• Our Partners:

10 Aplikasi Ekstrak File RAR dan ZIP di PC / Laptop (Terbaik 2024)

NESABAMEDIA.COM – Kompresi file sangat berguna untuk menghemat ruang penyimpanan atau hardisk PC / laptop Anda. Karena mengkompresi file membuat file atau folder Anda yang semula berukuran besar menjadi berukuran kecil. Selain itu, manfaat kompresi file juga dapat memudahkan Anda dalam proses kirim mengirim file.

Semakin kecil file yang Anda kirim, maka semakin cepat pula prosesnya. Jika Anda mendapat file yang sudah terkompresi maka untuk dapat membaca atau membukanya Anda memerlukan aplikasi tambahan.

10 Aplikasi Ekstrak File RAR / ZIP di PC dan Laptop

Banyak sekali aplikasi yang tersedia untuk membuka atau mengekstrak file kompresi di PC ataupun laptop. Bahkan ada aplikasi yang sudah terinstal di dalam PC atau laptop Anda. Namun, tidak semua memilikinya.

Nah, artikel kali ini akan membahas tentang aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk mengekstrak file RAR / ZIP di PC ataupun laptop. Langsung saja, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

1. WinRAR

WinRAR

WinRAR merupakan aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuka dan menekstrak file RAR / ZIP di PC / laptop. Bukan hanya dapat mengekstrak file jenis RAR atau ZIP saja, tapi juga bisa mengekstrak jenis file kompresi lainnya misalnya CAB dan ARJ.

Aplikasi WinRAR tidak hanya menyediakan fitur membuka dan mengekstrak file saja, tapi dengan aplikasi ini Anda juga bisa membuat file arsip, menambahkan password atau kata sandi pada file, membagikan arsip menjadi volume terpisah, menguji file yang sudah diarsipkan, dan jika ada file yang rusak, aplikasi ini bisa memperbaikinya.

Tampilan yang dimiliki aplikasi ini sederhana dan mudah untuk dipahami. Fitur lainnya yang dimiliki aplikasi ini adalah enkripsi AES 128 / 256 untuk file atau arsip yang menggunakan password atau kata sandi. Terlihat jelas tombol – tombol besar yang ada di bagian atas aplikasi, seperti tombol Add, Extract To, Test, View, Delete, Find, Wizard, Info dan Repair.

Aplikasi WinRAR dapat Anda unduh secara gratis dan Anda bisa mencobanya selama 40 hari. Tapi, untuk bisa digunakan selamanya Anda bisa membayarnya sekitar $29 untuk sistem operasi Windows. Jika Anda suka sekali dengan fitur – fitur yang diberikan, maka aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan banyak fitur tersebut.

2. 7-Zip

Aplikasi Ekstrak File RAR / ZIP di PC / Laptop

Aplikasi 7-Zip adalah aplikasi open source dan tidak memiliki string, maksudnya Anda tidak akan dibebankan biaya lagi setelah Anda sudah menggunakannya. Aplikasi 7-Zip ini mendukung berbagai jenis format file yaitu RAR, ZIP, CAB, dan 7z.

Selain memiliki fitur membaca dan mengekstrak file, aplikasi ini juga bisa mengkompresi file ke dalam bentuk format file lainnya seperti WIM, TAR, RAR, ZIP. Aplikasi ini memiliki tampilan yang terlihat rapi dan bersih dengan tombol yang berwarna – warni menjadikannya mudah untuk digunakan.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur keamanan dengan menggunakan password atau kata sandi pada file Anda. Dan aplikasi ini menggunakan enkripsi AES-256. Namun, aplikasi 7-Zip saat masih tersedia hanya untuk sistem operasi Windows.

3. WinZip

WinZip

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini lebih dikenal untuk format file ZIP. Tapi jangan salah, aplikasi ini juga dapat membaca dan mengekstrak jenis format file lainnya, diantaranya seperti RAR, ISO, CAB, 7z, dan lain sebagainya. Aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang sangat sederhana, dan proses untuk membuka atau mengekstrak file pun tidak memakan waktu yang lama.

Aplikasi WinZip ini juga mampu mengkonversi dan melindungi file Anda menggunakan fitur enkripsi AES 128 dan 256 bit. Fitur lainnya yang bisa Anda nikmati adalah Anda dapat mengubah foto dan menambahkannya watermark, menyimpan dan membagikan file secara cepat melalui email, clipboard, atau melalui penyimpanan awal seperti Dropbox, Google Drive, dan penyimpanan lainnya.

Jika Anda menginginkan aplikasi ekstrak file yang lengkap, aplikasi WinZip ini adalah jawabannya. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan masa percobaannya selama 21 hari. Setelah masa percobaan, Anda harus membayarnya sekitar $30. Dan aplikasi WinZip ini mendukung berbagai sistem operasi diantaranya Windows, Mac, dan Android.

