7 Cara Menghemat Baterai iPhone (Semua Tipe) yang Terbukti Ampuh!

Komunikasi yang saat ini sangat mudah digunakan dan diakses hanya dengan menggunakan smartphone. Komunikasi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja karena teknologi yang digunakan saat ini sangat mendukung berbagai situasi dan tidak terbatas jarak dan waktu.

Adanya teknologi komunikasi ini sangat mempermudah kehidupan dan berbagai aktifitas manusia, karena setiap aktifitas dan pekerjaan akan lebih mudah dikomunikasikan dalam waktu yang cepat.

Salah satu smartphone yang sedang menjadi tren saat ini adalah smartphone keluaran Apple Inc. Apple dipercaya sebagai produsen peralatan elektronik dengan kualitas menengah keatas. Adanya berbagai versi peralatan elektronik yang dikeluarkan oleh Apple, dapat menjadi referensi konsumen dalam memilih perangkat mana yang cocok untuk kebutuhan masing-masing.

Cara Menghemat Baterai iPhone

Salah satu produk yang dikenal dan digunakan masyarakat adalah Iphone. Iphone dihadirkan dengan berbagai macam versi dan fitur yang canggih. Namun, penggunaan iphone secara berlebihan juga dapat mempengaruhi konsumsi baterai sehingga baterai cepat habis. Nah, berikut merupakan cara menghemat baterai Iphone:

#1 Menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan

Cara Menghemat Baterai iPhone

Penggunaan berbagai aplikasi di Iphone memang mempengaruhi baterai yang tersedia. Semakin banyak aplikasi yang digunakan, maka semakin banyak pula baterai yang akan dibutuhkan. Kemampuan penyimpanan baterai menjadi semakin banyak digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi yang sedang diakses.

Selain itu, setelah menggunakan aplikasi dan tidak menutup aplikasi tersebut juga berakibat ke konsumsi baterai. Sehingga akan lebih baik jika anda ingin menghemat baterai, maka anda menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan. Menghapus aplikasi bukan berarti Uninstall aplikasi, tetapi hanya membersihkan aplikasi yang sedang berjalan.

#2 Mematikan animasi

Mematikan animasi

Animasi memang hal yang lucu dan dapat memperindah Iphone. Penggunaan animasi secara terus menerus juga dapat mempengaruhi baterai yang tersedia.

Karena dengan menggunakan animasi, maka kemampuan Iphone untuk menjalankan animasi akan lebih besar dan membutuhkan energi baterai yang cukup besar pula.

Sehingga ketika anda sedang ingin menghemat baterai, kami sarankan untuk tidak menggunakan fitur animasi pada Iphone anda. Hal ini ditujukan agar baterai Iphone lebih tahan lama.

#3 Menonaktifkan fitur Raise to Wake

Cara Menghemat Baterai iPhone

Fitur raise to Wake adalah salah satu fitur Iphone yang bekerja ketika anda mengangkat Iphone anda, maka layarnya akan menyala. Sehingga anda dapat mengetahui notifikasi apa saja yang masuk dalam Iphone anda. Namun, ketika anda dalam situasi yang mengharuskan anda untuk menghemat baterai Iphone anda, maka sebaiknya anda tidak perlu menggunakan fitur ini.

Karena kita tidak tahu berapa kali anda mengangkat Iphone anda, bahkan hanya menggenggamnya saja bisa mengaktifkan layar Iphone anda. Untuk itu, terlalu sering layar Iphone menyala juga dapat mempengaruhi konsumsi baterainya. Sehingga akan lebih baik jika anda menonaktifkan fitur raise to wake agar baterai anda tetap hemat dan bisa bertahan lebih lama.

#4 Menggunakan fitur Night Shift

Menggunakan fitur Night Shift

Fitur night shift ini sangat berguna ketika digunakan pada malam hari. Dimana anda tetap bisa memandang layar Iphone tanpa khawatir mata rusak. Fitur night shift ini dapat membuat tampilan layar lebih kuning sehingga nyaman untuk dilihat. Ketika anda dalam masa ingin menghemat baterai Iphone anda, maka akan lebih baik jika anda mengaktifkan fitur night shift ini.

Karena selain dapat menghemat baterai, anda bisa tetap nyaman menggunakan Iphone karena pencahayaan tidak terlalu terang. Untuk itu, ketika anda sedang menghemat baterai, sebaiknya anda mengaktifkan fitur night shift ini agar baterao tetap hemat dan tahan lama.

#5 Tidak menggunakan auto brightness

Cara Menghemat Baterai iPhone

Fitur autobrightness bisa anda gunakan agar anda tidak perlu repot mengatur tingkat pencahayaan yang sesuai dengan kondisi penerangan anda pada saat itu. Dengan fitur autobrightness pencahayaan Iphone anda akan otomatis mengikuti kondisi penerangan yang ada pada saat itu. Adanya fitur autobrightness, ada kelebihan dan kelemahannya.

Kelebihannya anda tidak perlu mengatur secara manual bagaimana tingkat keterangan layar Iphone anda. Namun, kelemahannya adalah baterai anda menjadi semakin cepat habis. Fitur autobrightness membutuhkan konsumsi baterai yang cukup banyak. Untuk itu, ketika anda ingin menghemat baterai anda, maka sebaiknya anda tidak menggunakan fitur ini.

#6 Menggunakan fitur low power mode

Menggunakan fitur low power mode

Cara terbaik jika anda sedang dalam kondisi menghemat baterai anda adalah dengan menggunakan fitur low power mode. Dimana semua aktifitas yang akan anda akses akan dikurangi tingkat konsumsi baterainya.

Sehingga baterai anda dapat lebih hemat dan lebih tahan lama. Adanya fitur low power mode ini sangat membantu pengguna Iphone untuk tetap menghemat baterainya meskipun harus mengakses beberapa aplikasi untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu.

#7 Menonaktifkan fitur lokasi

Cara Menghemat Baterai iPhone

Cara lain yang bisa digunakan sebagai cara menghemat baterai Iphone adalah dengan menonaktifkan fitur lokasi. Karena dengan anda menyalakan fitur ini, maka Iphone akan terus mendeteksi dimana lokasi anda berada.

Sehingga hal ini dapat menjadi penyebab mengapa baterai anda tidak bisa dihemat. Untuk itu, ketika anda sedang menghemat baterai, ada baiknya jika anda menonaktifkan fitur lokasi agar Iphone tidak terus menerus mendeteksi dimana lokasi anda berada. Karena hal tersebut berpengaruh ke konsumsi baterai.

Nah, ketika sudah tahu hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai Iphone, kini menghemat baterai bisa menjadi lebih mudah dilakukan. Cara menghemat baterai Iphone dapat anda terapkan dimana saja dan kapan saja.

Kini bepergian jauh ataupun dekat sudah tidak jadi masalah ketika kita sudah mengetahui cara menghemat baterai Iphone. Aktifitas yang bisa dilakukan dengan menggunakan Iphone bisa lebih banyak dan lebih lama. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend