Windows 10 Chkdsk Bug Fix

Microsoft Berhasil Perbaiki Bug Chkdsk di Windows 10

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mengaku telah mengetahui isu baru yang berdampak pada pengguna Windows 10, di mana mereka mengalami gagal booting di perangkat setelah menjalankan Chkdsk untuk memperbaiki file sistem yang error. 

Sebagai informasi, Chkdsk sendiri merupakan sebuah utilitas perintah baris dan program bawaan di Windows 10, yang bisa digunakan untuk mengecek ukuran dan kapasitas sistem file dan juga untuk mengecek metadata dan error.

Meskipun pihak Microsoft tidak mengatakan versi Windows 10 mana yang menjadi penyebab isu baru ini, namun bug tersebut ditemukan dalam halaman khusus untuk pembaruan KB4592438 dan KB4586853 yang dirilis untuk Windows 10 versi 2004 dan 20H2 di bulan November dan Desember. 

Bug Chkdsk yang berujung pada gagal booting serta BSOD ini pertama kali muncul di Planet3DNow dan dilaporkan oleh seorang pengguna bernama Gunter Born. 

“Sejumlah perangkat yang telah memasang pembaruan ini, melaporkan bahwa ketika menjalankan perintah chkdsk /f, file sistem mereka akan menjadi rusak dan perangkat kemungkinan bisa mengalami gagal booting,” jelas Microsoft.

Masalah ini sekarang telah berhasil diatasi seperti yang diklaim oleh pihak Microsoft, untuk seluruh perangkat non-managed. Kemungkinan akan memakan waktu hingga 24 jam agar perbaikan ini bisa hadir di semua perangkat yang sebelumnya terdampak. 

Pihak Microsoft menyarankan, untuk mempercepat proses dan memberikan prioritas kehadiran perbaikan di perangkat pengguna, sebaiknya pengguna bisa melakukan restart perangkat secara berkala.

“Untuk perangkat managed pelanggan bisnis yang telah memasang pembaruan dan mendapatkan masalah ini, solusinya bisa memasang dan mengatur Group Policy spesial. Untuk mengetahui lebih jauh soal Group Policies, bisa mengunjungi halaman bantuan Group Policy Overview berikut ini,” kata Microsoft. 

Microsoft juga telah menyediakan langkah-langkah mitigasi bagi pelanggan yang sudah mencoba menjalankan Chkdsk dan secara tidak sengaja merusak sistem file komputer mereka. Untuk melakukan perbaikan ini, pengguna disarankan melakukan prosedur seperti berikut:

  1. Perangkat seharusnya bisa mulai beroperasi secara otomatis di Recovery Console setelah mengalami kegagalan beberapa kali
  2. Pilih Advanced Options
  3. Pilih Command Prompt 
  4. Begitu program Command Prompt terbuka, ketikkan : chkdsk /f
  5. Biarkan proses chkdsk menyelesaikan proses pemindaian, biasanya membutuhkan beberapa waktu. Begitu selesai, ketik : exit
  6. Setelahnya, perangkat seharusnya sudah bisa mulai berjalan seperti semula. Jika saat restart diarahkan ke Recovery Console, pilih opsi Exit and continue to Windows 10

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend