10+ Aplikasi RAR Terbaik untuk HP Android, Paling Direkomendasikan!

Semakin banyak file, maka ruang yang dibutuhkan juga akan semakin banyak. Biasanya pengguna laptop atau PC menggunakan format file arsip seperti RAR dan ZIP untuk menyimpan file-file dalam satu tempat. Tidak hanya membuat lebih praktis dan mudah diakses, mengarsipkan file juga dapat mengurangi ukuran file.

Namun, kebanyakan orang membuat format file RAR hanya melalui laptop atau PC saja, hal ini karena di ponsel tidak tersedia fitur untuk membuat format tersebut. Namun, tahukah Anda bahwa saat ini sudah tersedia banyak sekali aplikasi yang memungkinkan Anda untuk membuat file RAR di ponsel Android.

Aplikasi RAR Terbaik

Aplikasi-aplikasi yang kami rangkum meliputi aplikasi untuk membuat file arsip, aplikasi untuk mengekstrak file arsip, dan juga aplikasi yang memuat kedua fungsi tersebut. Penasaran apa saja? Simak 10 aplikasi RAR terbaik berikut ini.

1. RAR by RARLAB

Aplikasi RAR Terbaik

RAR by RARLAB adalah aplikasi RAR terbaik sekaligus yang paling populer di kalangan pengguna ponsel Android. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 50 juta kali dan memiliki lebih dari 600 ribu pengguna.

Aplikasi ini bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk dapat mengekstrak file dan memadatkan file (membuat file berformat) hanya melalui ponsel Android. Selain format RAR, Anda juga bisa membuat file dengan berbagai format lainnya seperti ZIP, TAR, dan lainnya.

2. Easy Unrar, Unzip, & Zip

2

Selain RAR by RARLAB, Easy Unrar, Unzip, & Zip juga merupakan aplikasi RAR yang cukup populer di Play Store, telah diunduh lebih dari 10 juta kali dan memiliki lebih dari 140 ribu pengguna.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memudahkan Anda untuk mengekstrak file berformat RAR dan ZIP, hal ini berlaku untuk semua versi file RAR baik itu yang terlindungi kata sandi atau tidak. Selain itu, di sini Anda juga dapat membuat file berformat ZIP.

3. Simple Unrar

Aplikasi RAR Terbaik

Masih dengan aplikasi untuk Android, rekomendasi selanjutnya adalah Simple Unrar. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Simple Unrar memiliki fungsi yang lebih sederhana, yaitu khusus untuk unrar file atau mengekstrak file saja.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Root untuk HP Android, Cocok Sekali untuk Rooting!

Aplikasi ini cocok bagi Anda yang hanya butuh aplikasi untuk membuka dan mengekstrak file dengan format RAR. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengekstrak file RAR yang terlindungi kata sandi dan mengekstrak multi-bagian file tersebut. Sebanding dengan fitur yang ditawarkan, ukuran aplikasi ini sangat ringan hanya 3 MB.

4. Rar Zip Tar 7Zip File Explorer Private Vault

4

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi yang dikembangkan oleh BigD Ind. Aplikasi ini memiliki tampilan interface yang bersih dengan latar belakang biru cerah.

Dari namanya, Anda mungkin bisa menebak apa saja fitur yang tersedia di aplikasi ini. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk unrar, unzip, dan melihat file format ZIP, RAR, TAR tanpa harus melakukan dekompresi terlebih dahulu. Selain itu, aplikasi ini juga akan membantu Anda untuk kompres atau memadatkan file dengan format ZIP 7zip, dan gz.

5. Dekompresi Arsipkan Zip.Rar.7z.Tar

Aplikasi RAR Terbaik

Dekompresi Arsipkan Zip.Rar.7z.Tar adalah sebuah aplikasi ekstraktor yang menawarkan teknologi untuk mengekstrak file berformat RAR dan ZIP dengan kemampuan lebih cepat.

Dalam deskripsinya, aplikasi ini memiliki beberapa fitur unggulan, diantaranya yaitu mengekstrak file RAR, sekalipun yang dilindungi oleh kata sandi, mengekstrak file yang dipilih dari arsip, dan Anda juga bisa menyimpan file rusak di sini. Hal lain yang cukup menguntungkan dari aplikasi ini adalah ukurannya yang terbilang kecil, hanya 4.7 MB.

 

6. Es Pengelola Brankas

6

Es Pengelola Brankas adalah aplikasi pengelola file yang sangat populer di kalangan pengguna Android. Pasalnya aplikasi ini telah memiliki lebih dari 5 juta pengguna. Meskipun fitur utama bukan untuk mengelola file RAR, tetapi aplikasi ini memiliki fungsi untuk menghemat ruang disk dengan cara mengompresi atau memadatkan sejumlah file menjadi satu format dalam bentuk RAR dan ZIP.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Matematika Terbaik di HP Android yang Recommended

Aplikasi ini cocok untuk Anda yang mencari aplikasi pengompresi file sekaligus aplikasi untuk mengelola file. Fitur-fitur seperti file manager, transfer file super cepat, dan berbagai opsi penyimpanan yang tersedia akan cocok untuk Anda.

7. Extract File by AIO Studio

7

Extract File by AIO Studio merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengekstrak file maupun memadatkan file dengan cepat dan akurat. Aplikasi ini mendukung banyak format, seperti RAR, ZIP, TAR, GZ, BZ2, XZ, 7Z.

Beberapa fitur utama yang tersedia diantaranya yaitu dapat melakukan dekompresi dengan cepat meskipun file berukuran besar, dapat melihat atau pratinjau file tanpa melakukan dekompresi terlebih dahulu, kompres file RAR dan ZIP dengan kecepatan tinggi, dan memiliki pengatur file.

8. Zarchiever

8

Zarchiever adalah aplikasi pengelola file arsip yang memiliki tampilan sederhana. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat file dengan berbagai format seperti 7z (7zip), zip, bzip2 (bz2), gzip (gz), XZ, TAR.

Kemudian Anda juga dapat dekompres berbagai file arsip seperti ZIP, RAR, TAR dan masih banyak lagi. Zarchiever memungkinkan Anda untuk lihat isi atau pratinjau banyak sekali file arsip. Selain itu, Anda juga dapat mengedit arsip, seperti menambah maupun menghapus file dari file arsip.

9. Rar Extractor

9

Aplikasi RAR nomor sembilan adalah Rar Extractor. Aplikasi sederhana ini bisa Anda dapatkan secara gratis di Play Store dan ukurannya hanya 2 MB. Sesuai dengan namanya, Rar Extractor merupakan aplikasi yang memiliki fungsi utama untuk mengekstrak file RAR.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Lagu Qasidah Terbaik yang Paling Direkomendasikan

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung file yang diilindungi oleh kata sandi dan memiliki fitur untuk pratinjau atau melihat file sebelum diekstrak. Kelemahannya, aplikasi ini tidak mendukung file arsip dengan format lainnya selain RAR.

10. Unrar

10

Aplikasi terakhir yang kami rekomendasikan adalah aplikasi Unrar yang dikembangkan oleh Super Coder. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur, diantaranya adalah mengekstrak file RAR, melihat file RAR info, mengekstrak file RAR yang dilindungi kata sandi, mengekstrak arsip RAR multi bagian, melihat file dalam arsip, dan beberapa fitur pendukung lainnya. Untuk menikmati aplikasi ini tanpa iklan, Anda dapat memilih opsi berbayar,  dan aplikasi berukuran 6.7 MB ini dapat Anda nikmati tanpa adanya iklan.

Nah, itu dia 10 aplikasi RAR terbaik untuk pengguna Android. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend