20 Tahun Berlalu, Teknologi HDMI Semakin Lebih Baik

20 Tahun Berlalu, Teknologi HDMI Semakin Lebih Baik

NESABAMEDIA.COMAnda mungkin masih ingat ketika mencoba mencolokkan kabel RCA berwarna merah, putih dan kuning yang lama, ke dalam soket yang benar.

Setiap perangkat yang bisa dihubungkan ke perangkat lain, dilengkapi dengan kabel ini, yang kini mungkin sudah berakhir di dalam laci karena tak lagi banyak digunakan. Sekarang, fungsionalitas HDMI 2.1 memberikan kecepatan refresh yang lebih cepat, resolusi video lebih tinggi dan kemampuan bandwith yang lebih tinggi untuk perangkat yang kompatibel. 

Ryan Curling, Manajer Pemasaran dari TCL mengatakan bahwa pengalaman menikmati tayangan di televisi pada 20 tahun yang lalu tidak bisa dibandingkan dengan tayangan yang sangat imersif yang ada sekarang ini. 

“Unit TV sederhana telah berkembang sangat jauh dalam menyediakan ruang bagi konsumen untuk tidak hanya terhibur, tetapi dengan fungsi tambahan seperti Google TV, konsumen benar-benar memiliki internet di ujung jari mereka,” ungkapnya. 

Namun perlu dicatat bahwa tidak semua HDMI 2.1 dibuat sama. Masalah sebenarnya bermuara pada bandwidth dan kecepatan refresh, di mana berapa kali layar melakukan penyegaran gambar di layar. Mata manusia akan melihat gerakan halus dengan kecepatan serendah 24 frame per detik (fps). Sebagian besar TV sekarang ini menawarkan salah satu dari dua kecepatan refresh, yakni 60Hz dan 120Hz. 

Kecepatan refresh 60Hz sangat mumpuni dan memadai untuk film dan game kasual, sedangkan bandwith yang lebih tinggi adalah yang terbaik untuk televisi berkinerja tinggi yang memanfaatkan bandwith lebih besar daripada konsol generasi terbaru. 

“Sayangnya, stiker HDMI 2.1 di kotak TV tidak menjamin bahwa tampilan yang dimaksud benar-benar mendukung fitur HDMI 2.1, yang mungkin dibutuhkan pengguna. Yang terbaik adalah dengan memeriksa ulang kemampuan dan fungsionalitas unit sebelum membeli. Itulah mengapa kami tidak hanya mengatakan HDMI 2.1, tetapi kami menetapkan HDMI 2.1 dan fitur tambahan yang mampu dilakukan oleh TV kami, sesuai dengan kemampuan layar,” tambahnya.

Akhir tahun ini, HDMI 2.1a akan hadir ke pasaran, dan akan menyertakan Source-Based Tone Mapping (SBTM). Ini memungkinkan sumber mengirim sinyal video yang memanfaatkan sepenuhnya kemampuan HDR tampilan tertentu dengan menyesuaikan outputnya. SBTM juga dapat digunakan oleh PC dan perangkat game lainnya untuk menghilangkan penggunaan manual untuk HDR.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend