukkan penggunaan unggahan untuk PC di internet dan di jaringan lokal anda. Chart yang menarik juga disediakan untuk mengunggah dan mengunduh statistik.
  3. Setel batas bandwidth unduh dan unggah untuk aplikasi Windows, pembaruan Windows, dan produk Microsoft lainnya. Gunakan opsi lanjutan untuk ini. Meskipun Windows secara dinamis mengoptimalkan bandwidth untuk perangkat anda, anda memiliki opsi ini untuk mengatur bandwidth unduhan untuk pembaruan di latar belakang dan latar depan, mengunggah bandwidth untuk pembaruan ke PC lain di internet, dll.

Selain dua fitur utama ini, anda dapat menggunakan bagian Additional Options untuk mengakses:

  • Halaman Recovery Settings
  • Halaman Opsi Sign-in
  • Kebijakan pembaruan yang dikonfigurasi: Opsi ini akan menampilkan kebijakan yang diterapkan ke komputer anda oleh organisasi atau perusahaan (jika ada).

Program Windows Insider

Jika anda ingin mencoba fitur dan pembaruan baru sebelum rilis stabil Windows 11, maka anda dapat menggunakan halaman ini untuk bergabung dengan Program Windows Insider. Anda akan dapat memilih beberapa kanal yang tersedia:

  • Kanal Pengembang: Kanal ini untuk pengguna yang sangat teknis. Anda akan mendapatkan build pratinjau dari tahap paling awal dalam siklus pengembangan. Build tidak akan stabil dan akan ada banyak bug atau masalah dan tingkat stabilitasnya juga rendah. Selain itu, beberapa fitur dapat dihapus nanti ketika rilis stabil akan tersedia untuk umum.
  • Kanal Beta: Di kanal ini, pembuatan pratinjau akan lebih andal daripada kanal Pengembang. Ini juga merupakan saluran yang direkomendasikan untuk Insiders.
  • Pratinjau Rilis: Bergabunglah dengan kanal ini jika anda ingin mendapatkan versi Windows yang akan datang sebelum dirilis ke publik. Kanal ini menyediakan versi Windows 11 yang lebih stabil daripada dua kanal lainnya.

Bagaimana cara mematikan pembaruan otomatis di Windows 11?

Untuk mematikan pembaruan otomatis di Windows 11, ada dua opsi:

  1. Anda dapat mengakses kategori Windows Update dan kemudian klik tombol Pause atau Jeda selama 1 minggu untuk menghentikan Windows dari mendapatkan pembaruan. Opsi ini hanya menunda atau menjeda pembaruan Windows. Anda perlu menggunakan tombol itu lagi setelah satu minggu selesai.
  2. Gunakan Services untuk sepenuhnya mematikan pembaruan Windows. Di Services, anda perlu mengakses dan menonaktifkan layanan Windows Update dan layanan Windows Update Medic dengan menggunakan propertinya.

Di mana letak Windows Update Settings?

Windows Update Settings untuk Windows 11 dan Windows 10 tersedia di bawah aplikasi Settings. Di Windows 11, Windows Update Settings ada di bagian kiri bawah tempat semua kategori lain tersedia. Dan, di Windows 10, Windows Update Settings ada di bawah halaman Update and Security di bagian kiri atas.

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

Leave a Reply

Send this to a friend