5 Fungsi LAN Card pada Jaringan Komputer yang Wajib Anda Ketahui

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang fungsi dari LAN Card. Tapi sebelum kita masuk ke fungsi-fungsinya, kita harus mengetahui dahulu apa itu yang dimaksud dengan LAN Card. Pasti diantara kalian sudah mengetahui apa itu LAN Card atau bahkan anda sudah menggunakannya. Tetapi untuk anda yang belum mengetahui apa itu yang dimaksud dengan LAN Card, jangan khawatir karena nanti akan dijelaskan.

LAN Card adalah sebuah hardware atau biasa kita kenal dengan kartu jaringan pada satu perangkat komputer. Biasanya LAN Card ini digunakan untuk menghubungkan jaringan antar komputer satu dengan komputer lainnya. Contoh mendasar dari penggunaan LAN Card yaitu, biasanya sekumpulan anak laki-laki yang menggunakan LAN Card untuk dapat bermain Dota atau pun bermain vedo game lainnya bersama teman-temannya. Jadi, lebih singkatnya LAN Card sering digunakan untu bermain game secara multiplayer.

fungsi LAN Card

Bentuk dari LAN Card itu sendiri memiliki bentuk yang hampir sama seperti socket untuk jaringan telepon kabel. Tetapi LAN Card memiliki jumlah pin-pin yang lebih banyak dari pada socket untuk jaringan kabel. Lagipula, ia memiliki bentuk yang cenderung lebih pipih. Ada banyak jenis-jenis dari LAN Card, yaitu LAN PCI, LAN ISA, LAN Card Wireless, LAN Card Kabel, LAN USB. Dari masing-masing jenis LAN Card, Banyak memiliki manfaat.

Nah, dibawah ini anda adalah beberapa fungsi dari LAN Card yang harus anda ketahui, karena LAN Card sendiri memiliki banyak manfaat dan fungsi.

1. Dapat Berfungsi untuk Berkomunikasi dalam Satu Area atau Satu Gedung

fungsi LAN Card

Salah satu fungsi dari LAN Card yaitu dapat berfungsi untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang berada dalam satu area atau satu gedung. Tentu saja hal ini sangat penting bagi setiap orang, karena dengan lancarnya komunikasi mereka dapat berkoordinasi dengan orang-orang yang bekerjasama dengan mereka.

Terlebih lagi ketika di dalam suatu perusahaan. Apabila seseorang ingin menanyakan sesuatu, mereka hanya perlu melakukan chatting kepada orang yang bersangkutan, tanpa harus datang menemuinya. Mengingat gedung pada suatu perusahaan ada yang cukup luas dan besar, maka berkomunikasi secara langsung atau bertatap muka sangat sulit dilakukan.

Nah, disinilah LAN Card melakukan fungsinya untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya yang ada di gedung tersebut, sehingga mereka dapat berkomunikasi satu sama lain. Perlu diingat ketika telah terkoneksi dengan jaringan LAN, maka orang yang berada dalam satu gedung tersebut dapat berkomunikasi tanpa perlu menggunakan Internet. Hal ini juga dapat menghemat kuota Internet.

2. Mentransfer File atau Dokumen tanpa Terkoneksi dengan Internet

fungsi LAN Card

Pasti anda pernah menggunakan Internet untuk membagikan file atau dokumen kan ? Tetapi sebagian dari kita pasti sering kesal pada saat melakukan transfer file penting, Internet malah mengalami gangguan sehingga membuat proses transfer tersebut menjadi lambat bahkan terputus.

Nah, jika anda merasakan hal tersebut, maka anda harus menggunakan LAN Card. Karena LAN Card disini dapat berfungsi sebagai membagikan file atau dokumen tanpa terkoneksi dengan Internet. Sehingga anda tidak perlu menunggu koneksi Internet untuk melakukan transfer file ke seseorang.

Dari fungsi ini juga sangat bermanfaat untuk orang-orang yang bekerja di sebuah kantor, mereka dapat membagikan sebuah file penting dengan cepat tanpa bantuan Internet, karena dengan menggunakan LAN Card saja mereka sudah bisa membagikan file-file atau dokumen secara cepat tanpa hambatan.

3. Dapat Berfungsi untuk Bermain Game secara Multiplayer

fungsi LAN Card

Untuk para gamer mungkin LAN Card sudah tidak asing lagi di telinga mereka, karena LAN Card dapat membantu mereka bermain game secara Multiplayer dengan lancar. Sehingga membuat permainan semakin seru dan menyenangkan. Dengan menggunakan LAN Card, anda dapat bermain game bersama lebih dari satu orang pemain dalam permainan yang sama.

Tetapi anda dan temanmu harus berada si satu ruangan atau gedung dan dengan menggunakan akses local area network atau disingkat dengan LAN. Jika anda menggunakan jaringan ini, maka anda tidak perlu terhubung ke Internet. Hebat, bukan ?

4. Berbagi Koneksi Internet ke Satu Gedung atau Area

Berbagi Koneksi Internet ke Satu Gedung atau Area

Biasanya setiap komputer yang berada pada satu area atau gedung seperti perusahaan, sekolah, perkantoran, universitas dan lainnya sudah terhubung dengan koneksi internet. Hal ini dikarenakan LAN Card telah memegang teguh fungsinya tersebut dengan baik.

Karena LAN Card dapat berfungsi sebagai membagikan koneksi Internet ke komputer atau pun PC yang telah saling terhubung. Aktivitas ini hanya membutuhkan satu server saja, maka dari itu koneksi internet pun dapat anda nikmati di seluruh jaringan komputer atau PC dalam satu gedung. Dan untuk diluar gedung atau diarea luar banyak yang memanfaatkan menggunakan Wifi.

5. Berfungsi untuk Jaringan pada Warung Internet atau Warnet

Berfungsi untuk Jaringan pada Warung Internet atau Warnet

Tahukah anda bahwasanya LAN Card dapat dimanfaatkan untuk membuat sistem jaringan Inter ? Ya, LAN Card memang dapat dimanfaatkan untuk membuat sistem jaringan Internet , tetapi untuk membuat jaringan internet menggunakan LAN Card ini kita membutuhkan bantuan dari yang ahlinya.

Tetapi apabila anda bisa mensetting server dan LAN sendiri untuk dapat akses seluruh komputer yang ada di warnet itu lebih baik. Nah, fungsi LAN Card disini sangatlah penting untuk dapat mengaktifkan Internet ke seluruh komputer yang ada dengan menggunakan hanya satu server saja.

Demikian fungsi-fungsi dari LAN Card yang perlu anda ketahui, semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mempertimbangkan menggunakan LAN card. Dan artikel ini juga dapat membantu anda untuk belajar tentang komputer terlebih lagi pada pelajaran jaringan komputer.

Article Resources

Leave a Reply

Send this to a friend