Fitur Tab Vertikal dan Web Capture di Microsoft Edge Telah Diperbarui

Fitur Tab Vertikal dan Web Capture di Microsoft Edge Telah Diperbarui

NESABAMEDIA.COMMicrosoft melakukan uji coba sejumlah fitur baru yang akan memungkinkan pengguna untuk bisa lebih baik lagi dalam mengelola browser Chromium Edge di Windows 10. Dalam sebuah postingan feedback, Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mempertimbangkan sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna menampilkan beberapa tab di bagian samping kanan jendela, ketimbang di bagian atas atau kiri (tab vertikal).

Saat ini, tampilan layout dari fitur tab vertikal memungkinkan pengguna untuk mengakses semua tab di bagian samping kiri jendela Edge, yang cukup berguna untuk menghindari tertutupnya jendela tab secara tidak sengaja dan menyusun beberapa tab sekaligus dengan menggunakan pintasan keyboard atau kursor. 

Kini Microsoft berencana untuk memungkinkan pengguna memindahkan tab vertikal yang sebelumnya berada di sebelah kiri, ke sebelah kanan layar. 

“Ini adalah sesuatu yang telah kami lihat banyak diminta oleh pengguna. Mereka tidak hanya mengirimkan permintaan itu secara langsung ke kami, tetapi juga ke sejumlah kanal media sosial yang kami miliki. Tim saat ini sedang meninjau item ini,” kata Microsoft dalam sebuah pernyataannya, namun tidak diketahui dengan jelas kapan fitur baru itu akan diperkenalkan ke browser. 

Opsi untuk mengubah posisi dari tab bisa membantu pengguna untuk meningkatkan pekerjaan mereka secara lebih efisien dan ada juga manfaat estetika yang akan disukai oleh banyak pengguna saat tab mulai muncul secara vertikal di lokasi yang telah mereka pilih. 

Ini juga akan mempermudah pengelolaan banyak tab secara bersamaan, terutama jika pengguna lebih suka tab berada di sisi kanan layar. 

Web Capture

Tahun lalu, Microsoft Edge telah diperbarui dengan sebuah fitur baru yang bernama Web Capture, yang pada dasarnya berfungsi untuk mempermudah pengguna dalam menangkap gambar halaman situs web yang mereka jelajahi secara penuh. 

Setelah pengguna mengambil screenshot atau tangkapan layar menggunakan Web Capture, pengguna bisa melakukan pratinjau, menyimpannya, dan membagikannya menggunakan fitur berbagi asli bawaan Windows 10. 

Sebuah penanda eksperimental baru menunjukkan bahwa Microsoft bahkan akan menambahkan opsi untuk mendeteksi berbagai bagian saat pengguna melakukan scrolling atau pengguliran di sebuah situs web dan memungkinkannya untuk memilih bagian tersebut saat menggunakan tangkapan layar. 

Selain dua peningkatan di atas, Microsoft Edge juga mendapatkan dukungan untuk pencarian tab dengan sebuah timestamp. 

Leave a Reply

Send this to a friend