• Our Partners:

Download HDD Low Level Format Tool (Terbaru 2024)

Download HDD Low Level Format Tool Developer: HDDGURU
OS: Windows 7, 8, 10, 11
Lisensi: Freeware
Ukuran: 1MB
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars Click to voteLoading...



HDD Low Level Format Tool adalah software untuk melakukan low level formatting pada harddisk. Teknik pemformatan ini biasanya dianjurkan untuk mengatasi masalah bad sector, tetapi juga bisa untuk masalah lain seperti untuk membersihkan HDD dari malware yang tidak bisa disingkirkan oleh software anti malware.

HDD Low Level Format Tool bisa anda gunakan tanpa membeli lisensi, tetapi kecepatannya tidak sekencang versi komersilnya (dikurangi hingga 50 MB per detik atau 180 GB per jam). Lisensinya juga hanya mengizinkan penggunaannya untuk lingkup pribadi, misalnya HDD di dalam laptop yang anda pakai di rumah.

Fitur-Fitur HDD Low Level Format Tool

Apa Itu HDD Low Level Format Tool?

Hampir semua pabrikan harddisk didukung oleh HDD Low Level Format Tool. Samsung, Toshiba, dan Hitachi juga termasuk diantaranya. Nama-nama besar lain seperti Seagate dan Western Digital, yang produknya bisa anda temukan di mana-mana, bahkan di toko komputer yang paling sederhana sekalipun, juga bisa diformat dengan menggunakan software yang satu ini.

HDD Low Level Format Tool mampu mendeteksi harddisk secara otomatis. Setelah anda mengklik tombol “Continue for free” yang selalu muncul setiap kali anda menjalankannya, HDD Low Level Format Tool akan langsung menampilkan semua nama harddisk yang terpasang di dalam komputer sehingga anda bisa memilih harddisk yang ingin anda format sebelum mengklik tombol “Continue”.

Di jendela selanjutnya, muncul tiga buah tab. “Device Details” adalah tab pertama yang isinya menampilkan informasi harddisk seperti ukuran buffer, mode LBA yang digunakan, kapasitas total dalam satuan byte, fitur keamanan, SMART, AAM (Automatic Acoustic Management), dan sebagainya.

Tab kedua adalah “LOW-LEVEL FORMAT” yang merupakan tempat dilangsungkannya proses pemformatan. Di situ anda juga akan melihat opsi “Quick Wipe” untuk menghapus partisi dan MBR (Master Boot Record). Mengenai kecepatan pemformatannya, tergantung dari spesifikasi, kapasitas, dan kondisi harddisk masing-masing. Kalau anda memiliki harddisk yang kapasitasnya sekitar 600 GB, prosesnya bisa memakan waktu lebih dari tiga jam.

Tab yang terakhir adalah tab SMART yang menyajikan hasil analisis kondisi HDDD yang dikumpulkan dengan menggunakan teknologi SMART. Untuk menampilkan hasil analisis tersebut, anda harus mengklik tombol “Get SMART Data”. Setelah itu jangan lupa untuk mengecek atribut SMART yang bernama Reallocated Sector Count.

Download HDD Low Level Format Tool

Setelah proses low level formatting selesai, harddisk perlu diformat lagi, tapi kali ini yang diterapkan adalah high level formatting. Tujuannya untuk menambahkan sistem file pada harddisk agar sektor-sektornya bisa digunakan untuk menyimpan file.

Selain untuk memformat harddisk, HDD Low Level Format Tool juga mampu memformat kartu memori. Namun, perlu anda ingat bahwa file-file yang ada di dalam media penyimpanan tidak akan bisa dipulihkan lagi, jadi lakukanlah backup untuk file-file yang penting sebelum anda memulai pemformatan. Download HDD Low Level Format Tool terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Editor: Muchammad Zakaria

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Nesabamedia.com:

Berita Terkini Seputar Teknologi

Kumpulan Tutorial Terbaru

Rekomendasi Produk Terbaik

Subscribe
Notify of
guest

6 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
nonamelah

ngulang lagi dari awal ;p

flasdisk rusak3 ngulang lagi dari awal.png
nonamelah

saking lamanya kepencet close, efek ngantuk

flasdisk rusak3.png
Muchammad Zakaria

Kwkwkwkwk biasanya proses tersebut tergantung drivenya juga sih gan

nonamelah

ini screenshotnya, selain software ini apakah ada software serupa lainnya terimakasih….

flasdisk rusak.png
Muchammad Zakaria

Alternatif lain sih bisa menggunakan Victoria SSD/HDD, tpi kurang tahu gan lebih powerful atau nggak.

nonamelah

saya lagi coba flashdisk saya yang rusak lumayan ada banyak