3 Cara Cepat Download Video di Youtube di Android dan PC (100% Berhasil)

Seperti yang kita tahu bahwa Youtube merupakan situs berbagi video yang saat ini kian meroket kepopulerannya. Youtube ini didirikan oleh mantan karyawan Paypal yaitu Jawed Karim, Chad hurley dan Steve Chan.

Dengan adanya Youtube ini, kita bisa menonton, mengunggah bahkan mendownload berbagai macam video yang ada disana.

Banyak orang yang ingin mendownload video yang mereka tonton di Youtube. Tetapi, sebagian dari mereka masih belum bisa bagaimana cara mendownload video di Youtube. Nah, pada artikel tutorial kali ini, saya akan berbagi bagaimana sih cara mendownload video di youtube.

Cara download video di Youtube

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda coba untuk mendownload video dari Youtube. Tetapi, beberapa cara yang saya sebutkan dibawah merupakan cara yang paling mudah dan cocok untuk anda yang masih belum bisa bagaimana cara download video di Youtube dengan cepat dan mudah.

#1 Tambahkan ‘ss’ pada url, beres deh
Cara pertama yang bisa anda coba adalah dengan menambahkan ss pada url video Youtube yang ingin anda download.

Sebenarnya cara ini sama dengan kita memasukkan url video Youtube pada situs video downloader online. Ada banyak sekali situs video downloader yang bisa kita gunakan seperti savefrom.net (seperti yang kita gunakan pada cara pertama), keepvid.com, clipconverter.cc dan lain sebagainya.

1. Buka video Youtube yang ingin anda download

2. Tambahkan ss pada url video yang ingin anda download. Misalkan url dari video tersebut : https://www.youtube.com/watch?v=mmvyiGACmPM jika ditambahkan ss menjadi : https://www.ssyoutube.com/watch?v=mmvyiGACmPM

tambahkan ss pada url video youtube

 

3. Anda akan dialihkan ke sebuah halaman untuk mendownload videonya

halaman untuk download video youtube

4. Pilih format video yang anda inginkan, entah itu MP4 480p, MP4 360p atau 3GP. Pastikan memilih format video yang tidak ada gambar ikon musik disilang, karena ikon tersebut menandakan bahwa format video yang dimaksud tidak ada suaranya. Lihat video tanpa suara itu gak enak loh, hehehe. 😀

pilih format video

 

5. Setelah anda selesai memilih format yang diinginkan, video akan ter-download secara otomatis. Jika tidak, pilih tombol Download untuk mendownloadnya.

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya bahwa ada banyak situs video downloader online yang bisa anda coba dan cara kerjanya pun hampir sama semua yaitu dengan memasukkan url videonya, pilih format videonya terakhir tinggal download videonya.

Update:

Beberapa browser populer seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox menandai situs video downloader online ini sebagai spam atau situs tidak aman, sehingga anda akan menemui error ketika menambahkan ss pada url video yang ingin anda download.

Maka dari itu, disarankan bagi anda untuk mencoba 2 cara lainnya yakni menggunakan add-ons atau menggunakan software seperti IDM. Atau jika ingin lebih lengkap, anda bisa juga menggunakan 5 alternatif lainnya yang bisa anda baca melalui artikel berikut ini.

#2 Menggunakan Add-ons/ Extention

Add-ons atau extention merupakan tool tambahan pada browser yang memiliki fungsi tertentu. Ada beberapa add-ons yang bisa kita gunakan untuk mendownload video di youtube, salah satunya adalah Easy Youtube Video Downloader.

1. Pertama-tama tambahkan add-ons Easy Youtube Video Downloader pada browser anda. Untuk Mozilla klik disini, dan untuk Opera klik disini.

2. Klik Add to Firefox untuk menambahkan add-ons tersebut.

klik add to firefox

3. Browser akan mulai mendownload add-ons tersebut, lalu klik install untuk menambahkannya.

klik install untuk menambahkannya

4. Jika add-ons sudah terinstall dengan baik, silakan buka video yang ingin anda download

5. Klik tombol Download As dibawah channel video, lalu pilih format video yang anda inginkan.

pilih download as

6. Pilih Save File, kemudian pilih OK untuk mulai mendownload videonya.

pilih save file, kemudian OK

Ada banyak add-ons yang bisa kita gunakan untuk mendownload video Youtube, tapi pilihan saya jatuh pada Easy Youtube Video Downloader karena simpel dan mudah digunakan.

Untuk pengguna Opera, jika sudah menambahkan add-ons tersebut, restart Opera anda dengan cara tutup semua tab atau klik tombol X pada pojok kanan atas jendela browser, kemudian buka kembali browser Opera anda.

Tutorial lainnya: cara membuat email baru

Sayangnya untuk pengguna Chrome tidak bisa menggunakan add-ons/ extention (meskipun tersedia di Chrome Web Store) untuk mendownload video Youtube karena pihak Chrome melarangnya.

#3. Menggunakan software

Cara terakhir yang bisa kita gunakan untuk mendownload video dari youtube adalah dengan menggunakan software. Saya cenderung lebih suka menggunakan IDM ketimbang software-software sejenis.

Seperti yang kita tahu bahwa IDM merupakan software downloader yang sudah menjamur di kalangan pengguna internet. Daripada repot-repot download software lain, mending menggunakan IDM saja.

1. Pertama-tama install IDM terlebih dahulu. Untuk menginstallnya, silakan baca artikelnya disini.

2. Buka video Youtube yang ingin anda download.

3. Klik tombol Download this video yang terletak di pojok kanan atas video.

klik tombol Download this video

4. Pilih format video yang anda inginkan, kemudian pilih Start Download untuk mendownload videonya.

download videonya

 

Saya tidak membatasi anda menggunakan IDM saja untuk mendownload video dari Youtube. Anda juga bisa menggunakan software lain seperti YTD Video Downloader, Freemake Video Converter dan lain sebagainya.

Penutup

Dari ketiga cara download video di youtube yang telah saya sebutkan diatas, cara pertama merupakan cara yang paling mudah dan praktis.

Mungkin ada cara lain yang belum saya sebutkan diatas? Jika anda mempunyai cara lain yang bisa digunakan untuk mendownload video dari Youtube, tidak ada salahnya berbagi melalui kolom komentar yang telah disediakan. 🙂

50 Comments

  1. Afui
  2. Hendry Adriansyah
  3. h Muh Basiran
  4. lintang_aln
  5. VERRYPTC
  6. Bandi
  7. sawizar sudin
  8. buyut
  9. hadi sunarto
  10. Nayla Diani
  11. armia jamil
  12. Tuty
  13. Tanro
  14. Siti Riyati Rahmani
  15. Rezki
  16. denbaguse ngarso
  17. Dewi
  18. Rizal
  19. agusschyfra
  20. dewi
  21. satria paath
  22. Ryo Hartono
  23. annisah
  24. Galih
  25. sofyan
  26. Johan
  27. Munasyaroh
  28. Nuru Syainie
  29. Agus Setiawan
  30. smrti
  31. rayap aspal
  32. sayyid
  33. Kholisoh
  34. Saifulloh Iksanul Amin
  35. ersa
  36. boy
  37. Dilla Mutmainnah
  38. noven falatehan

Ada pertanyaan atau komentar?