10+ Aplikasi Matematika Terbaik di HP Android yang Paling Direkomendasikan

Dalam dunia pendidikan, terutama untuk siswa jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah, matematika merupakan bidang ilmu yang sangat penting. Tetapi, banyak orang yang menilai bahwa matematika sangat sulit untuk dimengerti sehingga menjadi momok bagi banyak siswa.

Bagi kamu yang merasakan hal serupa, tidak perlu khawatir dan takut lagi untuk menghadapi perhitungan matematika, karena saat ini banyak sekali aplikasi yang dapat mendampingi dan memandu kamu untuk menyelesaikan soal-soal sulit sekalipun.

Aplikasi Matematika

10 aplikasi ini merupakan aplikasi matematika terbaik yang kami rekomendasikan untuk kamu. Ada yang berfungsi sebagai kalkulator smart, ada yang berisi kumpulan rumus, dan bahkan ada pula aplikasi yang dapat menyelesaikan soal matematika secara magic. Penasaran? Yuk, simak 10 aplikasi matematika berikut ini.

1. Photomath

aplikasi matematika

Untuk kamu yang sedang mencari aplikasi yang dapat secara ajaib menunjukan hasil perhitungan matematika, maka kamu wajib mencoba aplikasi ini. Di sini yang kamu perlukan hanya memfoto soal matematika yang ingin diselesaikan dan Photomath akan langsung menghitungnya untukmu. Tidak hanya itu, di sini juga akan dijelaskan instruksi bertahapnya secara detail supaya dapat kamu pelajari.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Stem Gitar Terbaik dan Gratis untuk HP Android

Beberapa fitur yang akan didapatkan dari aplikasi ini diantaranya yaitu kamera kalkulator, pendeteksi tulisan tangan, instruksi bertahap, kalkulator cerdas, dan juga grafik. Beberapa jenis soal yang dapat dihitung oleh Photomath diantaranya adalah aritmatika, bilangan bulat, pecahan, angka desimal, akar, dan masih bayak lagi.

2. Rumus Matematika Lengkap

Screenshot_2018-09-21-03-59-28-1

Untuk kamu yang masih sekolah, kini ada aplikasi menarik untuk mengefektifkan kegiatan belajarmu. Aplikasi ini berisi rumus lengkap dari jenjang SD, SMP, dan SMA. Jadi, kamu nggak perlu lagi bolak-balik halaman buku untuk mencari rumus atau bahkan mencari buku angkatan sebelumnya untuk mendapatkan rumus yang kamu perlukan.

Lebih serunya lagi, aplikasi ini dapat kamu akses secara offline sehingga kamu bisa membukanya kapan saja dan dimana saja tanpa memerlukan data. Selain fitur rumus yang lengkap, kamu juga akan mendapatkan kumpulan trik cepat untuk membantu menyelesaikan soal matematika dalam waktu singkat.

3. Solusi Matematika

aplikasi matematika

Sudah mentok dalam mengerjakan soal matematika? Bingung mau tanya dimana? Ingin mendapatkan solusi yang instan dan disertai penjelasan? Solusi Matematika hadir untuk menjawab kebingunganmu. Dengan aplikasi ini, kamu akan mendapatkan jawaban soal matematika sekaligus mempelajarinya dari uraian yang diberikan.

Yang kamu perlukan hanya memilih kategori dari soal dan input soal matematika yang ingin diselesaikan. Kemudian aplikasi ini akan menjelaskan tahapan pengerjaan hingga memperoleh hasil penyelesaian. Dengan metode ini, kamu dapat belajar bagaimana menyelesaikan soal lain yang memiliki tipe serupa.

4. MalMath

Screenshot_2018-09-21-03-59-50-1

Salah satu aplikasi matematika yang cukup populer dan telah didownload lebih dari 5 juta kali. Tetapi, sebelum memulai menggunakannya, pastikan bahwa kamu mengerti bahasa Inggris karena semua penjelasan dalam aplikasi ini menggunakan bahasa Inggris.

Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa aplikasi ini sangat membantu siswa untuk memahami proses dalam menyelesaikan matematika, yang mana di sini akan dijelaskan langkah demi langkah dan disertai pula dengan gambar grafik. Jenis soal yang dapat diselesaikan diantaranya adalah integral, turunan, limit, trigonometri, logaritma, persamaan, dan aljabar. Terlebih, aplikasi ini dapat kamu akses secara offline.

5. MyScript Calculator

aplikasi matematika

MyScript Calculator merupakan aplikasi kalkulator Android yang dilengkapi dengan teknologi terkini yang sangat canggih. Mengapa? Kamu tidak perlu lagi mengetik untuk input angka yang akan dihitung, kamu hanya perlu menuliskan angka tersebut di layar, aplikasi akan mendeteksi tulisan kamu dan mengubahnya ke tulisan digital yang dapat dibaca ponsel.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Pemotong Lagu Terbaik untuk HP Android

Kemudian aplikasi ini akan menghitungnya dan mengeluarkan hasilnya. Beberapa operator yang didukung MyScript Calculator yaitu operasi dasar, exponensial, trigonometri, invers trigonometri, logaritma, dan konstan.

6. Cymath

Screenshot_2018-09-21-04-00-15-1

Untuk kamu yang sering kesulitan menyelesaikan soal aljabar dan kalkulus, kini terdapat aplikasi matematika yang secara spesifik dirancang untuk menyelesaikan permasalahan aljabar dan kalkulus. Cymath  merupakan math problem solver yang akan memandu kamu untuk mempelajari soal tersebut dengan penjelasan langkah demi langkah.

Topik aljabar yang didukung diantaranya adalah persamaan, pemfaktoran, logaritma, eksponen, persamaan kuadran, dan lain sebagainya. Sedangkan topik kalkulus diantaranya adalah product rule, questiont rule, chain rule, integral, dan masih banyak lagi.

7. Fraction Calculator

aplikasi matematika terbaik

Sesuai dengan namanya, Fraction Calculator merupakan aplikasi kalkulator yang dikhususkan untuk menyelesaikan operasi pecahan. Aplikasi ini tidak hanya menampilkan solusi jawaban, tetapi juga menjelaskan bagaimana proses pemecahannya. Sehingga kamu juga dapat belajar cara menyelesaikannya dan menghitung sendiri untuk soal lainnya.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Termahal di Play Store, Berfikir 2X untuk Membelinya!

Kalau kamu lebih akrab dengan angka desimal, aplikasi ini juga dapat meng-convert bentuk pecahan ke desimal secara akurat.  Ditambah lagi, ukurannya yang hanya 5 MB membuat aplikasi ini sangat ringan dan cepat untuk diakses.

8. Multiplication Table Kids Math

Screenshot_2018-09-21-04-00-39-1

Aplikasi yang direkomendasikan untuk Anda yang memiliki si kecil dan ingin melatih logika matematikanya. Multiplication Table Kids Math merupakan aplikasi yang dirancang untuk membantu anak-anak dalam memahami logika perkalian. Namun, tidak seperti aplikasi lainnya yang to the point, aplikasi ini membawa konsep teka-teki sehingga anak-anak tidak merasa bosan saat belajar, melainkan mereka akan merasa bahwa mereka sedang bermain game yang fun dan menyenangkan. Karena itulah, aplikasi ini sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan dan IQ anak.

9. Pintar Cerdas Matematika

aplikasi matematika smp

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Pintar Cerdas Matematika merupakan aplikasi yang membawa konsep permainan. Aplikasi ini cocok untuk anak-anak yang baru belajar operasi dasar, seperti penjumlahan dan pengurangan. Ada tiga level dalam aplikasi ini yang disusun berdasarkan tingkat kesulitannya. Level pertama untuk angka satuan, level kedua untuk belasan, dan level ketiga untuk puluhan. Melalui aplikasi ini, diharapkan siswa dapat lebih lancar dalam mengerjakan soal operasi dasar dan mendapatkan nilai memuaskan di sekolah.

10. Math Games

aplikasi matematika di HP android

Aplikasi nomor sepuluh ini merupakan aplikasi matematika yang disusun dengan model permainan. Aplikasi ini cukup populer dan telah didownload lebih dari 10 juta kali. Meskipun sama seperti aplikasi sebelumnya yang membawa konsep permainan, aplikasi ini memiliki cakupan yang lebih luas dengan jenjang yang lebih tinggi.

Kategori pembelajaran yang disediakan di sini yaitu penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, eksponensiasi, dan akar kuadrat.  Kamu dapat belajar tipe-tipe soal dari aplikasi ini dan melatih kecepatan berhitungmu.

Nah, mungkin itu saja 10 aplikasi matematika yang dapat kami rekomendasikan. Semoga list di atas dapat bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend