Pembaruan Windows 10 Berhasil Perbaiki Bug Yang Bisa Rusak Harddisk

Pembaruan Windows 10 Berhasil Perbaiki Bug Yang Bisa Rusak Harddisk

NESABAMEDIA.COMMicrosoft akhirnya telah memperbaiki sebuah celah kerentanan di Windows 10 yang bisa berpotensi memungkinkan para pelaku peretasan untuk merusak sistem operasi hanya dan harddisk dengan membuka folder yang telah dibuat khusus.

Berdasarkan sebuah laporan, Microsoft telah menambal bug di Windows Insider Build bulan Februari, sebelum dirilis ke semua pengguna Windows 10 lewat pembaruan Patch Tuesday minggu lalu.

Terlacak sebagai CVE-2021-28312, celah kerentanan tersebut telah dilaporkan terklasifikasi sebagai bagian dari metode serangan Distributed Denial of Services atau DDoS

Peneliti keamanan Jonas Lykkegard pertama kali menemukan bug yang termasuk dalam Zero Day di Windows 10 itu, pada bulan Agustus tahun 2020 yang lalu. Dikatakan bahwa kerentanan itu memungkinkan pengguna atau program, meskipun dengan hak akses paling rendah, menandai sebuah disk berbasis NTFS sebagai drive yang rusak, hanya dengan mengakses sebuah folder khusus.

Lykkegard mengatakan bahwa kerentanan tersebut mulai dijadikan bahan eksploitasi kemungkinan pada Windows 10 Build 1803, yang dirilis pada bulan April 2018. Yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah bug tersebut sangat mudah untuk dipicu. 

Cukup hanya dengan mengubah sebuah folder yang telah dibuat khusus, baik melalui aplikasi Command Prompt, File Manager, atau melalui cara lain, akan menyebabkan Windows 10 menandai sebuah drive sedang mengalami kerusakan. Pengguna pun kemudian akan diminta untuk melakukan reboot komputer, dan selanjutnya sistem akan menjalankan program Chkdsk. Karena sebenarnya drive tidak memiliki masalah, sistem membaca hal tersebut sebagai sebuah kegagalan pengecekan, sehingga memicu perangkat untuk melakukan booting yang berulang. 

Mengejutkannya, ditemukan juga beberapa aplikasi berbahaya yang dengan cepat mulai beredar lewat Discord dan media sosial lainnya yang memanfaatkan kerentanan itu untuk menjadikan pemasangan Windows 10 menjadi tidak berguna sama sekali. 

Untungnya, dilaporkan juga bahwa bug tersebut telah berhasil diperbaiki dengan Microsoft merilis pembaruan Patch Tuesday yang berisi sejumlah perbaikan dan penambalan bug yang telah dirilis pada minggu lalu. Jadi sangat disarankan untuk segera memperbarui perangkat Windows 10, untuk mencegah terjadinya potensi eksploitasi dari bug tersebut.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend