5 Alasan Microsoft Edge Lebih Baik Dari Google Chrome

5 Alasan Microsoft Edge Lebih Baik Dari Google Chrome

NESABAMEDIA.COMMicrosoft memang memiliki sebuah dosa atas keberadaan Internet Explorer, dan oleh karena itu mereka meninggalkan browser tersebut dan beralih ke Microsoft Edge. Menariknya browser baru Microsoft tersebut menggunakan mesin yang sama dengan Chrome, sehingga bisa menawarkan kinerja dan mendukung ekstensi yang sama. 

Meskipun Microsoft Edge banyak dianggap sebagai jiplakan dari Google Chrome, namun Microsoft terus berupaya untuk bisa menghadirkan lebih banyak fitur dan kemampuan yang tidak ada di browser Chrome. Dan sekarang, Microsoft Edge dianggap pengguna lebih baik ketimbang Chrome. 

Tab Vertikal

Dengan sebuah klik, Microsoft Edge bisa menyusun tab browser berada di sebelah kiri layar, ketimbang berada di bagian atas. Fitur Tab Vertikal Ini mungkin akan terasa aneh pada awalnya, namun lambat laun pengguna akan merasakan bahwa ruang di atas kolom alamat akan hilang. Dengan menyematkan tab di sebelah kiri, pengguna bisa memasukkan lebih banyak tab ke layar tanpa harus kehilangan pandangan pada judul halaman, dan pengguna juga bisa menyembunyikan sementara sidebar, untuk mendapatkan ruang yang lebih luas.

Pasang Situs Sebagai Aplikasi

Pengguna juga bisa menjadikan situs yang sedang diakses menjadi sebuah aplikasi mandiri ke desktop. Fitur tersebut telah berhasil mengubah penggunaan web ke sebagian besar pengguna, yang memungkinkan mereka lebih cepat dalam mengakses layanan seperti Gmail, tanpa harus menjadikannya terkubur dalam tumpukan tab browser. 

Chrome memang menawarkan fitur sejenis, namun tidak lebih baik seperti yang ditawarkan oleh Edge.

Reader Mode

Menekan tombol F9 di semua halaman web, akan mengaktifkan Reader Mode yang akan menghilangkan semua iklan dan mengatur ukuran teks. Ada juga fitur Read Aloud, yang akan membacakan teks yang ada di halaman tersebut kepada pengguna. Pengguna bisa mengatur kecepatan bacaan dan bahkan memilih jenis suara yang muncul.

Koleksi

Fitur ini mirip dengan fitur bookmark, namun jauh lebih menarik, dengan adanya deskripsi halaman yang lebih detail, gambar kecil dan catatan khusus. Mengklik tombol + yang ada di dekat kanan atas layar akan menampilkan sebuah menu koleksi. Dari situ, pengguna bisa memulai menambahkan koleksi baru dan menyusun tautan. 

Perlindungan Pelacakan

Sementara Google masih terlalu ribet ketika memutuskan menghapus cookie dan pelacakan dari Chrome, Microsoft memungkinkan pengguna untuk bisa memblokir cookie pihak ketiga secara langsung. Bagian privasi menu pengaturan Edge menawarkan tiga tingkat agresivitas untuk melakukan pemblokiran pelacakan, ditambah opsi untuk selalu menggunakan pengaturan paling ketat untuk sesi penjelajahan incognito. 

Memblokir pelacak ini dapat menghentikan situs web untuk terus mengumpulkan informasi tentang pengguna saat menjelajahi web.

Leave a Reply

Send this to a friend