Agar Aplikasi Android di Windows 11 Berjalan Lancar, Butuh 16GB RAM

Agar Aplikasi Android di Windows 11 Berjalan Lancar, Butuh 16GB RAM

NESABAMEDIA.COMPengguna Windows telah menjadi saksi bagaimana proyek penambahan dukungan aplikasi Android ke Windows 11 berubah dari mimpi menjadi kenyataan.

Kini, fitur ini sudah mulai tersedia untuk pengguna yang lebih luas, walaupun ada beberapa masalah kompatibilitas yang patut dipertimbangkan jika anda berencana untuk mengunduh dan memasang aplikasi Android favorit. 

Akhir Januari lalu, Microsoft menjanjikan sebuah pembaruan besar untuk Windows 11, dan beberapa hari yang lalu, janji itu mereka tepati. Dari beberapa fitur yang dibawa pada pembaruan bulan Februari ini, yang paling disorot adalah pengenalan Amazon Appstore Preview, yang kini sudah tersedia di Microsoft Store. 

Aplikasi Android kini bisa diunduh di Windows 11 melalui Amazon Appstore, namun sayangnya untuk saat ini masih terbatas untuk pengguna yang berada di wilayah Amerika Serikat saja. Dan menurut Microsoft, dukungan Android untuk Windows 11 membutuhkan paling sedikit 8GB RAm. Namun jika anda ingin mendapatkan pengalaman yang lebih lancar, maka disarankan untuk menyediakan RAM sebesar 16GB. 

Berikut detail persyaratannya :

  • RAM : Minimal 8GB, disarankan 16GB
  • Penyimpanan : Solid State Drive (SSD)
  • Prosesor: Minimal Intel Core i3 Generasi ke-8, AMD Ryzen 3000, Qualcomm Snapdragon 8c
  • Arsitektur : x64 atau ARM64
  • Platform Mesin Virtual : Pengaturan ini wajib diaktifkan
Skor Benchmark Dukungan Aplikasi Android Windows 11

Skor Benchmark Dukungan Aplikasi Android Windows 11

Skor benchmark baru-baru ini telah diterbitkan di Geekbench, memberikan pengguna gambaran kinerja dari Android Subsystem yang telah lama dinanti. Sebagai informasi, seluruh pengaturan ini berbasis pada Windows Subsystem for Linux dan Project Astoria. 

Memang belum bisa diketahui dengan pasti, namun pengujian tersebut dan juga daftar Microsoft Store mengindikasikan bahwa perangkat dengan konfigurasi kelas atas dibutuhkan agar bisa menjalankan aplikasi Android dengan lancar di Windows 11. 

Microsoft juga berencana untuk menggunakan teknologi mesin virtual untuk mengatasi masalah dengan Android Open Source Project (AOSP) dan menghilangkan kebutuhan layanan Google Play Store. 

Di sisi lain, dalam event Game Awards tahun lalu, Google mengungkap bahwa Google Play Games akan segera hadir ke Windows tahun ini. Menariknya, dukungan itu juga akan bisa dinikmati oleh pengguna Windows 10 juga.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend