• Our Partners:

5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Membeli Smartphone

Smartphone menjadi hal yang sangat penting bagi peradaban kita saat ini. Dimana smartphone dapat menghubungkan kita dengan orang lain, tidak hanya itu smartphone yang baik juga akan meningkatkan performa pada handphone untuk para gamers yang kesehariannya bermain game.

Standard kebutuhan smartphone juga diukur dengan kegiatan sehari-hari. Jika kamu menggunakan smartphone hanya untuk mengurum pesan dan bersosial media, kamu tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk membeli smartphone yang mahal seperti smartphone gaming.

Kamu dapat menghemat uang sekaligus mendapatkan smartphone apa yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Dibawah ini adalah beberapa hal yang paling wajib kamu ketahui sebelum kamu ingin membeli smartphone.

1. Chipset yang dipakai

Chipset

Image : KabarGames

Chipset adalah chip yang berukuran mikro yang terdapat di motherboard. Chipsetbiasanya sengaja dirancang untuk bekerja sama melakukan fungsi-fungsi tertentu dengan mikroprosesor tertentu.

Chipset juga memegang peran control komunikasi  antara perangkat eksternal dan prosessor. Menentukan kinerja system merupakan peran penting  yang dilakukan oleh Chipset.

Tidak hanya itu, fungsi lain Chipset adalah untuk mengkonfigurasi dan menganalisa seluruh peralatan tambahan yang ada. Dengan kata lain chipset juga merupakan otak dari smartphone kita.

Untuk kamu para pecinta games, jika ingin membeli smartphone gaming kamu harus memperhatikan hal yang satu ini. Karena chipset sangat berpengaruh penting dalam performa handphone saat bermain game.

Biasanya semakin besar angka yang terletak pada chipset, maka semakin bagus pula kualitasnya.

Macam-macam chipset yang dapat digunakan yaitu Mediatek, Exynos, Snapdragon, Nvidia Tegra, Omap dan PXA. Chipset yang paling baik dan ampuh pada saat ini yaitu Snapdragon 845.

Dijamin ketika kamu menggunakan smartphone dengan chipset Snapdragon 845, smartphone kamu akan mengakses lebih cepat tanpa Lag. Jadi cocok untuk kamu para gamers.

Smartphone yang sudah memakai chipset ini juga sudah mulai banyak, seperti Pocophone F1 by Xiaomi, Black Shark, Samsung Galaxy S9, Sony Xperia XZ2, dan Xiaomi Mi Mix 2S.

2. Layar atau Display

Display

Image : narodva.provda

Layar atau Display merupakan hal yang penting yang harus kamu ketahui sebelum membeli smartphone.

Perhatikan baik-baik performa pada display apakah layarnya cukup tajam, terang disaat ketika menatapnya di luar ruangan dan yang paling penting pastikan teks yang ditampilkan tidak terlihat buram saat kamu sedang membaca pesan atau pun ketika menjelajaahi web.

Pastikan kamu membeli handphone yang memiliki layar beresolusi HD 4800 x 1440. Karena tampilan warna dan teks lebih tajam di resolusi layar seperti itu.

Atau jika memiliki budget yang minim, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk membeli smartphone dengan display sebesar itu. Minimal kamu pastikan untuk membeli smartphone dengan resolusi 1920 x 1080p ke atas.

Selain resolusi, kamu juga harus memperhatikan ukuran sebuah display. Jika kamu hobi menonton film di smartphone, maka sebaiknya kamu harus memilih layar yang besar agar kamu nyaman ketika menggunakannya.

Sebaliknya, jika kamu termasuk orang yang simple, kamu bisa menggunakan layar yang lebih kecil agar nyaman untuk dibawa kemana-mana dan pas dikantong.

3. Baterai

Baterai

Image : Liputan6

Baterai adalah masalah yang paling utama pada setiap pengguna. Karena baterai yang berkapasitas besar menjadi hal yang sangat di butuhkan pada setiap orang.

Apalagi jika pengguna tersebut sering beraktifitas diluar rumah atau ruangan, maka baterai smartphone yang memiliki kapasitas baterai yang besar menjadi pilihan.

Kamu dapat memilih smartphone dengan kapasitas sebesar 4000 mAH ataupun 3000 mAH.

Dan jangan lupa untuk membeli smartphone yang telah memiliki fitur fast charging. Karena dengan itu kamu bisa menghemat waktu dalam me-charge smartphone, bahkan ada yang dalam waktu beberapa menit saja lho !.

4. Kamera

Kamera

Image ; Digital Trends

Teknologi kamera pada smartphone saat ini manjadi fitur favorit bagi setiap pengguna, terlebih lagi bagi kaum hawa. Tangkapan foto atau momen yang kamu dapatkan akan membuat social mediamu menjadi lebih menarik untuk di lihat.

Saat ini berbagai vendor smartphone sudah sangat mahir dalam mengolah kamera mereka agar hasilnya lebih terlihat smooth dan terang meskipun di ruangan yang memiliki sedikit cahaya.

Itu artinya kamu dapat menggunakan kamera tersebut tanpa harus khawatir hasilnya akan tidak bagus karena kekurangan cahaya.

Kamera smartphone pada saat ini pun sudah memiliki fitur dual kamera, dimana kamu akan mendapatkan tangkapan gambar dengan efek bokeh yang nyaris sempurna.

Dual kamera tidak hanya digunakan pada bagian belakang smartphone tetapi juga ada smartphone yang menggunakan fitur dual kamera di kamera depan.

Biasanya smarphone yang memiliki pixel dan kualitas kamera yang sangat bagus harganya jauh lebih mahal disbanding dengan yang lain. Jadi kamu harus menyiapkan uang ekstra untuk memiliki smartphone dengan fitur kamera yang mumpuni.

5. RAM (Random Access Memory)

RAM

Image : Youtube

Fungsi dari sebuah RAM adalah untuk membantu kinerja processor dalam menyimpan file yang bersifat sementara. Contoh yang paling dekat dengan penggunaan RAM yaitu ketika kita melakukan aktifitas yang bersifat multitasking seperti menonton youtube, bermain game, chatting dan lain-lain, maka history dari apa yang kita buka akan di simpan di dalam RAM.

Maka dari itu untuk menghemat sebuah RAM kita perlu rajin menghapus recent screen pada smartphone kita. Nah, fungsi dari besarnya RAM menjadi hal yang penting untuk meringankan kinerja dari processor dalam memperlancar kegiatan multitasking yang kita lakukan. Saat ini RAM yang tersediah sudah banyak varian, seperti 3 GB, 4 GB hingga 6 GB.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin membeli smartphone baru. Semoga dengan informasi diatas, kamu tidak salah pilih dalam membeli smartphone ya !.

Leave a Reply

Send this to a friend