Inilah Pengertian dan Fungsi Keyboard pada Komputer, Sudah Tahu Belum?

Seperti yang kita ketahui, ada berbagai perangkat yang menyusun suatu komputer baik perangkat keras maupun perangkat lunak.

Salah satu perangkat keras yang digunakan dalam sistem komputer adalah keyboard. Sebagai perangkat komputer, keyboard memiliki definisi dan fungsi tersendiri yang harus dipahami terutama bagi mereka yang tinggal dizaman modern seperti sekarang ini.

Pengertian Keyboard

Keyboard dapat diartikan sebagai salah satu perangkat input komputer dimana keyboard berisi susunan huruf, angka, dan fungsi kontrol yang lain. Meskipun bukan satu-satunya perangkat input pada komputer, peran keyboard sangatlah penting karena sebagian perintah yang berupa teks dan komando lain yang dimasukkan ke dalam sistem komputer melalui keyboard.

Bentuk dan susunan keyboard pada komputer sebenarnya hampir sama dengan keyboard pada suatu mesin ketik, hanya saja ada beberapa fitur lain yang ditambahkan. Dengan kata lain, keyboard digunakan sebagai alat untuk menyampaikan data atau perintah dari seseorang ke dalam komputer yang selanjutnya data tersebut akan diubah menjadi bahasa pemrograman yang dimengerti oleh CPU dan kemudian akan diproses secara seksama.

Papan keyboard modern yang digunakan saat ini adalah hasil pengembangan keyboard yang dipatenkan oleh Christipher Scholes pada tahun 1868. Istilah keyboard saat ini juga tidak hanya mengacu pada papan ketik pada komputer, melainkan juga mengacu pada keyboard laptop dan handphone. Huruf yang tersusun pada setiap keyboard selalu sama yakni dalam susunan tombol Qwerty. Keyboard dengan konektor (port) PS/2 merupakan jenis keyboard yang ‘agak’ jadul di masa sekarang.

contoh keyboard USB

Contoh keyboard USB

Keyboard juga dapat dihubungkan pada CPU komputer lewat kabel USB maupun dengan perangkat lain seperti perangkat wireless atau Bluetooth yang juga menggunakan port USB. Berbeda dengan keyboard yang menggunakan kabel sebagai penghubungnya, wireless keyboard atau keyboard tanpa kabel dapat menyala hanya dengan menggunakan baterai.

Meskipun demikian saat ini juga dikenal virtual keyboard yang hanya mengandalkan software atau aplikasi tanpa adanya perangkat keras.

Fungsi keyboard dan susunan tombolnya

susunan tombol keyboard

Susunan tombol keyboard

Fungsi utama suatu keyboard adalah untuk memasukkan data maupun perintah pada komputer atau yang dikenal sebagai perangkat input. Dalam suatu papan keyboard terdapat huruf beberapa tombol dan lampu indikator yang menandakan keyboard berfungsi dengan benar. Susunan tombol tersebut meliputi :

1. Main Typing keypad

Merupakan papan ketik utama yang berisi huruf A sampai Z, tanda baca dan angka 1 – 0 yang digunakan untuk memasukkan teks ke dalam sistem komputer misalnya saat mengetik pada Microsoft Office atau pada browser internet.

2. Directional Keys

Empat tombol ini ditandai dengan karakter anak panah yang mengarah pada keempat sisi. Tombol ini berfungsi untuk menggeser kursor dan layar ke arah yang diinginkan.

3. Numeric/ Directional Keypad

Merupakan tombol yang berisi angka dan tombol pemindah kursor yang biasanya terletak pada sisi kanan main typing board. Tombol ini hanya akan berfungsi jika tombol fungsi Numeric key dinyalakan. Tombol ini akan memudahkan seseorang dalam mengetik dan memasukkan angka ke dalam sistem.

4. Function Keys

Tombol-tombol ini berada diatas tombol main typing keypad dan dapat dikenali dari tanda F1 hingga F12. Tombol-tombol ini berfungsi untuk mengatur beberapa perintah seperti menyimpan dokumen, memunculkan menu help saat mengetik di Microsoft word dan lain sebagainya.

5. Special Keys

Tombol ini ada dibagian atas tombol directional keys dan terdiri dari tombol Home, Delete, Page up, Page Down, Insert, Print screen, pause break dan End.

6. Modifier Keys

Yang termasuk dalam golongan keypad ini adalah tombol Ctrl, Alt dan Shift. Sesuai dengan namanya, ketiga tombol ini akan merubah atau memodifikasi fungsi suatu tombol lain dalam keypad dan bisa ditekan bersamaan tombol lain tersebut untuk memunculkan suatu perintah.

Misalnya tombol Ctrl yang ditekan bersamaan dengan huruf C akan secara otomatis menyalin data yang sudah dipilih pada monitor. Kombinasi tombol-tombol tersebut juga sering disebut sebagai shortcut keys.

8. Status light (Lock Keys)

Adalah indikator cahaya yang menandakan bahwa suatu tombol sedang digunakan untuk mengatur suatu fungsi misalnya tombol Caps lock yang memungkinkan data diketik dengan huruf kapital dan numeric lock yang digunakan untuk mengaktifkan tombol numeric key.

9. Windows keys

Biasanya pada keyboard pada komputer windows memiliki tombol yang bergambar logo Microsoft windows itu sendiri. Tombol ini berfungsi untuk memunculkan menu pada jendela windows pada komputer.

Dari penjelasan definisi dan susunan keyboard diatas maka kita dapat mengetahui dengan jelas bahwa fungsi keyboard memang jelas dipergunakan untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer misalnya dalam bentuk teks dan angka saat mengetik.

Tidak hanya itu keyboard juga berfungsi menggerakkan kursor dan monitor yang sedang digunakan agar lebih efisien atau jika mengalami kesulitan menggeser kursor dengan menggunakan mouse. Ada banyak jenis dan merk keyboard di pasaran, pastikan Anda memilih keyboard yang baik untuk komputer Anda agar perangkat dapat bekerja secara optimal.

One Response

  1. Atoh

Ada pertanyaan atau komentar?