7 Cara Mengatasi BBM Pending di Android, Buktikan Sendiri!

Pasti kamu pernah menggunakan BBM kan ? BBM adalah kepanjangan dari Blackberry Massanger ini merupakan aplikasi chatting yang  terkenal sejak tahun 2000-an. Awalnya BBM hanya tersedia di handphone Blackberry, tetapi kini telah tersedia di Android maupun IOS.

BBM juga merupakan aplikasi chatting yang sangat mudah di gunakan. Dan yang paling identic dari BBM adalah penggunaan PIN sebagai ID dari sebuah akun. Jadi untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain kita harus Invite orang tersebut dan mereka pun harus menerimanya. Jika sudah, berarti kita bisa untuk berchatting ria dengan mereka.

Tetapi ada salah satu masalah yang mengganggu dan sering dikeluhkan oleh pengguna Black Massanger selama ini, masalah tersebut membuat pesan yang ingin mereka kirim sering delay atau pending. Tentu hal tersebut membuat kamu kesal, kan?

7 Cara Mengatasi BBM Pending di Android

Nah, berikut cara untuk mengatasi BBM pending di Android :

1. Harus Matikan dan Hidupkan Kembali Koneksi Internet

Cara Mengatasi BBM Pending di Android

Image : portalinfo

Salah satu akar masalah yang membuat BBM sering pending yaitu disebabkan karena masalah pada koneksi internet yang saat itu kita gunakan. Maka dari itu, solusi yang harus kamu lakukan adalah memutuskan dan sambungkan kembali koneksi internet kamu.

Kamu bisa melakukannya dengan mengklik shortcut yang ada pada notification bar. Apabila tidak ada, kamu dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama kamu harus membuka menu Settings.
  • Dan kamu harus menuju ke menu Wireless Network yang ada di menu Settings tersebut.
  • Kemudian kamu dapat memilih Mobile Network.
  • Dan hilangkanlah tanda centang pada pilihan Mobile Data Traffic. Tunggu dalam beberapa menit dan keumudian kamu dapat memberikan centang kembali pada pilihan tersebut.

2. Mengubah APN

bbm

Image : UTB Blogs

Cara kedua untuk mengatasi BBM pending di Android yaitu dengan mengubah pengaturan pada APN-nya. Nah, pengaturan APN yang ada pada ponsel kita juga dapat membuat masalah, misalnya salah memasukkan proxy, port dan lain sebagainya. Untuk itu, kamu dapat mengatasinya dengan cara mencari terlebih dahulu setelan APN tersebut dengan benar untuk operator yang kamu gunakan.

Baca Juga: 2 Cara Menyembunyikan File / Folder di HP Android

Karena setelan APN pada setiap operator berbeda-beda.  Maka dari itu kamu harus mencarinya langsung di website operator yang kamu gunakan. Jika kamu telah menemukannya, maka kamu dapat melakukan beberapa langkah dibawah ini untuk mengubah setelan pada APN tersebut.

  • Pertama kamu harus membuka Settings.
  • Lalu kamu harus memilih menu Wireless Network.
  • Dan pilihlah Mobile Network.
  • Setelah itu pilih Access Point Names.
  • Dan terakhir kamu dapat mengisinya dengan pengaturan APN yang kamu dapatkan dari website operator yang kamu cari sebelumnya.

3. Membersihkan Cache pada handphone

Cara Mengatasi BBM Pending di Android

Image : sepenggal info

Cara yang ketiga yaitu dengan membersihkan Cache pada handphone. Cache adalah data sampah yang dapat memakan memori pada smartphone. Dan cache jugalah yang sering membuat masalah pada aplikasi BBM. Maka dari itu, kamu harus membersihkannya.

Kamu dapat membersihkannya dengan beberapa langkah di bawah ini :

  • Pertama kamu harus membuka menu Settings.
  • Lalu kamu dapat memilih Apps.
  • Dan scroll kebawah untuk mencari BBM. Jika telah ditemukan maka klik BBM dan tekan tombol Clear Cache.

Kamu juga dapat membersihkan cache dengan cara menggunakan aplikasi Clean Master yang ada di Play Store. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat membersihkan cache pada setiap aplikasi secara gampang dan mudah.

4. Update BBM Kamu ke Versi Terbaru

bbm

Image : helodroid

Cara selanjutnya untuk mengatasi BBM pending di Android yaitu dengan mengupdatenya ke versi terbaru. Bisa saja yang membuat pending pada aplikasi BBM kamu karena di sebabkan oleh BBM versi yang sebelumnya. Maka dari itu kamu harus mengubahnya ke versi terbaru.

Dengan mengupdatenya menjadi versi terbaru, kamu dapat memperbaiki segala masalah yang ada di versi sebelumny dan kamu akan dapat menikmati layanan yang terbaik dari aplikasi BBM tersebut.

Baca Juga: Cara Login Dua atau Lebih Akun Telegram di 1 HP Android

Nah, untuk melakukan update pada BBM kamu dapat pergi ke Play Store, dan pada tab Apps kamu dapat langsung mencari aplikasi BBM. Kemudian kamu harus menekan tombol update yang terdapat di sana.

5. Restart Android Kamu

Cara Mengatasi BBM Pending di Android

Image : Phandroid

Dengan melakukan Restart pada Android kamu, akan membantu menyelesaikan masalah apapun yang terdapat pada handphone kamu. kamu dapat melakukannya dengan cara menekan lama tombol power yang biasanya terdapat di sisi samping body android, dan klik tombol Restart.

6. Mengganti Jaringan Internet

jaringan

Image : Tokeknologi

Masalah yang sering terjadi pada BBM pending juga diakibatkan oleh jaringan internet yang lemah. Maka dari itu, kamu harus mengganti jaringan internetmu dari 2G ke 3G ataupun ke 4G.

Karena jaringan 4G merupakan jaringan yang sangat kencang saat ini. Cara untuk mengganti jaringan internet juga cukup mudah, gunakanlah cara-cara dibawah ini :

  • Pertama kamu harus membuka menu Settings yang ada di handphone kamu.
  • Selanjutnya kamu dapat mengklik Wireless Network.
  • Pada menu Wireless Network, kamu dapat memilih Network Mode.
  • Nah, pada Network Mode ini kamu dapat memilih jaringan yang kamu inginkan. Jaringan yang tersedia biasanya adalah GSM (2G), HSDPA (3G), dan LTE (4G). disarankan kamu memilih jaringan yang paling kuat, yaitu 4G. Selain mendapatkan akses yang cepat, kamu dapat menghemat baterai handphonemu.

7. Lakukan Force Stop pada Aplikasi BBM

force stop

Image : androidauthority.com

Apabila kamu sudah mengganti jaringan dan memastikan jaringan pada handphone kamu baik-baik saja tetapi BBM masih pending. Ada kemungkinan masalah tersebut berasal dari aplikasi BBM yang kamu install di handphonemu. Maka langkah yang harus kamu lakukan adalah melakukan force stop pada aplikasi BBM. Ikuti langkah-langkah di bawah :

  • Pertama kamu buka menu Settings.
  • Setelah itu kamu klik Apps.
  • Selanjutnya kamu scroll kebawah untuk mencari aplikasi BBM.
  • Jika sudah ketemu, kamu klik BBM dan klik juga force stop pada aplikasi tersebut.

Itulah ketujuh cara untuk mengatasi BBM pending pada BBM yang dapat kamu lakukan. Selamat mencoba !

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend