Fitur Baru Aplikasi Youtube di Android

Youtube Tambahkan Sejumlah Fitur Baru, Mulai Dari Gesture Hingga Pengingat Jam Tidur

NESABAMEDIA.COMYoutube kemarin mengumumkan bahwa mereka telah menambahkan sejumlah penyempurnaan baru untuk meningkatkan kegunaan dan memasukkan beberapa fitur di dalamnya. Peningkatan ini diantaranya adalah penerapan gestur baru untuk mengubah layar ke tampilan full screen, penambahan fitur di video player dan fitur video Chapter serta banyak lagi yang lainnya.

Peningkatan pertama yang akan dibahas yakni peningkatan pada fitur yang baru saja Youtube perkenalkan yakni, fitur Video Chapter yang memungkinkan para kreator membagi video dalam beberapa segmen untuk lebih mudah dilihat oleh audiens.

Lebih detailnya, Youtube menambahkan tampilan daftar baru untuk melisting chapter yang dibuat dengan thumbnail yang disesuaikan, sehingga pengguna dengan mudah melakukan navigasi ke seksi yang mereka inginkan pada video.

Dibilang memudahkan, karena pengguna tidak lagi harus menggeser untuk mencari segmen yang mereka ingin lihat karena sebelumnya ditampilkan secara acak, atau bahkan tidak dimunculkan, dan harus mengunjungi channel yang ingin ditonton terlebih dahulu.

Sementara untuk video playernya juga mendapatkan pembaruan fitur yang menarik. Sebuah icon untuk mematikan fitur caption, kini tersedia dan muncul di player. Menghemat waktu yang dibutuhkan oleh pengguna untuk sekedar mengaktifkan atau mematikannya. Icon tersebut juga disertai dengan tombol autoplay yang dipindahkan di bagian atas player. 

Tambahan fitur lainnya yakni kemampuan untuk berpindah dari menampilkan waktu tersisa menjadi waktu penghitung mundur pada video hanya dengan mengetuknya. Mungkin beberapa pengguna telah mendapatkan fitur ini sebelumnya, namun kali ini Youtube membuatnya tersedia untuk seluruh pengguna.

Penambahan Fitur di video player Youtube

Penambahan Fitur di video player Youtube

Gestur baru yang ditambahkan Youtube juga patut untuk dibahas. Pengguna kini bisa melakukan swipe-up pada layar saat video diputar untuk mengubah tampilannya menjadi full screen. Ada sejumlah rekomendasi aksi yang dimunculkan di bagian bawah untuk memandu pengguna apakah hendak memutar arah video atau hendak menggunakan tampilan VR, tergantung dari jenis video. 

Terakhir ada satu fitur tambahan lagi, yang mungkin sangat membantu pengguna untuk mengatur waktu menonton jelang istirahat. Fitur Bedtime Reminders ditambahkan oleh Youtube agar pengguna bisa membatasi penggunaan aplikasi tersebut sebelum beranjak tidur. 

Sejumlah penambahan fitur ini hanya sebagian dari apa yang akan dihadirkan Youtube ke depannya dalam waktu dekat ini. 

Tags:

Leave a Reply

Send this to a friend