4. ExtractNow

Aplikasi Ekstrak File RAR / ZIP di PC Windows

ExtractNow merupakan aplikasi ekstrak file RAR / ZIP di PC / laptop yang cukup ringan sehingga tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan dan pastinya Anda bisa menghemat kuota. Bukan hanya untuk mengekstrak, tapi jika Anda hanya ingin membaca file Anda juga bisa.

Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang sederhana sehingga dapat dengan mudah digunakan. Aplikasi ini juga mendukung berbagai format file lainnya, seperti CAB, TAR, CBR, JAR, ARJ, bzip2, dan lain sebagainya.

5. PeaZip

PeaZip

Tampilan yang dimiliki aplikasi PeaZip ini sangat sederhana sehingga akan sangat mudah untuk menggunakannya. PeaZip merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membaca dan mengekstrak berbagai jenis file, seperti ZIP, RAR, 7z, dan TAR.

Selain dapat mengekstrak file, aplikasi ini juga mampu mengkonversi file ke format file lainnya, melindungi file Anda menggunakan password atau kata sandi yang di enkripsi, menguji file  menyimpan log tugas, serta dapat menghapus file. Aplikasi PeaZip ini termasuk aplikasi open source dan dapat diunduh secara gratis tanpa masa percobaan. Dan aplikasi ini mendukung multiplatform diantaranya Linux dan Windows.

6. B1 Free Achiever

Aplikasi Ekstrak File RAR / ZIP di Laptop Windows

B1 Free Achiever adalah aplikasi untuk mengekstrak file RAR / ZIP di PC / laptop. Aplikasi ini dapat membaca dan mengekstrak berbagai macam format file diantaranya TAR, 7z, ISO, dan lain sebagainya. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat menarik dan terlihat lebih modern jika dibandingkan dengan aplikasi ekstrak file lainnya.

Aplikasi ini juga memiliki fitur lainnya selain membaca dan mengekstrak file, yaitu Anda dapat membagikan file yang Anda miliki, dan Anda bisa memberikan perlindungan keamanan terhadap file dengan kata sandi atau password. Dan aplikasi B1 Free Archiever ini mendukung multiplatform diantaranya adalah Linux, Mac, Windows, dan Android. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis atau Anda bisa mengaksesnya secara online.

7. Unzip Rar

Unzip Rar

Unzip Rar dapat memudahkan Anda untuk membuka serta mengekstrak file yang di arsip. Anda juga dapat meliat ukuran serta nama file yang sudah terkompresi. Anda juga dapat mendekompresi salah satu file ataupun semua file. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, Anda hanya perlu memilih file yang akan di ekstrak, lalu tentukan folder output, dan terakhir klik tombol “Unzip”.

8. RAR File Extractor

Aplikasi Ekstrak File RAR / ZIP di PC / Laptop

RAR File Extractor merupakan aplikasi ekstrak file RAR / ZIP di PC / laptop. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, Anda hanya perlu drag and drop file yang akan di ekstrak atau Anda bisa mengisi file pada tampilan utama aplikasi ini. Lalu pilih lokasi tujuan untuk menyimpan file dan terakhir klik tombol Extract.

Aplikasi RAR File Extractor ini dapat Anda unduh secara gratis. Selain dapat mengekstrak file, aplikasi ini juga bisa mendekompresi file jenis arsip, misalnya seperti LZH, CAB, ARC, HQX, JAR, dan lain sebagainya. Dan aplikasi ini masih tersedia untuk sistem operasi Windows saja.

9. FilZip

FilZip

FilZip adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuka dan mengekstrak file RAR / ZIP di PC / laptop. Selain jenis format tersebut, aplikasi ini juga mendukung format lainnya, seperti TAR, ACE, ARJ, GZ, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga mampu mengarsipkan file yang Anda miliki.

Selain itu, aplikasi FilZip ini juga mampu untuk menyalin, memindahkan, menghapus file, serta mengubah nama file, dan Anda juga bisa melindungi file dengan menggunakan fitur enkripsi, dan juga tersedia fitur deskripsi untuk file tersebut.

10. Power Archiever 2010 Free

Power Archiever 2010 Free

PowerArchiver 2010 Free sama seperti aplikasi lainnya yang dapat Anda gunakan untuk membaca dan mengekstrak file RAR / ZIP di PC ataupun laptop Anda. Aplikasi ini mendukung banyak format file arsip diantaranya JAR, ISO, ARJ, 7-ZIP, TAR, GZIP, dan file lainnya.

Aplikasi Power Archiever 2010 Free ini juga dapat memberikan perlindungan pada file Anda dengan menggunakan password enkripsi yang sudah tersedia di aplikasi ini. Aplikasi ini juga mampu melakukan dekompresi pada berbagai jenis format file dan aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis.

Editor: Muchammad Zakaria

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Zuhroh Nilakandi Nesabamedia

Si pecinta hujan dan penikmat kopi yang suka duduk dalam lamunan sambil menghayal mimpi – mimpinya yang akan menjadi kenyataan.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments